Mengenal Jasa Konsultasi Marketing Plan, Apa Saja Layanannya?

Berikut ini adalah penjelasan mengenai definisi, manfaat, dan layanan dari jasa konsultasi marketing plan untuk bisnis. Tertarik untuk menggunakan layanan ini?

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Saat ini, sudah ada banyak layanan jasa yang muncul karena kebutuhan semakin beragam. Salah satunya adalah jasa konsultasi marketing plan.

Mengutip Workable, jasa konsultasi marketing plan adalah profesional yang membantu perusahaan memahami pelanggan mereka. 

Mereka mengidentifikasi kampanye pemasaran yang efektif yang akan menjangkau khalayak sasaran secara efektif dan efisien. Selain itu, mereka menawarkan panduan tentang cara terbaik untuk berkomunikasi dengan klien potensial ini, baik secara online maupun offline.

Penyedia jasa konsultasi marketing plan akan membantu perusahaan dalam menciptakan dan menerapkan strategi terbaik untuk menjangkau audiens target mereka. 

Mereka adalah para ahli yang dapat memberi nasihat tentang segala hal mulai dari berkomunikasi dengan pelanggan hingga konten apa yang diinginkan atau dibutuhkan para audiens. Mereka bahkan dapat membantu mencari tahu kapan dan di mana pesan-pesan ini perlu didistribusikan melalui saluran periklanan seperti iklan TV, media sosial, dsb.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini adalah penjelasan seputar jasa konsultasi marketing plan yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Mengenal Jasa Konsultasi Marketing Plan

Layanan jasa konsultasi marketing plan bekerja sebagai penasihat eksternal untuk bisnis. Mereka diajak bekerjasama dalam merencanakan dan melaksanakan strategi marketing. 

Ini karena keahlian mereka dalam memahami apa yang dibutuhkan pelanggan dan menganalisis semuanya dengan keahlian yang hebat.

Penyedia jasa konsultasi marketing plan juga menjembatani kesenjangan antara kegagalan marketing saat ini dan apa yang dibutuhkan untuk strategi marketing yang berhasil.

Tugas-tugas yang biasanya dilakukan profesi ini diantaranya, melakukan penelitian, menyusun strategi, menerapkan dan mengevaluasi strategi marketing atau pemasaran secara online dan offline. 

Biasanya jasa konsultasi marketing plan  ini tidak terikat dengan kontrak resmi, beberapa perusahaan menggunakan jasa ini daripada merekrut karyawan baru. 

Jasa konsultasi marketing plan bisa ditemukan di lembaga outsourcing atau bekerja freelance dengan mendirikan bisnis sendiri dan bekerja secara independen.

Apa Saja Peran Jasa Konsultasi Marketing Plan?

Jasa konsultasi marketing plan dianggap sebagai layanan profesional yang diberikan oleh para ahli yang berpengalaman dan berkualitas di bidang pemasaran. 

Pada kegiatan konsultasi marketing plan, seorang konsultan bertugas memberi saran, arahan dan strategi, memantau pelaksanaan, melakukan evaluasi dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan kinerja pemasaran sebuah perusahaan.

Adapun peran jasa konsultasi marketing plan untuk bisnis umumnya adalah sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi kebutuhan pemasaran para klien
  • Berdasarkan kebutuhan klien membuat dan mengembangkan strategi pemasaran
  • Melakukan riset pemasaran dan memastikan hasil riset
  • Menyusun laporan akan strategi yang diterapkan dan mempresentasikannya
  • Memproduksi materi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan brand image
  • Melaksanakan strategi pemasaran dengan melakukan kampanye pemasaran
  • Memberikan nasihat dan saran pada pelaksana kampanye
  • Membuat laporan dari kegiatan kampanye pemasaran yang dilakukan
  • Melakukan evaluasi dari kampanye pemasaran

Jika bisnismu sedang mempertimbangkan untuk mempekerjakan jasa konsultasi marketing plan, carilah konsultan yang dapat menunjukkan pemikiran kreatif dan analisis praktis yang berorientasi dengan hasil. 

Dilansir dari Lead Genera, menyewa jasa konsultasi marketing plan adalah cara sempurna untuk memastikan perusahaanmu memiliki semua yang dibutuhkan untuk sukses di pasar yang kompetitif saat ini.

Bukan hanya karena mereka ahli di bidangnya, namun mereka juga telah dilengkapi strategi yang lebih up to date sehingga kamu bisa terus mengikuti perkembangan dan permintaan pasar.

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultasi Marketing Plan

Jasa konsultasi marketing plan sebagai layanan memungkinkan bisnis untuk mengakses pengetahuan pemasaran yang sangat maju dengan persyaratan yang dapat diandalkan. 

Bisnis mempekerjakan profesional konsultan marketing biasanya berdasarkan kebutuhan mendesak dan pemberitahuan waktu singkat.

Manfaat utama dari layanan jasa konsultasi marketing plan dapat diringkas dalam fitur utama berikut.

1. Pengetahuan Khusus

Bisnis selalu mencari pendapat yang sangat terspesialisasi dan bantuan ahli untuk tidak hanya menyelesaikan tugas tetapi juga untuk memberikan keunggulan kompetitif di pasar. Jasa konsultasi marketing plan selalu dibutuhkan untuk memberi nilai tambah pada merek dan kegiatan pemasaran dan bukan hanya untuk melengkapinya. 

Manfaat utama jasa konsultasi marketing plan adalah kemampuan mereka untuk memberikan visi ahli dan mencegah kesalahan pemasaran.

Kompleksitas pemasaran digital saat ini menciptakan permintaan besar untuk penasihat di semua saluran digital serta platform. Secara bertahap, generasi baru jasa konsultasi marketing plan mulai bergabung sebagai tenaga ahli lepas atau subkontraktor. 

Akibatnya, jasa konsultasi marketing plan telah menjadi peran khusus yang dilakukan oleh pakar yang sangat berpengalaman di saluran pemasaran tertentu seperti media sosial, atau bahkan konsultan khusus teknis di platform seperti HubSpot, MailChimp, atau Google Search Ads.

2. Penasihat Pihak Ketiga

Jasa konsultasi marketing plan adalah sumber daya eksternal yang membawa pendapat baru ke meja pemangku kepentingan. Intervensi pihak ketiga dapat memberikan interpretasi baru terhadap situasi dan masalah pemasaran, lho. 

Konsultan yang berpengalaman memiliki kemampuan untuk menunjukkan penelitian yang akurat dan memberikan hipotesis yang luas. Pada dasarnya, menjadi sumber eksternal memungkinkan konsultan pemasaran untuk menyelidiki lebih lanjut dan memperluas analisis.

3. Fleksibilitas

Peran jasa konsultasi marketing plan akhirnya menjadi pendekatan untuk mendorong taktik strategis tertentu. Dalam beberapa kasus, konsultasi dapat berbasis proyek atau pengikut atau bahkan langsung untuk mendapatkan keuntungan dan KPI. 

Fleksibilitas dalam mempekerjakan dan mengelola kolaborasi ini telah mengubah divisi marketing untuk melakukan pendekatan yang lebih berani dan teknologi dan saluran vertikal baru. 

Selain itu, lebih mudah untuk mengevaluasi konsultan dengan meninjau riwayat pekerjaan mereka serta melakukan test drive untuk mengeksplorasi kemampuan mereka dalam memecahkan masalah saat ini.

Tidak seperti pemasar penuh waktu, jasa konsultasi marketing plan dipekerjakan secara sementara untuk melaksanakan proyek tertentu. Ini memberikan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi dan kemajuan untuk layanan konsultasi. 

Ada berbagai model komitmen yang dapat dipilih bisnis seperti tarif per jam atau berdasarkan proyek. Dalam beberapa kasus, ini dapat menjadi model berbasis nilai yang memungkinkan perusahaan memiliki kontrol anggaran yang efisien. 

Selain itu, konsultan lebih berpengalaman daripada yang lain dan kontribusi mereka sangat terkonsentrasi yang dapat menghemat biaya. 

4. Kustomisasi

Meskipun mempekerjakan agen marketing atau profesional marketing memerlukan penetapan tanggung jawab dan anggaran khusus sebelumnya, konsultan lebih seperti mitra strategis dan peran utama mereka adalah menyelidiki tantangan yang sedang berlangsung. 

Secara tradisional, divisi marketing membutuhkan karyawan baru untuk mengejar teknologi baru dan memenuhi tugas yang berbeda. Dengan adanya konsultan, mereka memberikan lebih banyak kemampuan dalam menguji teknologi pemasaran dan menentukan arah yang akurat tanpa perlu perjalanan pengalaman. 

Alhasil, jasa konsultasi marketing plan memungkinkan pendekatan yang dapat disesuaikan tanpa perlu menandatangani komitmen penuh atau anggaran belanja di jalur yang tidak pasti.

Skala yang dapat disesuaikan/dikustomisasi adalah manfaat utama lain dari jasa konsultasi marketing plan untuk semua jenis perusahaan. 

Sementara perusahaan ukuran menengah memiliki merek dan pendekatan pemasaran yang mapan, para pemula mencari ahli untuk membantu dalam menyiapkan strategi dan merek. 

Layanan konsultasi marketing dapat melibatkan berbagai jenis perusahaan dan merek berdasarkan skala, anggaran, dan ukuran pasar mereka. 

Namun, perusahaan konsultan terkenal lebih menyukai akun besar tetapi konsultan pemasaran independen dan lepas biasanya fleksibel dan dapat memberikan layanan yang disesuaikan.

5. Konsultasi dan Transformasi Pemasaran

Mengubah peran marketing dalam bisnis adalah nilai inti di balik proses konsultasi. Terutama, konsep transformasi pemasaran umumnya terkait dengan proses transformasi digital dalam bisnis. 

Namun, sangat penting untuk mempertimbangkan peran transformasi marketing dalam pembenahan divisi pemasaran. 

Menggunakan jasa konsultasi marketing plan adalah salah satu pendekatan yang paling efektif dalam mengevaluasi dan merencanakan transformasi pemasaran. 

Pada akhirnya, konsultasi di sini dapat mencakup beberapa tugas seperti rencana otomasi pemasaran, struktur pemasaran, penilaian tumpukan teknologi pemasaran, kerangka kerja analisis data, dan yang terpenting pembinaan dan pelatihan.

Jasa Konsultasi Marketing Plan Sebagai Metode Problem-Solving

Sementara jasa konsultasi marketing plan sangat bermanfaat dalam menyiapkan landasan pemasaran, biasanya manajemen senior cenderung melibatkan konsultasi ketika mereka menghadapi masalah atau kebutuhan besar. 

Akhirnya, ini adalah kasus paling umum dari permintaan yang saya terima sebagai jasa konsultasi marketing plan. 

Namun, dalam hal ini, kebutuhannya lebih terfokus pada saluran tertentu, teknis atau terkait dengan pasar regional tertentu. 

Untuk memberikan penjelasan lebih jauh, berikut ini adalah beberapa masalah yang paling umum ditemui:

  • Pemasaran berkinerja buruk: Salah satu masalah reguler yang dapat melibatkan beberapa aspek. Awalnya, faktor yang paling populer adalah penurunan prospek dan tingkat konversi yang tidak efektif. Dalam kasus lain, masalahnya bergantung pada menghasilkan lalu lintas berkualitas untuk situs web dan lintas saluran media digital.
  • Membangun pasar baru: Masalah perluasan ke pasar baru membutuhkan ahli lokal. Ini terkait dengan analisis kompetitif dan mendapatkan pemahaman tentang target konsumen.
  • Biaya per akuisisi tinggi: Masalah umum yang biasanya dihadapi manajemen senior dan direktur pemasaran. Efisiensi saluran berbayar dan perencanaan kampanye adalah beberapa faktor utama yang mempengaruhi dolar pemasaran dan ROI. Ini masalah krusial bagi perusahaan yang menghabiskan banyak uang untuk Google Ads dan saluran berbayar lainnya seperti Display dan Iklan Facebook. Oleh karena itu, masalah bagi manajemen adalah mengaudit saluran pemasaran secara efektif dan meningkatkan metrik corong bawah seperti BPK, BPA, ROAS, dan CLV.
  • Pemasaran Media Sosial: Sudah umum diketahui bahwa media sosial adalah saluran pemasaran yang sangat kompetitif. Bisnis cenderung menyelidiki kinerja saluran media sosial mereka. Masalah ini biasanya terkait dengan kebutuhan untuk meningkatkan jangkauan dan meningkatkan komunikasi merek.
  • SEO dan Traffic Organic: Kebutuhan akan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil organik membawa SEO menjadi salah satu prioritas utama dalam kegiatan pemasaran. Perusahaan selalu menghadapi persaingan tinggi di peringkat organik dan mencari konsultan SEO berpengalaman untuk mencapai hasil yang paling optimal.
  • Teknis: Umumnya, masalah teknis dapat bervariasi dari pemecahan masalah sederhana dan pemasangan piksel pelacakan hingga integrasi teknologi pemasaran yang kompleks. Konsultasi teknis tidak harus dilakukan oleh mitra teknologi. Dalam beberapa kasus, konsultan pemasaran diperlukan untuk audit besar-besaran atau menyiapkan rencana otomasi pemasaran. Salah satu kebutuhan utama adalah melakukan penelitian tentang tumpukan teknologi pemasaran dan memberikan rekomendasi alat yang efektif yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran.
  • Analisis Pemasaran: Mengumpulkan dan menganalisis data pemasaran adalah salah satu masalah paling kritis bagi perusahaan. Manajer senior selalu mengalami masalah dalam memantau kinerja pemasaran dan melacak data. Saat perusahaan beralih ke pemasaran berbasis data, perhatian utama tidak hanya dalam mengumpulkan laporan tetapi juga untuk menyewa layanan konsultasi yang dapat memberi mereka dasbor yang rapi dan sangat andal. Meskipun ini tampak seperti jenis pelacakan yang mudah, namun menggabungkan semua saluran dan menjalankan analisis canggih memerlukan jasa konsultasi marketing profesional.

Kualifikasi Konsultan Marketing Plan

Semua orang bisa menyediakan jasa konsultasi marketing plan, tapi apakah semuanya memenuhi standar kualifikasi?

Agar tidak salah pilih penyedia layanan, perhatikan kualifikasi menjadi seorang konsultan marketing plan berikut ini.

1. Pakar Pemasaran

Keahlian utama yang wajib dimiliki oleh konsultan pemasaran adalah pengetahuan yang luas tentang pemasaran dunia. Sesuai namanya, jasa konsultasi marketing plan, maka mereka harus ahli dalam bidang pemasaran. Konsultan pemasaran harus mampu terus mengembangkan diri pada bidang yang dikuasai.

Berkaitan dengan hal tersebut, mereka juga harus memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai media sosial. Hal ini penting untuk membangun citra produk ataupun jasa dan sebagai sarana berinteraksi perusahaan dengan pelanggan. 

Melalui media sosial juga, konsultan dapat menggunakannya untuk menjalankan survei pasar dan membantu perusahaan menentukan keputusan terbaik.

Selain itu, ada pengetahuan lain yang dibutuhkan konsultan pemasaran terkait pengembangan konten. 

Jasa konsultasi marketing plan juga harus mengerti tentang SEO untuk proses optimasi segala aspek dalam situs agar memiliki peringkat baik di mesin pencarian. Juga keterampilan SEM atau Search Engine Marketing untuk pemasaran online di internet dengan cara meningkatkan visibilitas situs pada halaman pencarian.

2. Keterampilan Copywriting

Pengetahuan mendalam yang berkaitan dengan pakar pemasaran tersebut, juga menuntut konsultan pemasaran untuk memiliki keahlian copywriting. Biasanya perusahaan akan meminta para konsultan untuk bisa menangani langsung kepenulisan materi pemasaran di platform atau situs yang dimiliki.

Makanya, jasa konsultasi marketing plan harus memiliki keahlian copywriting. Di sisi lain, perusahaan juga menjual kemampuan dengan keahlian menulis kreatif dan persuasif ini Mengingat keterampilan copywriting juga berkaitan dengan pengetahuan akan SEO dan SEM, serta pengembangan konten dan menjual tulisan copywriting melalui media sosial.

Keterampilan ini saling berkaitan dan harus dimiliki oleh konsultan pemasaran. Kemampuan copywriting ini bisa terus diasah dengan melihat berbagai tulisan copywriting di media sosial atau milik perusahaan lain yang sudah di publish di media sosial, supaya skill ini bisa semakin berkembang.

3. Skill Leadership

Seorang konsultan marketing harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang bagus supaya bisa mengungkapkan berbagai visi dan misi orang-orang yang terlibat di dalamnya. 

Kemampuan kepemimpinan ini mengarahkan untuk dapat mengambil keputusan dan penyelesaian masalah. Tentunya juga konsultan marketing harus memiliki sikap tegas sebagai pemimpin dalam mengarahkan dan memutuskan berbagai pendapat yang dimiliki orang-orang lainnya.

Sebagai pemimpin yang baik, konsultan juga harus menjadi pemandu bagi rekan kerja lainnya tentang nasehat dan inovasi. Serta menginspirasi rekan kerja untuk terus maju dan mengambil langkah yang tepat di bidang pemasaran.

4. Keahlian Public Speaking

Salah satu tugas dari penyedia jasa konsultasi marketing adalah menunjukkan hasil penelitian dan strategi pemasaran kepada klien atau perusahaan. Oleh karenanya, skill berikutnya yang harus dimiliki konsultan pemasaran adalah public speaking. 

Mereka sering diminta untuk mengadakan seminar di sebuah perusahaan dan lembaga pendidikan terkait ilmu yang dimiliki.

Selain itu, keahlian yang masih berkaitan dengan public speaking ini juga berkaitan dengan pelanggan. Kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan juga akan memperlancar hubungan untuk memberikan layanan terbaik. 

Selain membangun citra perusahaan, penting bagi konsultan juga untuk berperan dalam menjembatani pelanggan dengan perusahaan.

5. Latar Belakang Pendidikan

Kualifikasi yang harus dimiliki konsultan pemasaran yaitu latar belakang pendidikan yang terkait dengan keahlian di atas. Jasa konsultasi marketing plan memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan strategi komunikasi dan pemahaman mengenai kepribadian manusia.

Bila ingin berada di profesi ini, ada beberapa latar pendidikan yang harus sesuai, seperti calon konsultan pemasaran harus memiliki ijazah dari prodi manajemen, komunikasi, periklanan atau psikologi. Konsultan marketing memang memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang juga menarik.

Banyak hal yang harus dilakukan hingga terkesan rumit, namun bekerja sebagai konsultan pemasaran menjadi tantangan jika menyukai pemasaran dunia. Banyak juga keseruan dan hal-hal baru yang akan didapatkan bila terjun di profesi ini.

Kesimpulan

Jika kamu ingin mengembangkan bisnis, penting bagi untuk berinvestasi dalam menggunakan jasa konsultasi marketing plan.

Seorang profesional marketing yang baik akan memiliki pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Tapi bagaimana cara menemukan yang terbaik? Saat memilih jasa konsultasi marketing plan, ada beberapa pertanyaan kunci yang perlu ditanyakan sebelum mempekerjakan mereka.

Misalnya, tanyakan tentang pengalaman mereka dengan proyek serupa seperti milikmu, hasil seperti apa yang mereka dapatkan dari klien sebelumnya, dan jika mereka memberikan referensi; pastikan mereka dapat mengirimkan tepat waktu dan sesuai dengan persyaratan anggaran.

Itu dia informas seputar jasa konsultasi marketing plan yang dirangkum dari berbagai sumber. Jangan lupa dicatat dan semoga bermanfaat!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.