Rekomendasi Bootcamp Copywriting dan Pentingnya untuk Pemula!

Tidak hanya untuk yang ingin berkarier sebagai copywriter, rekomendasi bootcamp copywriting ini cocok untuk kamu yang ingin membangun bisnis sendiri, lho!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Memiliki hobi menulis dan ingin berkarier di bidang digital marketing namun belum memiliki informasi lengkapnya? Maka mengikuti bootcamp copywriting bisa jadi salah satu solusi yang tepat, terutama jika kamu masih pemula.

Mengutip Fiverr, copywriting merupakan salah satu elemen terpenting dalam periklanan dan pemasaran. Ini adalah proses penulisan kata-kata persuasif (dikenal sebagai copy) yang menginspirasi atau memotivasi orang untuk mengambil tindakan tertentu.

Contohnya saat kamu membuka majalah dan ada satu halaman penuh iklan yang menjual parfum, kata-kata di halaman tersebut adalah hasil dari copywriting. Atau ketika kamu membuka situs web yang memintamu untuk membeli sesuatu, kata-kata di halaman tersebut adalah hasil dari copywriting. Kamu dapat menemukan salinannya di media cetak, online, dan bahkan dibaca di televisi atau radio. 

Bisa dikatakan bahwa copywriting hampir di mana pun kamu melihat dan mendengarkan. Maka tak heran jika menjadi seorang copywriter, merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dicari saat ini.

Apa Itu Bootcamp?

Mengutip dari Simplilearn, bootcamp adalah program pelatihan yang berkaitan dengan pengoperasian teknologi. Pelatihan ini dilakukan dalam waktu singkat dan efektif. Meski waktu yang dibutuhkan singkat, namun ilmu IT yang diberikan tetap mendalam. 

Pematerinya biasanya merupakan seorang ahli yang sangat mahir dalam bidang tersebut. Adapun sasarannya adalah para calon pekerja IT profesional yang akan berkecimpung pada dunia digital. 

Program ini biasa disebut dengan coding. Penyebutannya didasarkan pada fokus pembahasan dan materi yang sebagian besar adalah programming. Beberapa materi programming yang kerap dimunculkan dalam bootcamp antara lain seperti:

  • Web Development
  • Data Science
  • Cybersecurity
  • UI/UX
  • Software Engineering
  • Mobile Development

Kamu tidak harus memiliki pengalaman apa pun saat ingin mengikuti program ini. Hal itu dikarenakan tujuan utama dari bootcamp adalah ajang untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. 

Namun, hal tersebut kembali lagi kepada program yang kamu ikuti. Bootcamp menyediakan tingkat kelas mulai dari pemula hingga berpengalaman. Jika kamu tidak memiliki pengalaman, baiknya mendaftar pada kelas pemula saja.

Jenis-jenis Bootcamp

ootcamp terdiri atas berbagai jenis yang dikelompokkan berdasarkan jadwal dan format pembelajarannya. Jenis-jenis tersebut akan dijelaskan secara lengkap pada pembahasan di bawah ini.

Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu pelaksanaan, bootcamp terbagi atas dua jenis yaitu Part time dan Full time. Berikut adalah penjelasannya.

1. Part time

Sesuai namanya, bootcamp jenis ini dilaksanakan menggunakan konsep paruh waktu. Lama waktu yang dibutuhkan tiap hari lebih singkat dibandingkan dengan fulltime. 

Namun, lama minggu yang harus dijalani lebih panjang yakni sekita 34 minggu. Biasanya program ini dilaksanakan pada malam hari atau weekend karena sasaran utamanya adalah para pekerja dan orang-orang yang memilki kesibukan lain.

2. Full time

Bootcamp jenis ini adalah kebalikan dari jenis yang pertama. Durasi jam yang diberikan dalam satu hari, lebih banyak dibandingkan part time. Oleh karena itu, ia hanya menghabiskan waktu sebanyak 17 minggu pertemuan. 

Sasarannya adalah orang-orang yang memilki banyak waktu luang atau para pekerja yang fleksibel.

Berdasarkan Format Pembelajaran

Berdasarkan kurikulum atau format pembelajarannya, program ini terbagi menjadi tiga jenis. Ketiga jenis tersebut adalah In-Person, Online, dan Self-Paced. Di bawah ini adalah penjelasannya.

1. In-Person

Nama lain dari jenis ini adalah kelas langsung atau offline. Bootcamp jenis ini mengharuskanmu untuk hadir dan bertatap muka secara langsung dengan pemateri. Jadwalnya biasanya ditentukan oleh pihak penyelenggara. Format pembelajaran ini cocok diimplementasikan pada full time bootcamp.

2. Online

Program jenis ini merupakan kebalikan dari In-Person. Kamu dapat mengikuti pelatihan secara virtual tanpa bertatap muka secara langsung. Syaratnya, kamu harus menyiapkan sarana pelatihan seperti laptop dan koneksi internet yang baik. Format pembelajaran seperti ini sangat cocok untuk para peserta bootcamp kelas paruh waktu.

3. Self-Paced

Berbeda dengan kedua jenis di atas, bootcamp jenis ini dikendalikan oleh para peserta. Pasalnya, peserta berhak untuk menentukan jadwal dan fokus materi yang diinginkan sesuai keinginannya masing-masing. 

Namun, program dengan format pembelajaran seperti ini biasanya memiliki biaya pendaftaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan dua lainnya.

Alasan Ikut Bootcamp Copywriting

Walau banyak yang memulai karier sebagai copywriter tanpa mengikuti bootcamp copywriting, namun tetap ada banyak kelebihan yang bisa kamu peroleh jika mengikutinya. 

Kebanyakan peserta bootcamp copywriting adalah untuk keperluan menunjang karier, contohnya yang ingin bekerja pada area digital marketing. Dalam lingkup bidang tersebut, copywriting memainkan peranan terpenting dalam menjangkau sekaligus menarik audiens.

 

Walau demikian, nyatanya tidak semua orang yang ingin belajar copywriting ingin menjadi copywriter. Contohnya saja jika kamu ingin membuka bisnis sendiri. Awal bisnis dirintis, mungkin kamu belum bisa meng-hiring seorang copywriter karena alasan budget, bukan? Maka tak ada salahnya kalau kamu yang belajar sehingga bisa menjadi copywriter di perusahaanmu sendiri.

Jadi, pada dasarnya kebanyakan orang butuh bootcamp copywriting bukan hanya tentang pemasaran, tetapi juga kemampuan untuk berkata-kata secara persuasif. Jika kamu tekuni secara mendalam, bisa jadi copywriting menjadi dasar karier yang bagus buatmu di masa depan.

Rekomendasi Bootcamp Copywriting

Bila ingin berkarier menjadi seorang copywriter namun belum memiliki pengalaman atau ingin memgasah skill-mu, tak ada salahnya ikuti bootcamp copywriting yang telah dirangkum berikut ini. Yuk, dicatat!

1. Bootcamp Digital Marketing MySkill

Meski tidak hanya fokus pada materi copywriting, bootcamp digital marketing dari MySkill ini bisa kamu jadikan pilihan. Pasalnya, materi yang diajarkan sudah all in termasuk dengan marketing copywriting.

Bootcamp copywriting di My Skill terdiri dari 28 sesi yaitu 21 sesi live class, 4 sesi tambahan materi dan 3 sesi mentoring final project. Sesi live session dilaksanakan sekitar 3x seminggu selama 2 jam setiap Senin, Rabu, dan Jumat pukul 19.30 WIB. 

Semua peserta akan mendapatkan akses video e-learning selama 6 bulan, rekaman kelas dan sertifikat, serta mendapatkan sesi 1 on 1 mentoring karier dan review CV bersama HR consultant.

Berikut modul yang akan kamu pelajari di MySkill:

  • Career Class: Start your Journey as a marketer
  • The Fundamentals of Marketing 
  • Brand Strategy
  • Audience Persona & Insight
  • Digital Marketing Framework
  • Campaign & Media Planning
  • Content Marketing 
  • Creative Copywriting
  • Social Media Strategy
  • Social Media Research & Analytics
  • Ecommerce Marketing 
  • Facebook Ads
  • Google Ads 
  • Tiktok Ads 
  • Paid Ads Analytics & Optimization
  • On-Page SEO
  • SEO Analytics
  • Google Analytics
  • Community & Influencer Marketing
  • Customer Relationship Management
  • Career Class: CV & Interview

2. Marketing Copywriting Course LinkedIn

Ya, Linkedin yang biasanya kita kenal sebagai situs job portal ini juga membuka bootcamp copywriting, bahkan tidak tanggung-tanggung selama satu bulan. Kelas dari Marketing Copywriting Course bagus untuk para copywriter pemula yang baru merintis karier.

Beberapa silabus yang tersedia seperti menulis copy, editing, rewriting copy, menyusun struktur copywriting, sampai pemilihan tipografi. Peserta juga akan mendapat latihan dan kuis untuk memperdalam pemahaman materi. Nah untuk kamu para pemula dalam dunia ini, sangat direkomendasikan ikut bootcamp copywriting dari LinkedIn ini.

3. Bootcamp Digital Marketing Digital Skola

Rekomendasi bootcamp copywriting berikutnya adalah dari Digital Skola. Bootcamp ini memiliki kurikulum berbasis industri dengan jadwal kelas setiap Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB dan Minggu pukul 10.00-12.00 WIB. 

Semua tutor di Digital Skola adalah praktisi berpengalaman yang melarang pembelajaran fokus pada praktik. Siswa akan diberikan akses materi dan rekaman selamanya. Tersedia juga program coaching dan mentoring karir, personality dan career assessment serta bantuan professional branding. Selain itu, ada juga program “kesempatan kedua” untuk mengulang kelas gratis dan program magang jarak jauh online.

Berikut modul yang akan kamu pelajari di Digital Skola:

  • Basic Stage: Digital Marketing Research
  • Basic Stage: Organic Contents - Landing Page and Search Engine Optimization
  • Basic Stage: Copywriting and Creative Design
  • Basic Stage: Paid Ads Foundation
  • Basic Stage: Video Marketing Basic
  • Strategic & Technical Stage: Digital Marketing Strategy
  • Strategic & Technical Stage: Practical SEO
  • Strategic & Technical Stage: Key Opinion Leaders
  • Strategic & Technical Stage: Google Analytics
  • Strategic & Technical Stage: Paid Ads - Google Ads, Facebook Ads, Search Engine Marketing and E-CommerceStrategic & Technical Stage:
  • Video Marketing Amplification
  • Strategic & Technical Stage: Customer Relationship Management
  • Final Stage & Career Preparation: Analysis & Reporting
  • Final Stage & Career Preparation: Integrated Media Planning
  • Final Stage & Career Preparation: Project and Presentation
  • Final Stage & Career Preparation: Soft Skill
  • Final Stage & Career Preparation: Career Coaching

4. Digital Marketing Copywriting Bootcamp Udemy

Udemy bisa dikatakan salah satu penyedia bootcamp copywriting yang paling banyak diminati. Pasalnya, harganya terjangkau dan kurikulumnya dinilai selalu up-to-date dengan tren terkini. Jadi, sangat cocok bagi para copywriter pemula.

Adapun materi yang diajarkan meliputi:

  • Emails and Landing Pages
  • Display Ads
  • Facebook Ads
  • Google Adwords and Native Ads
  • Website Content
  • Tips mendapatkan pekerjaan, dan masih banyak lagi

5. Bootcamp Digital Marketing Dibimbing

Untuk kamu yang ingin belajar digital marketing dengan materi terupdate seputar copywriting, Dibimbing bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain materi copywriting, kamu juga akan diajarkan content marketing, performance marketing, SEO, CRM, dan market research yang akan kamu pelajari dan praktekkan secara real case bersama UMKM di Indonesia untuk dijadikan portofolio yang valuable.

Selama 4,5 hingga 5,5 bulan, kamu akan mempelajari berbagai strategi digital marketing yang up to date dengan kebutuhan industri bersama praktisi digital marketing berpengalaman.

Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp copywriting Dibimbing antara lain:

  • Introduction to Digital Marketing
  • Introduction to Internet Marketing seperti SEO, Google Ads dan ads channel lainnya.
  • Fundamentals of Social Media Marketing
  • KOL Marketing
  • Fundamentals of Customer Retention Management
  • Increase your brand recognition and improve customer loyalty
  • Learn how to Evaluate Your Campaign PErformance
  • Digital and Data Analytics
  • Intense Weekly Projects

6. The Creative Copywriter Academy

Bootcamp copywriting selanjutnya ini sangat cocok untuk para pemula. TCC Academy akan memberi kurikulum copywriting mulai dari dasar-dasar yang mudah untuk diikuti. Mulai dari perkenalan akan dasar pemasaran, tujuan konten pemasaran, hingga cara memulai copywriting.

Nantinya ada juga kurikulum lanjutan yang mengajak peserta untuk mempelajari copywriting ke tingkat lebih tinggi. Kursus dari TCC Academy ini juga disebut-sebut cocok untuk orang yang tertarik bekerja sebagai freelance copywriter.

Salah satu keunggulan dari kursus ini adalah menyediakan akses bagi peserta untuk berkoneksi ke pengajar. Bisa jadi banyak peluang karier muncul setelah ikut kursus ini.

7.  Mini Bootcamp Copywriting Belajarlagi

Cocok untuk sesi perkenalan, kamu bisa ikut mini bootcamp copywriting dari Belajarlagi. Meski namanya mini bootcamp, materi dan kurikulumnya tetap padat. Kamu bisa belajar copywriting mulai dari paling dasar dan tentunya ada tugas yang bisa mengasah keterampilanmu selama belajar.

Kalau kamu tertarik mendalami copywriting, maka bootcamp ini sangat cocok. Benefitnya juga beragam. Mulai dari teaching assistant, assignment feedback, networking session, hingga lifetime recording access. 

8. Bootcamp Digital Marketing Belajarlagi

Bootcamp di Belajarlagi ini lebih intens dibandingkan mini course-nya. Diselenggarakan selama 6-7 minggu, kamu akan mengikuti live session dan real case studies. Tersedia juga akses ke materi dan rekaman kelas, komunitas yang interaktif dan praktik dengan real project dan real client. Belajarlagi telah tersertifikasi secara internasional oleh Education Alliance Finland (EAF).

Beberapa hal yang akan kamu dapat antara lain pentingnya copy pada marketing, pelatihan penulisan copy untuk berbagai media, serta bagaimana membangun brand lewat copywriting. Bekal copywriting ini nantinya akan bermanfaat dengan silabus lainnya, seperti brand building, performance ads, dan lain-lain.

Berikut modul yang akan kamu pelajari di Belajarlagi:

  • What is digital marketing?
  • Brand Building
  • Building Your Own Landing Page
  • Social Media Organic
  • Marketing Copywriting
  • Graphic Design Fundamental for Marketers (Optional)
  • Performance Marketing: FB/ IG Ads
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Performance Marketing: Search Engine Marketing (SEM)
  • Performance Marketing: TikTok Ads (Optional)
  • Google Analytics
  • Google Data StudioCustomer Relationship Management (CRM)

Fungsi Copywriting dalam Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu mengikuti bootcamp copywriting bisa untuk jenjang karier maupun untuk bisnismu sendiri. Berikut ini adalah penjelasan seputar fungsi copywriting dalam bisnis. Ada apa saja, ya?

1. Membangun Brand Image

Fungsi utama dalam membuat copywriting adalah membangu brand image. Brand image sendiri mengacu pada bagaimana perusahaan ingin menggambarkan dirinya kepada audiensnya. Ini mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap brand.

Copywriter yang baik mampu memahami brand image yang ingin ditampilkan dan bekerja untuk menciptakan image tersebut melalui copywriting. Copywriting mencerminkan brand image melalui nada, bahasa, dan keterkaitan sehingga dapat melekat pada brand tersebut dan dikenal oleh banyak orang.

2. Membuat Konten yang Sesuai

Membuat copy bagus membutuhkan pemahaman mendalam tentang niche dan pokok bahasan dalam niche tersebut. Tujuannya adalah untuk menciptakan keseimbangan sempurna antara informasi dan reliabilitas. Akan tetapi, Tidak semua penulis bisa melakukan ini.

Seorang copywriter yang baik memastikan untuk melakukan penelitiannya saat membuat copy. Pengalaman juga memainkan peran utama dalam hal ini karena berkaitan dengan kemampuan beradaptasi. Seorang copywriter yang berpengalaman dapat membuat konten untuk niche berbeda meskipun dia tidak memiliki pengalaman pribadi dalam niche tersebut.

3. Media Komunikasi Antara Bisnis dengan Audiens

Yang perlu diingat adalah bahwa copywriting tentang bagaimana berkomunikasi antara perusahaan dan bisnis. Dengan menyadari ini, copywriting setiap bisnis akan memiliki perbedaan gaya komunikasi.

Banyak copywriter membuat kesalahan dengan hanya menyatakan fakta tentang perusahaan dan produk. Ini tidak efektif karena sebagian besar audiens mengharapkan konten yang dipersonalisasi.

4. Mendorong Audiens Melakukan Tindakan

Setiap kalimat di situs web harus memiliki tujuan agar audiens tertarik. Kamu hanya memiliki satu kesempatan untuk menciptakan kesan yang tepat dan kamu harus memiliki tujuan pada apa yang ditulis

Seorang copywriter yang baik memahami semua ini dan membuat copy yang memberikan informasi yang benar bersama dengan manfaat dari layanan/ produk. Copywriter tahu cara membuat nada yang diperlukan dan mendorong pengguna untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

5. Dapat Meningkatkan Penjualan

Copywriting dianggap sebagai promosi penjualan yang menargetkan banyak konsumen pada saat yang bersamaan. Jadi, alih-alih meminta satu sales berbicara dengan satu orang pada satu waktu tentang produk atau layanan yang dijual, copywriting dapat digunakan untuk menyebarkan pesan dalam skala yang jauh lebih besar.

Copywriting yang efektif dapat membuat perbedaan besar dalam bisnismu, menarik pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, sebuah copy harus ditulis dengan baik sehingga mengubah audiens biasa menjadi pelanggan.

Kesimpulan

Itu dia rekomendasi bootcamp copywriting yang layak untuk kamu coba. Ingat juga bahwa copywriting harus terkesan “menjual.” Kamu dapat memakai metode hard selling ataupun soft selling dalam menulis copywriting. Kedua metode tersebut sangat bergantung pada tujuan utama pembuatan konten.

Sebagai pemula, kamu dapat melatih dan mendalami skill ini dengan ikut bootcamp copywriting. Belajar copywriting langsung dari ahlinya dapat membantumu lebih memahami atau bahkan terjun langsung untuk praktik.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.