Metrics yang dipakai buat melihat efektivitas ads itu adalah ketika Return of Investment (ROI) semakin besar dan Cost per Acquisition (CPA) makin rendah. Nah, nanti dari budget bisa dapet perhitungan Return on Ad Spend (ROAS) nya berapa.
Menetapkan metrics di awal sangat penting karena memberikan tujuan yang jelas untuk dicapai, memungkinkan pengukuran kinerja kampanye secara objektif, serta memudahkan optimalisasi melalui pemantauan dan penyesuaian berkelanjutan. Selain itu, metrik menyediakan data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan memungkinkan alokasi sumber daya yang efektif.
Dengan metrics yang sudah ditetapkan, komunikasi dengan tim dan stakeholder menjadi lebih efektif karena semua pihak memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan dan cara mengukur keberhasilan.
Tapi sebelum tau lebih dalam tentang itu, setidaknya kamu harus tau 5 metric performance marketing ini.
Adalah metrik spesifik untuk mengukur efektivitas biaya iklan yang dikeluarkan. Rumus menghitung ROAS adalah dengan membagi gross revenue dari ad campaign dengan biaya yang dikeluarkan untuk membuat campaign tersebut.
Biaya yang dibayarkan oleh marketer untuk setiap 1000 iklan yang ditampilkan pada audiens. Kelemahan CPM cuman mengukur jumlah kali iklan ditayangkan aja, nggak mengukur action yang dilakukan oleh audiens.
Harga yang dibayarkan oleh marketer untuk setiap kali audiens mengklik iklan yang ditayangkan. Metrik ini lebih baik daripada CPM. Nilai CPC yang tinggi ini menunjukkan nilai konversinya juga lebih tinggi.
Mengukur kinerja kampanye berdasarkan action tertentu dari target audiens yang diinginkan. Contoh action nya seperti unduhan, mendaftar atau berlangganan, pembelian dan lain-lain.
Bertujuan memprediksi nilai lifetime konsumen dengan merek. Pengeluaran dihitung lewat analisis prediktif berdasarkan aktivitas pelanggan yang sedang berlangsung.
Nah, Dengan menetapkan metrik di awal, kamu bisa memastikan bahwa kampanye marketing lebih terarah, terukur, dan dapat dioptimalkan untuk mencapai hasil yang diinginkan dan bisa berefek pada peningkatan laba.
Di Belajarlagi, kamu bisa dapat wawasan praktis dan langsung belajar performance marketing dari para ahli. Baca ulasannya di website belajarlagi.id dan pantengin info kelasnya di kanal X @belajarlagiHQ