5 Metrics Performance Marketing yang Penting Kamu Ketahui

2 mins
Sales
Ads

Metrics yang dipakai buat melihat efektivitas ads itu adalah ketika Return of Investment (ROI) semakin besar dan Cost per Acquisition (CPA) makin rendah. Nah, nanti dari budget bisa dapet perhitungan Return on Ad Spend (ROAS) nya berapa.

Kenapa penting untuk menetapkan metrics Ads sejak awal?

Menetapkan metrics di awal sangat penting karena memberikan tujuan yang jelas untuk dicapai, memungkinkan pengukuran kinerja kampanye secara objektif, serta memudahkan optimalisasi melalui pemantauan dan penyesuaian berkelanjutan. Selain itu, metrik menyediakan data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan memungkinkan alokasi sumber daya yang efektif. 

Dengan metrics yang sudah ditetapkan, komunikasi dengan tim dan stakeholder menjadi lebih efektif karena semua pihak memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan dan cara mengukur keberhasilan.

Tapi sebelum tau lebih dalam tentang itu, setidaknya kamu harus tau 5 metric performance marketing ini.

Rumus untuk menghitung ROAS

1. Return on Ad Spend (ROAS)

Adalah metrik spesifik untuk mengukur efektivitas biaya iklan yang dikeluarkan. Rumus menghitung ROAS adalah dengan membagi gross revenue dari ad campaign dengan biaya yang dikeluarkan untuk membuat campaign tersebut.

2. CPM (Cost Per Mile)

Biaya yang dibayarkan oleh marketer untuk setiap 1000 iklan yang ditampilkan pada audiens. Kelemahan CPM cuman mengukur jumlah kali iklan ditayangkan aja, nggak mengukur action yang dilakukan oleh audiens.

3. CPC (Cost Per Clicks)

Harga yang dibayarkan oleh marketer untuk setiap kali audiens mengklik iklan yang ditayangkan. Metrik ini lebih baik daripada CPM. Nilai CPC yang tinggi ini menunjukkan nilai konversinya juga lebih tinggi.

4. CPA (Cost Per Action)

Mengukur kinerja kampanye berdasarkan action tertentu dari target audiens yang diinginkan. Contoh action nya seperti unduhan, mendaftar atau berlangganan, pembelian dan lain-lain.

5. LTV (Lifetime Value)

Bertujuan memprediksi nilai lifetime konsumen dengan merek. Pengeluaran dihitung lewat analisis prediktif berdasarkan aktivitas pelanggan yang sedang berlangsung.

Nah, Dengan menetapkan metrik di awal, kamu bisa memastikan bahwa kampanye marketing lebih terarah, terukur, dan dapat dioptimalkan untuk mencapai hasil yang diinginkan dan bisa berefek pada peningkatan laba.

Di Belajarlagi, kamu bisa dapat wawasan praktis dan langsung belajar performance marketing dari para ahli. Baca ulasannya di website belajarlagi.id dan pantengin info kelasnya di kanal X @belajarlagiHQ

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences