5 Strategi Optimasi Media Sosial

3 mins read
Content
Marketing Theory

Menghandle akun media sosial itu gak bisa sembarangan. Gak semua strategi cocok dipakai buat maksimalin media sosial sebuah brand. Biar gampang memetakan strategi nya, kamu bisa pakai framework di bawah ini. Yuk kita bahas satu-satu.

Social Media Strategy Framework

1. Influencer Networks 

Salah satu optimasi media sosial yang efektif sejauh ini. Influencer yg punya audiens besar bisa ningkatin awareness akun media sosial brand dalam waktu singkat. Tapi, kamu ga bisa sembarangan pilih influencer. Perlu sesuaikan influencer yang cocok sama persona brand kamu.

2. Brand Outposts 

Media sosial sekarang jadi garda terdepan bagi sebuah brand. Bahkan kritik konsumen banyak disampaikan lewat media sosial. Brand harus bisa ngasih value atau nilai tambah ke konsumen melalui akun media sosial mereka. Ini pentingnya brand punya prinsip "membantu konsumen" dibanding fokus ke promosi mereka.

3. Reputation Management 

Kasus es t*h yang ramai karena somasi bikin kita belajar kalau citra media sosial punya pengaruh kuat sama reputasi brand. Ini adalah alasan kenapa citra media sosial harus dikelola hati-hati, transparan & humble sama audiens. Selain itu, brand harus punya crisis management pas ada masalah sama konsumennya.

4. Conversation & Engagement 

Sesuai namanya, media sosial harus bersifat 2 arah. Brand harus bisa ngasih ruang untuk berkomunikasi sama konsumen nya. Bentuknya bisa kayak entertain, QnA, diskusi, atau bahkan tebak-tebakan. Selain itu "human language" alias bahasa manusia yang familiar dan nyambung dengan konsumen juga bisa dipake brand buat ningkatin engagement.

5. Social Media Community 

UGC Apple dari para kucing nih

Media sosial yang punya engagement kuat sama audiens nya bisa membentuk sebuah community, loh. Hal ini bisa terbentuk karena brand & audiens punya hubungan yang sangat dekat dan memiliki beberapa kesamaan. Bentuk nyata dari community ini kayak User Generated Content (UGC) yang dimana konten buatan audiens bisa terlibat dalam media sosial sebuah brand. Contoh yang paling mudah adalah akun instagramnya Apple. 

Sebenarnya masih banyak lagi yang perlu diperhatikan dalam membuat strategi media sosial yang tepat, Teman Belajar. Mau tau strategi optimasi social media lebih banyak? Kamu bisa temukan di program Social Media Organic Bootcamp, atau baca artikel lainnya seputar media sosial di website Belajarlagi.id

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences