Marketing campaign gak selalu to the point soal bisnis, ada juga yang berbentuk himbauan masyarakat semacam animasi Dumb Ways to Die (2012) yang diproduksi oleh Metro Trains ternyata punya impact besar hingga sekarang. Metro Trains tidak hanya berfokus pada angka jumlah pengguna, melainkan bentuk creative marketing yang mengingatkan anak-anak muda agar gak-skip anjuran keselamatan di jalur kereta.
Campaign ini cocok juga diterapkan untuk Non-Government Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan bisnis non-profit lainnya. Campaign tersebut dibuat untuk membangun & meningkatkan brand image, brand awareness, hingga mengurangi dampak berita negatif melalui channel strategy marketing. Ternyata, gak hanya efektif menurunkan 20 persen angka kecelakaan karena kereta api saja, lebih dari itu campaignya bisa mendatangkan cuan berkali-kali lipat.
Hingga saat ini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 240 juta kali di kanal YouTube.
Campaign ini dibuat karena banyaknya insiden kecelakaan di stasiun maupun perlintasan kereta api. Tujuan utama dibuatnya campaign ini adalah agar mudah diterima dan mudah diingat. Perencanaan sebuah campaign tentunya adalah proses kreatif panjang yang menggabungkan teks dengan visual. Nah, biasanya prosesnya akan dibedah seperti ini:
Dalam campaign Dumb Ways to Die punya Metro Trains, kira-kira tujuan utamanya adalah sebagai berikut:
a. Meningkatkan Public Awareness
b. Membuat gebrakan media seputar keselamatan kereta api
c. Menciptakan komitmen untuk selalu berhati-hati di sekitar kereta api
d. Mengurangi jumlah kecelakaan
a. Sebuah pendekatan model Public Service Announcement (PSA).
b. Membuat jingle PSA menarik dan mengandung Dark Jokes yang memorable pada audiens.
c. Dikemas penuh warna dan kreatif, menggambarkan tindakan sembrono dari berbagai karakter saat menemui ajalnya dengan berbagai cara.
Nah, pemilihan media juga perlu dipertimbangkan dengan dasar "media apa yang sering dilihat oleh masyarakat?"
a. Youtube
b. Mobile Games
c. Media cetak & Billboard (ditempatkan di seluruh jaringan Metro Train)
d. Buku anak (didistribusikan ke seluruh sekolah negara bagiannya)
Dari hasil campaign ini, PSA berhasil membuat 127 juta orang merasa lebih aman di sekitar kereta api dan berkurangnya 10-20% kecelakaan kereta api pada februari 2013. Selain itu mereka juga mendapat award internasional seperti 28 Cannes Lions dan 5 Grand Prix dan menjadi aplikasi No 1 di 90 negara. Keren banget gak sih?
1. Pahami cara menjangkau audiens dan kebutuhan dari audiens
2. Pahami audiens mulai dari demografi, konsumsi media, agar tepat dalam memilih media & platform yg akan digunakan.
3. Refresh and break out of the norm
Teman Belajar juga mainin games nya?
Teman Belajar juga bisa loh membaca insight-insight tentang studi kasus marketing dan copywriting lainnya di website belajarlagi.id ya! Bagi kamu yang tertarik mendalami ilmu-ilmu digital marketing, yuk buruan daftarkan diri kamu di kelas-kelas digital marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ. Sampai jumpa di kelas!