Bahasan mengenai marketing psychology emang gak ada habisnya. Misal Gojek yang sering bikin konten pake "community triggers" biar konsumen punya ikatan emosional sama brand tersebut. Ada empat teori Psychological Triggers lain yang gak kamu sadari selama ini.
Choice supportive bias feel ini bisa dimaknai sebagai perasaan senang atau untung yang muncul pada konsumen terhadap produk. Biasanya muncul ketika melihat paket bundling yang lebih murah. Misal paket bundling kopi kenangan ini yang bikin merasa senang atau untung karena mendapat produk murah & lebih banyak dari biasanya.
Perasaan konsumen yang menilai produk hanya pada keuntungan/manfaat yang didapatkan dari produk tersebut. Biasanya ada di promo diskon yang fokus sama nominal, tapi lupa sama syarat/ketentuannya. Contohnya ini, kalau Teman Belajar fokus sama nominal potongan harganya, pasti bakal terkecoh.
Kita cenderung menolak sesuatu yang baru jika kita pernah menolak sesuatu yang serupa di masa lalu. Sering terjadi saat dapet hal buruk ketika menggunakan produk. Ini kenapa brand harus berinovasi pada produknya untuk menghilangkan citra buruk pada konsumen.
Biasanya terjadi ketika akan ada hal yang menarik, bikin kita jadi lebih termotivasi menantinya. Misalnya promo JCO ini yang baru berlaku tanggal 7 November. Ini adalah strategi agar konsumennya ga sabar buat menanti promo nya & makin tertarik buat beli produk-produk tersebut.
Teman Belajar bisa juga loh mengintip lebih banyak lagi ulasan mengenai digital marketing dan studi-studi kasus lainnya di website belajarlagi.id dan twitter @belajarlagiHQ!
Kalau kamu ingin lebih intensif mempelajarinya lagi, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum maupun kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!