Oreo yang dulu sukses collab sama Supreme, sekarang collab sama Blackpink. Yang udah nyobain oreo Blackpink, rasa nya kayak gimana ya?
Ini strategi "FOMO collaboration" yang cerdas dari Oreo, kompetitornya belum ada yang sesukses ini. Waktu Oreo collab sama Supreme, produk ini viral & talkability nya meningkat. Apalagi produknya yang eksklusif & luxury.
Saat collab dengan Supreme yang luxury, brand ini sukses bikin FOMO karena ga semua orang bisa mencicipi. Hal ini terjadi karena Oreo ini produk yang bisa dinikmati semua segmen pasar.
Pemasaran Fear of Missing Out (FOMO) atau takut ketinggalan trend adalah bentuk pemasaran di mana Teman Belajar memanfaatkan keinginan konsumen untuk meraih setiap peluang yang mereka dapatkan. Pesan di dalamnya dibingkai sedemikian rupa sehingga Anda mendorong pelanggan untuk impulsif dalam memberi barang. Kini psikologi manusia jadi hal yang benar-benar diperhatikan oleh pelaku bisnis yang mengandalkan eksklusivitas untuk mendorong brand awareness dan penjualan.
Dan sekarang, Oreo mencoba mengulangi kesuksesannya dengan collab sama Blackpink, girlband yang punya basis fans besar di Indonesia. Caranya tetap sama, yaitu dengan masa edar produk yang terbatas (Desember 2022- Maret 2023).
Kedua, FOMO marketing ini tidak hanya menawarkan eksklusivitas dari kemasan saja, melainkan ada nilai tambah berupa koleksi tanda tangan 4 member Blackpink dan merchandise terbatas lainnya.
Belum seminggu launching ke pasar, Oreo mulai kewalahan sama permintaan yang membludak. Dengan produk yang mudah dijangkau, bukan ga mungkin strategi collab Oreo sukses lagi.
Menurut kalian strategi apa lagi nih yang bikin Oreo sukses lewat collab sama Blackpink ini?
Oiya, Teman Belajar bisa juga loh mengintip lebih banyak lagi ulasan mengenai digital marketing dan studi-studi kasus lainnya di website belajarlagi.id dan twitter @belajarlagiHQ!
Kalau kamu ingin lebih intensif mempelajarinya lagi, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum maupun kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!