Teman Belajar sadar gak sih, makin kesini, banyak brand make artis K-pop buat jadi influencer mereka. Kalian bisa menemukan mereka di layanan penyedia jasa transportasi, kosmetik, hingga makanan. Sebut saja Gojek, Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya. Fenomena ini menarik banget buat diamati bersama. Kenapa sih brand mau mengeluarkan budget gede untuk menggandeng mereka?
Salah satu indikator utama brand dalam memilih influencer adalah engagement.
Gimana gak mau memanfaatkan momentum para idol yang sedang naik daun? riset dari Statista bilang kalau lebih dari 39 persen orang di dunia sudah familiar sama artis k-pop. Popularitasnya gak bisa diremehkan gitu aja. Apalagi pengaruh gaya hidup kepada generasi muda masa kini.
Setelah puncak gelombang Hallyu pada awal tahun 2000-an, K-pop punya engagement yang tinggi sama fans mereka yang tersebar di seluruh dunia. Belum lagi fanatisme terhadap idola mereka yang sangat melekat di hidup para fans nya.
Engagement antara fans dan idol pun ada banyak macamnya. Setiap influencer punya gaya nya sendiri buat menaikkan engagement dengan para audiens nya. Di negara asalnya pun, kebangkitan Hallyu bisa mendongkrak perekonomian negara dan juga brand.
Ga melulu soal ngobrol seperti halnya fans meet, bisa juga dalam bentuk respon menuruti permintaan audiens juga bisa jadi salah satu hal yang berpotensi menaikkan engagement.
Naiknya engagement ini membuat fanatisme k-pop terus meningkat dari waktu ke waktu. Maka jangan heran kalau brand makin banyak yang menggunakan korean celebrity sebagai influencer mereka.
Siapa nih artis korea favorit kalian yang jadi brand ambassador ataupun influencer produk dalam negeri?
Teman Belajar, jangan lewatkan juga ya ulasan-ulasan menarik lainnya tentang strategi-strategi marketing lainnya di Website Belajarlagi.id dan kanal X @belajarlagiHQ!
Jika kamu ingin memperdalam ilmu KOL dan influencer specialist, kamu bisa ikutan Full Stack Digital Marketing BelajarlagiHQ! Di sana ada juga materi yang mengajarkan ilmu tentang KOL manajemen, loh! Sampai jumpa di kelas, ya, Teman Belajar!