Gimana sih Market Behavior Pembeli Sayur Indonesia?

2 mins
Marketing Theory
Sales

Startup Sayur-sayuran pada kemana ya? Kok makin layu, ngga seger lagi?

sayur buah PHK
salah satu platform startup pengiriman sayur segar

Ternyata, susah buat menggantikan kebiasaan masyarakat buat mendapatkan fresh organic vegetables ke online shopping. Sayur & buah yang gampang busuk gak bisa tahan lama jadi masalahnya.

Sebenarnya salah satu alasan dari susahnya mengembangkan startup sayur atau buah di Indonesia adalah masalah behavior.

Perilaku berbelanja bahan pokok orang Indonesia masih lebih fokus ke offline based, lebih nyaman belanja langsung di tempat. Ngga cuman itu tantangan yang lebih berat lagi dimana mereka masih susah menjaga kualitas sayur atau buah biar tetap segar dalam waktu lama.

Apalagi produk kayak gini rawan rusak, walaupun disimpan dengan baik juga tetap gak bisa bertahan lama. Belum lagi masalah ketersediaan produk, dimana beberapa sayur atau buah itu adanya musiman. Sedangkan konsumen kadang butuh produk yang bener-bener ready setiap saat.

Ini juga jadi masalah yang belum bisa di-solve sama startup tadi.Kalau setidaknya 3 masalah tadi bisa di-solve, tentu bisa jadi value dan peluang besar mereka jadi berkembang karena konsumen yang haus akan kemudahan.

Kenapa perlu tahu market behavior sebelum berbisnis?

Penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen dapat memiliki aspek pribadi dan sosial yang kompleks. Misalnya, konformitas dapat mempengaruhi perilaku konsumen, baik dalam bentuk yang positif maupun negatif. Belum lagi kalau Perilaku konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti emosi, motivasi, keyakinan, dan pengalaman sebelumnya.

Terkadang bisa lebih dari keterlibatan konsumen, pasar yang lebih luas atau jaringan pemangku kepentingan juga berpengaruh besar terhadap perputaran modal, aktivitas pasar, kebijakan, dan lain sebagainya.

Kalau cuman nawarin kemudahan dalam membeli, tampaknya belum bisa membuat daya tawar startup pengiriman sayur ini lebih unggul dibanding dengan pasar tradisional atau supermarket. Apalagi pasar dan ritel sayur buah di Indonesia masih sangat mudah dijangkau.

Teman Belajar ingin memperdalam ilmu tentang market dan customer behavior? Kamu bisa baca ulasannya di website belajarlagi.id atau langsung pantengin program Full Stack Digital Marketing yang sudah ada materi tentang market & customer behaviornya, loh! Yuk, masuk waiting listnya di sini! Sampai jumpa di kelas kemudian. 

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences