Bikin brand sekarang nggak butuh modal 10 M. Hanya perlu 4 hal ini aja, kamu udah bisa bikin brand, sisanya tinggal eksekusi aja. Tapi jangan remehin gitu aja. Sini Minjar jelaskan 4 hal ini yang bikin brand kamu makin proper.
Banyak orang yang berpikir kalau bikin brand itu susah, karena banyak banget yang harus dikerjain. Well, sebenarnya hal tersebut bisa jadi sederhana kalau kamu tau point apa aja yang penting untuk dikerjakan.
"Point pentingnya apa aja min?" Kalau Minjar udah sering banget pakai brand mind map.
Singkatnya, brand mind mapping adalah peta konsep untuk mengkategorikan informasi dalam bentuk ilustrasi dan ide-ide utama. Di dalam brand mind map ini ada 4 pokok penting yang harus kamu susun.
- Identity
- Logo
- Marketing
- Design
Mari kita bahas satu-satu.
Hal pertama yang harus kamu perhatiin yaitu identitas. Apa nama brand kamu? Brand apa yang mau dibangun? Produk apa yang mau dijual?
Siapa target market nya? Tentukan value apa yang kamu tawarkan. Kamu bisa jawab pertanyaan ini tulis di notes atau secarik kertas.
Jangan remehkan logo, karena ngaruh ke brand image secara jangka panjang. Selain itu jangan keseringan gonta ganti logo, biar melekat di ingatan konsumen. Inilah kenapa pentingnya bikin logo yang fix dari awal. Komponennya bisa dari filosofi brand, jenis produk dan lain-lainnya.
Kalau masalah identitas udah fix, baru boleh ngomongin marketing. Ga perlu mikir terlalu jauh dulu, fokus dulu mau pakai strategi paid atau organic. Kalau ingin menggunakan digital marketing, jangan lupa menyiapkan platform yang akan digunakan. Sesuaikan platform sama kemampuan kamu.
Elemen yang satu ini kadang disepelekan ketika membangun brand. Desain penting banget sebagai daya tarik visual, bikin orang makin tertarik sama produk yang kamu jual. Tentukan dengan baik mulai dari tone color, referensi desain sampai font yang bakal dipakai.
Kalau kamu udah nentuin 4 poin tadi, sisanya tinggal eksekusi aja. Atau kamu juga bisa define lebih detail setiap poin nya, jadi persiapannya lebih maksimal.
Tapi perlu diingat, bikin brand ataupun bikin bisnis itu butuh proses, sekalipun persiapannya sudah matang, ya!