Hai, Teman Belajar! Sekarang Happy Meals di McDonald gak cuma menyediakan paket mainan aja, loh ya. Kamu bisa milih buku juga! Secara tidak langsung, franchise burger terbesar di dunia sedang mengedukasi tentang pentingnya membaca buku.
Ini adalah strategi “responsible marketing” dimana sebuah brand tidak hanya sekedar jualan, tapi juga memikirkan bagaimana impact sosialnya buat konsumen.
Ternyata, responsible marketing itu adalah salah satu bentuk dari strategi customer-centric marketing. Yaitu cara-cara pemasaran yang lebih humanis dan mengedepankan kebutuhan pelanggan. Strategi ini tidak hanya sekadar melayani kebutuhan pelanggan saja, melainkan juga memberikan pengaruh positif bagi mereka, komunitas, hingga menyentuh value kehidupan pribadinya.
Berdasarkan hasil penelitian pada 2022 silam, banyak konsumen terutama kalangan generasi milenial dan generasi Z yang loyal pada sebuah brand. Mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk produk ramah lingkungan, atau yang terkait dengan isu-isu sosial lainnya.
Banyak cara yang bisa dilakukan brand-brand di dunia untuk menerapkan responsible marketing seperti halnya produk ramah lingkungan, ikut dalam praktik ekonomi berkelanjutan, penggunaan kemasan minim karbon, dan lain sebagainya.
Tapi yang menarik kali ini, McD sebagai resto fast food ikut mengambil peran dalam menyikapi isu literasi di Indonesia yang masih rendah dari tahun ke tahun. strategi McD ini membantu mengajarkan anak-anak Indonesia untuk gemar membaca buku.
Sedari dulu McD punya komitmen kalau mereka sangat ramah terhadap keluarga, khususnya anak-anak. Oleh sebab itu, strategi ini ditujukan untuk anak-anak Indonesia.
Akan tetapi, tentu perlu keterlibatan orang tua untuk memberikan pemahaman jikalau buku sama penting dan bermanfaatnya dengan mainan. Selain itu, hampir di setiap outlet McD ada playground mini disana. Mereka juga selalu menyediakan kursi khusus anak balita.
Mereka sebenarnya sudah lama menerapkan responsible marketing ini, salah satunya adalah dengan adanya reusable bag. Ini jadi bentuk “green marketing” nya McD buat jadi resto fast food yang ramah lingkungan semenjak adanya regulasi yang mengatur tentang pengurangan sampah kemasan plastik. Kalian udah punya berapa reusable bag McD nih sekarang?
Patut kita tunggu strategi menarik apalagi yg bakal dilakuin McD. Tentu strategi ini bikin kita respect sama mereka yang makin sadar soal masalah sosial.
Hhmm.. menurut kalian strategi apalagi ya yang bakal diterapkan oleh McD?
Teman Belajar bisa juga loh mengintip lebih banyak lagi ulasan mengenai digital marketing dan studi-studi kasus lainnya di website belajarlagi.id dan X @belajarlagiHQ!
Kalau kamu ingin lebih intensif mempelajarinya lagi, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum maupun kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas, yaaa!