Susah buat menggeser tahta susu Ultra Milk yang sudah lebih dari 5 tahun jadi raja di kategori susu UHT ini. Selain karena produk susu UHT ini sudah ada sejak lebih dari 50 tahun di tanah air, distribusi yang merata ke berbagai daerah di Indonesia dan juga variasi produk jadi kuncinya.
Gimana strategi Ultra Milk yang sukses mencuri hati pasar Indonesia khususnya kalangan ibu-ibu dan anak-anaknya. Simak pembahasan Minjar sampai tuntas, ya!
Ultra Milk ini brand asli Indonesia dari 1976 dan sampai sekarang tetap jadi brand populer. Brand tua lain biasanya mulai meredup popularitasnya, kalah saing sama brand baru yang gencar promosi.
Tapi Ultra Milk tetap bertahan sampai sekarang. Kuncinya satu, inovasi.
Mulai dari inovasi rasa, sampai desain kemasan mereka terus beradaptasi mengikuti zaman. Inovasi ini sangat membantu mereka dalam beradaptasi di setiap trend yang ada.
Teman Belajar tau gak kalau mereka sekarang punya lebih dari 6 jenis produk susu UHT dengan berbagai variasi ukuran.
Selain inovasi, mereka juga pake strategi decoy effect dengan menjual berbagai ukuran produk. Ini bertujuan untuk membuat efek pancing membeli produk yg lebih besar ukurannya.
Mereka punya 4 macam ukuran produk, dari 125 ml, 200 ml, 250 ml dan 1 liter. Menariknya, mereka punya 2 ukuran yang gak jauh beda, antara ukuran 200 ml dan 250 ml. Dibanding ukuran yang lain, kedua ukuran ini punya selisih paling sedikit.
Disini keliatan kalau ukuran 200 ml jadi efek pancingan harga, biar orang sekalian beli yang 250 ml. Dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda.
Minjar juga pernah bahas decoy effect untuk produk lainnya di sini https://www.belajarlagi.id/case-study-marketing/formula-rahasia-apple-kalau-mau-ningkatin-penjualan-ponsel
Seperti yang udah Minjar bahas di poin pertama, kalau Ultra Milk ini punya keunggulan di inovasi. Kemasan produknya pun selalu di update mengikuti perkembangan zaman. Namun mereka tetap hati-hati dan memperhatikan branding, serta menyesuaikan customer needs mereka.
Dari semua strategi mereka, pantas kalau sekarang jadi top brand susu UHT di Indonesia. Para pesaing nya lagi berusaha mengejar si Ultra Milk ini, diantaranya ada bear brand dan frisian flag.
Menurut kamu strategi apa lagi nih yg bikin Ultra Milk bisa jadi salah satu merk susu UHT di Indonesia?
Teman Belajar, jangan lewatkan juga ya ulasan-ulasan menarik lainnya tentang studi kasus brand-brand besar Indonesia di website Belajarlagi.id dan kanal X @belajarlagiHQ!
Jika kamu ingin memperdalam ilmu Branding, kamu bisa pantau mini bootcamp kami di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!