Dibalik viralnya Fudgybro, mereka sukses menerapkan "digital sense strategy" dan bikin audiens di TikTok, IG pada ngiler pengen mencoba produknya. Ga cuman itu, kombinasi "guarantee strategy" bikin brand trust mereka naik & dapet feedback positif dari audiens nya.
Digital sense adalah konsep yang dibahas oleh Travis Wright dan rekan-rekannya pada 2016 untuk menggambarkan kemampuan seseorang (yang kemudian diadaptasi oleh brand) dalam memahami dan mengelola pengalaman digital secara holistik. Konsep ini muncul karena semakin kompleksnya ekosistem digital yang kita hadapi, baik dari segi teknologi maupun perilaku konsumen. Digital sense mencakup pemahaman mendalam tentang data, analitik, teknologi, serta strategi pemasaran yang efisien dan relevan di dunia yang serba cepat ini.
Digital sense memungkinkan para marketer untuk lebih memahami audiens mereka, sehingga dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal dan relevan bagi masing-masing individu. Efeknya, konten yang diproduksi secara digital dan kegiatan offlinenya lebih engaging, sehingga meningkatkan interaksi dan loyalitas konsumen. Strategi ini banyak dipakai brand FnB buat narik perhatian konsumennya. Sense ini terdiri dari 4 sense sesuai panca indra, yaitu sight, touch, hearing, taste, smell.
Cara ini bekerja untuk mengoptimalkan sense konsumen dan mendorong decision buat nyobain produknya.
Fudgybro mencoba menggunakan strategi ini buat gaet konsumen yang lebih luas. Caranya dengan banyak konten yang bikin "ngiler" konsumen pengen nyobain. Secara gak sadar bikin konsumen ngebayangin produknya dan mendorong mereka buat harus cobain "real" produknya.
Kalau cuman sekedar ngandelin sense marketing aja, konversi leads nya mungkin ga maksimal. Orang sudah paham kalau "konten belum tentu sesuai realita" yang akhirnya bikin decision consumer ga berjalan mulus. Tapi guarantee yang ditawari coba dibuktikan lewat statement "isi ga pecah, ditraktir/diganti produk baru" bikin konsumen yakin kalau ini bukan konten semata.
Kalau di study case Fudgybro, ini didukung juga sama honest review konsumennya, bikin orang lain percaya dan mau memutuskan buat cobain. Secara strategi memang cukup sederhana, tapi impact nya signifikan. Udah beberapa hari ini sering lewat fyp dan memang se boomb itu produknya.
Kombinasi sensory marketing dengan bumbu "guarantee + honest review" bikin konsumen say yes sama produk si Fudgybro ini. Minjar dapet bisikan dari tim Fudgybro, semenjak produk cookie bomb ini "meledak", setiap store mengalami kenaikan 2-3x lipat penjualan setiap harinya, loh!