Deretan AI untuk Merangkum Video YouTube, Pernah Mencobanya?

Jessica Dima
8 Min Read
Published:
October 10, 2024
Updated:
October 10, 2024

Teknologi AI dapat membantu kita untuk merangkum video YouTube. Seperti kita tahu, YouTube bukan sekadar hiburan, melainkan juga media untuk belajar. Segala informasi dan pengetahuan bisa tersaji di YouTube, mulai dari finansial, kepenulisan, creative thinking, digital marketing, dan lain-lain.

Sayangnya, sering kali durasi video YouTube yang cukup panjang menyulitkan kita memahami poin-poin penting dan isi dari video tersebut. Nah, di sinilah teknologi AI dapat menjadi solusi. Beberapa tools AI dirancang untuk membantu membuat ringkasan video YouTube sehingga lebih mudah kita pelajari.

Kali ini Tim Belajarlagi sudah menyiapkan beberapa rekomendasi AI untuk merangkum video YouTube yang bisa kita pakai. Yuk, cermati tools apa saja dan mana sih yang kira-kira paling cocok buat kita!

Mengapa butuh merangkum video?

Kita biasa menikmati video YouTube untuk berbagai keperluan. Entah itu sekadar sebagai hiburan, belajar sesuatu yang baru, hingga penelitian.

Nah, merangkum video YouTube sebenarnya sangat berguna untuk keperluan seperti belajar. Terutama jika kita sedang tak punya banyak waktu untuk menonton video panjang secara menyeluruh.

mengapa perlu merangkum video youtube?

Membuat ringkasan atau rangkuman video dapat memberi beberapa manfaat seperti:

  • Menghemat waktu
  • Membantu menyusun ide dari poin-poin penting dalam video
  • Membantu mengonsumsi lebih banyak video sekaligus memahaminya

Teknologi AI dapat memberikan solusi untuk meringkas video bagi kita. Melalui tools AI tersebut, kita dapat lebih mudah mempelajari dan mencermati apa saja sih hal-hal yang dibahas di video.

Secara umum, cara kerja AI dalam merangkum video YouTube antara lain sebagai berikut:

  1. AI memproses video
  2. Lalu, AI akan mengekstrak fitur-fitur penting yang muncul di setiap fragmen video (contoh: aktivitas, pemandangan, suara, dan lain-lain)
  3. Video tersebut disegmentasi menjadi beberapa bagian penting
  4. AI memberikan skor pada setiap segmen, lalu memilih poin-poin terpenting
  5. Konten terpilih akan dikompilasi menjadi versi lebih pendek dari video aslinya
  6. Algoritma NLP (natural language processing) dipakai untuk menyalin dan menganalisis ucapan

Tentu ada banyak pilihan tools AI untuk merangkum video YouTube. Pertanyaannya, mana yang sebaiknya kita pakai? Menurut Notta, setidaknya tools tersebut memenuhi kriteria berikut:

  • UI mudah digunakan
  • Tingkat akurasi tinggi
  • Customer support yang responsif
  • Mampu mendeteksi emosi dalam video
  • Kustomisasi sesuai kebutuhan pengguna
  • Punya fitur untuk multi bahasa

Baca juga: 20+ Tools AI Selain ChatGPT yang BIsa Kita Gunakan

AI untuk merangkum video YouTube

Ada banyak pilihan AI yang bisa kita gunakan untuk merangkum video YouTube. Masing-masing tools biasanya punya kelebihan ataupun kekurangan masing-masing. Dari deretan rekomendasi berikut, kita bisa cermati mana yang paling pas untuk kebutuhan kita:

1. Jasper

jasper

Jasper dikenal sebagai tools AI paling lengkap untuk kebutuhan kerja dalam digital marketing. Mulai dari copywriting, SEO, social media content, hingga penulisan naskah. Uniknya, Jasper ini juga jago dalam merangkum video YouTube, lho.

Fitur-fitur utama yang ada pada Jasper antara lain:

  • Dukungan 30 bahasa, ini memungkinkan kita meringkas video dengan berbagai macam bahasa.
  • AI-generated script, ini memudahkan kita menulis naskah ringkasan dari awal sekaligus memuat poin-poin penting.
  • Brand voice, ini artinya nada dari ringkasan video yang kita buat nantinya dapat menyesuaikan identitas brand sehingga bagus untuk penggunaan dalam skala bisnis.

Sayangnya, penggunaan Jasper untuk merangkum video tidak bisa kita dapatkan secara gratis. Biaya berlangganannya sekitar $49 sampai $69 per bulannya. Itu sebabnya Jasper ini kurang cocok untuk penggunaan pribadi ataupun bisnis skala kecil.

2. summarize.tech

summarize.tech

Ini merupakan tools perangkum video YouTube yang cukup populer karena dikenal dengan penggunaannya yang mudah. Dengan summarize.tech, kita bisa meringkas video YouTube berdurasi panjang, entah itu berupa siaran langsung maupun yang isinya ceramah.

Fitur unggulan pada tools ini antara lain:

  • Contoh ringkasan. Ada beberapa contoh rangkuman video yang bisa jadi gambaran buat kita saat memakai tools ini.
  • Multiple chapter. Tools ini mampu merangkum video ke dalam beberapa bagian dan bab.
  • Upload direct link. Kita cukup menambahkan URL YouTube pada tools untuk selanjutnya akan diproses menjadi ringkasan yang baik.

Untuk merangkum beberapa video, kita dapat menggunakannya secara gratis. Jika ingin meringkas lebih banyak, kita mesti berlangganan sebesar $10 per bulan.

Baca juga: 15 Website AI untuk Membuat Logo Gratis 

3. Notta

notta

Notta merupakan contoh AI untuk merangkum video YouTube dengan akurasi cukup tinggi. Ringkasan otomatis yang dihasilkan bisa berupa teks maupun video. Untuk penggunaan yang berbayar, Notta menyediakan fitur lebih menarik mulai dari memberikan transkrip real time hingga meringkas sesi online lewat Zoom maupun Google Meet.

Fitur yang ditawarkan Notta:

  • Mampu meringkas video YouTube ke berbagai format (MP3, MP4, WMV, MOV, dan lain-lain)
  • Dapat langsung memasukkan tautan link video yang akan diringkas
  • Kecepatan meringkas video cukup baik
  • Tersedia beberapa pilihan template untuk mengubah catatan mentah menjadi lebih rapi

Meski bisa kita gunakan secara gratis, tentu saja fitur-fiturnya sangat terbatas. Sementara, jika hendak berlangganan kita butuh menyiapkan setidaknya $14.99 per bulan.

4. Upword

upword

Tools AI berikutnya ini merupakan salah satu kecerdasan buatan yang cukup populer untuk membantu riset. Salah satunya adalah lewat merangkum video YouTube. Beberapa pengguna yang memakai Upword ini mulai dari siswa, mahasiswa, hingga peneliti.

Fitur unggulan pada Upword antara lain:

  • Terintegrasi dengan aplikasi Slack
  • Library, tempat menyimpan semua catatan dengan aman
  • Merangkum video dengan menyampaikan poin-poin penting

Pengguna gratis dapat memanfaatkan fasilitas merangkum video hingga 50 video. Jika lebih dari itu, tentunya mesti berlangganan. Biaya langganannya mulai dari $19 per bulan.

Untuk mengasah skill kita dalam menggunakan tools AI, kita juga perlu memperdalam seluk-beluk AI lewat kelas nih. Salah satunya melalui Mini Bootcamp AI Prompting & Automation dari Belajarlagi.

Melalui kelas ini, kita akan disiapkan untuk makin mahir dan menguasai AI, baik secara teori maupun praktik. Jadi, kita bisa nih memanfaatkan AI untuk meningkatkan karier saat ini. Untuk informasi mengenai pendaftaran kelasnya, bisa cek langsung di website, ya!

5. Wordtune

wordtune

Pada dasarnya, Wordtune merupakan AI yang berfungsi sebagai writer assistant dengan cakupan kerja cukup luas. Mulai dari menulis ulang email, pemeriksaan tata bahasa, penulisan konten, hingga merangkum video YouTube. Sejauh ini, Wordtune banyak dipakai para profesional seperti pengajar dan peneliti.

Fitur utama pada Wordtune:

  • Mampu menyorot poin-poin penting dalam video sebelum dibuat rangkuman
  • Chrome extension gratis, ini sangat bermanfaat untuk meringkas video berdurasi panjang
  • Mampu menyederhanakan topik kompleks sehingga menghemat waktu

Untuk penggunaan secara gratis, kita hanya bisa mengakses rangkuman sebanyak 3 buah per hari. Sementara, biaya berlangganan mulai dari $13.99 per bulannya.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tools AI untuk Review Jurnal, Bisa Bikin Ringkasan Juga, lho!

6. ScreenApp

screenapp

Platform AI ini menyediakan fasilitas cukup lengkap, misalnya merekam, membuat catatan, dan meringkas video hanya dalam beberapa menit. ScreenApp menyediakan opsi ringkasan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Nantinya kita cukup mengekspor untuk membagikannya.

Fitur dalam ScreenApp:

  • Mampu meninjau video durasi panjang dengan poin-poin akurat dalam waktu beberapa menit
  • Terdapat opsi ringkasan sehingga kita bebas memilih dan meninjau yang mana
  • Cocok untuk merangkum video meeting (misalnya melalui Zoom atau Google Meet)

Kita bisa memakai tools ini secara gratis, hanya saja terbatas pada durasi video maksimal 45 menit. Opsi biaya berlangganannya mulai dari $15 per bulan, $27 per bulan, dan $87 per bulan.

7. Hyperwrite

hyperwrite

Rangkuman video dari Hyperwrite menggunakan algoritma canggih untuk memahami ide utama video sehingga kita tak perlu menonton keseluruhan videonya. Intinya, gambaran singkat dalam video YouTube dapat dibuat akurat melalui poin-poin penting yang disajikan tools ini.

Fitur unggulannya antara lain:

  • Menghasilkan ringkasan asli video dengan frasa atau kata yang digunakan dalam video
  • UI mudah dioperasikan pengguna
  • Ada custom persona yang memungkinkan ringkasan yang dihasilkan lebih luwes (tidak seperti robot)

Hanya saja, tools AI ini tidak menyediakan opsi gratis. Untuk menggunakannya, kita mesti berlangganan mulai dari $16 per bulan.

Baca Juga: Rekomendasi AI untuk Membuat PPT, Praktis dan Cantik!

8. Monica

Monica merupakan tools AI yang biasa dipakai untuk menerjemahkan, menulis, dan meringkas konten seperti video YouTube. Kita cukup menaruh link URL video YouTube ke Monica, kemudian tools ini akan otomatis merangkum isi videonya.

Keunggulan Monica:

  • Mudah digunakan
  • Writing assistant yang membantu kita untuk mengolah ringkasan video yang dihasilkan
  • Tersedia Chrome extension

Monica bisa kita pakai secara gratis, namun terbatas untuk 7 hari trial saja. Selebihnya kita harus berlangganan. Biayanya sekitar $8.30 sampai $16.6 per bulan.

9. Mindgrasp

mindgrasp

AI untuk merangkum video YouTube ini cukup bisa diandalkan. Mindgrasp mampu membuat catatan akurat dan merangkum setiap media. Mulai dari YouTube, podcast, Zoom, sampai rekaman webinar.

Beberapa fitur dalam tools ini antara lain:

  • Dukungan lebih dari 10 bahasa
  • Waktu mengunggah video yang cepat
  • Mampu memberikan poin-poin penting dalam video sehingga kita tahu garis besar dan inti video

Sayangnya, Mindgrasp tidak menyediakan fitur gratis untuk mengaksesnya. Itu artinya, kita mesti berlangganan jika hendak menggunakannya. Biaya bervariasi mulai dari $9.99 per bulan.

10. ChatGPT

chatgpt

Ternyata ChatGPT pun bisa kita manfaatkan untuk merangkum video YouTube, lho. Caranya cukup praktis.

Pertama, kita mesti mengunduh ekstensi ChatGPT dan memasangnya ke browser Chrome. Setelah itu, klik bagian “Transcript and Summary” yang akan muncul saat kita menikmati video di YouTube. Untuk melihat ringkasan video, kita cukup klik logo AI-nya.

Dari sini, kita jadi paham nih ternyata tools AI itu sangat beragam ya. Kebutuhan berbeda maka tools AI-nya pun beda. Terbayang sih betapa repotnya punya banyak akun AI jika ingin menggunakan semuanya buat bekerja?

ai belajarlagi

Kabar gembiranya, kita tidak perlu repot-repot punya banyak akun AI jika punya AI Belajarlagi! Pilihan model AI-nya sudah banyak dan cukup kita akses lewat satu platform saja. Mudah, praktis, dan pastinya sangat ramah digunakan buat para pemula.

Saya sendiri mencoba menggunakan AI Belajarlagi untuk mempermudah pekerjaan serta meningkatkan produktivitas. Tidak hanya ada ChatGPT, ada juga tools lainnya seperti Dall-E, Mistral AI, Gemini, dan lain-lain. Lengkap dan dari segi harga pun lebih hemat.

Ada opsi berlanganan untuk 1 bulan, 3 bulan, serta 6 bulan. Untuk informasi seputar biaya berlangganan, silakan cek langsung di website Belajarlagi!

#
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Belajarlagi author:

Jessica Dima

Freelance SEO content writer yang 5+ berpengalaman menulis artikel dengan berbagai topik: pekerjaan, gaya hidup, edukasi, dan kesehatan mental. Selain SEO, ia mempunyai passion khusus pada storytelling.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.