Apa Saja Target dari Menggunakan SEO? Ini Jawabannya!

Jessica Dima
8 Min Read
Published:
February 17, 2025
Updated:
February 17, 2025

Apa sih target atau tujuan dari menggunakan SEO untuk pemasaran? Pertanyaan ini menjadi sangat penting untuk kita pikirkan saat bekerja di bidang digital marketing. Pasalnya, SEO merupakan salah satu strategi digital marketing yang efektif digunakan hingga saat ini.

Berbeda dengan ads yang dapat memberikan hasil cepat, butuh kesabaran tersendiri dalam mengelola SEO. Strategi SEO tidak bisa bekerja secara instan karena memerlukan optimasi yang mesti rutin dilakukan. Meski begitu, optimasi SEO yang tepat jelas akan berdampak besar ke pemasaran sebuah bisnis.

Lalu, apa saja target dari menggunakan SEO untuk sebuah bisnis? Tim Belajarlagi mengulas tujuan beserta penjelasannya lewat artikel berikut, lengkap dari pengertian SEO sampai cara melakukan optimasinya. Yuk, pelajari bersama-sama!

Apa Itu SEO?

SEO merupakan kependekan dari search engine optimization. Melansir dari Semrush, SEO adalah proses membuat situs website lebih mudah muncul dan terlihat di mesin pencari seperti Google. SEO bekerja tanpa perlu membayar iklan alias dikerjakan secara organik.

SEO yang terkelola dengan baik berpeluang menaikkan ranking suatu situs bisnis sehingga mudah ditemukan oleh pengguna. Pada akhirnya, brand awareness sekaligus traffic website pun ikut meningkat. Untuk mencapai hal tersebut, butuh optimasi tertentu yang mesti rutin dilakukan.

Secara umum, ada empat elemen terpenting saat menjalankan strategi SEO:

  • Riset kata kunci: mencari tahu kata kunci apa yang paling dicari atau yang paling relevan bagi pengguna.
  • SEO on-page: proses mengoptimalkan halaman website beserta konten-konten di dalamnya.
  • SEO off-page: menautkan situs lain ke dalam website sehingga dapat meningkatkan kredibilitas website.
  • SEO teknis: meningkatkan kinerja dan aksesibilitas situs secara keseluruhan.

Lantas, mengapa SEO menjadi sangat penting dalam pemasaran digital? SEO sangat mendorong meningkatnya kesadaran merek dan kunjungan pengguna ke situs website. Tanpa menggunakan SEO, sebuah bisnis akan kurang menonjol di mesin pencari dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Jika situs website berada di peringkat atas, besar kemungkinan bisa menghasilkan CTR lebih baik daripada situs yang ada di bawah. Ada juga potensi terjadinya konversi ketika pengguna benar-benar mendapatkan manfaat dari konten yang ada. Pada akhirnya, SEO mampu memberikan dampak yang baik bagi bisnis, bahkan turut berperan dalam peningkatan keuntungan.

Baca Juga: 15 Cara Jitu Agar Konten Tampil di Halaman Pertama Google

Apa target dari menggunakan SEO?

target menggunakan seo

Dalam menjalankan strategi digital marketing, sebuah bisnis juga mesti menetapkan apa yang jadi target dari menggunakan SEO. Tujuan ini nantinya akan menjadi panduan agar target marketing pun bisa tercapai. Beberapa target dari SEO antara lain:

1. Menaikkan traffic website secara organik

Membangun traffic website adalah hal penting mengingat ini akan berperan juga dalam ranking website di mesin pencari. Strategi SEO yang tepat akan membantu sebuah website tampil alias muncul di deratan atau ranking teratas pencarian. Contohnya, saat pengguna mengetik keyword tertentu, konten dalam website akan muncul di bagian paling atas Google.

SEO juga mampu menargetkan pengguna mesin pencari yang paling relevan untuk berkunjung ke website. Alhasil, traffic yang terjadi tergolong berkualitas sehingga bisa mendorong terjadinya konversi yang diharapkan.

Sebuah website yang mengelola SEO dengan baik biasanya juga mampu memperoleh konversi yang berdampak ke naiknya penjualan. Maka, inilah yang menjadi target terpenting dalam menggunakan SEO.

2. Meningkatkan kredibilitas

Target dari menggunakan SEO selanjutnya adalah untuk meningkatkan kredibilitas. Menurut Semrush, pengguna akan lebih mempercayai sebuah bisnis yang memiliki website dan muncul di mesin pencari. Ini akan berpengaruh pada kredibilitas bisnis di mata konsumen.

Guna meningkatkan kredibilitas, Google menyarankan pebisnis untuk mengikuti pedoman E-E-A-T:

  • Experience: Menunjukkan pengalaman nyata ke pengguna lewat konten berkualitas, bisa berupa studi kasus, testimonial, edukasi, dan lain-lain.
  • Expertise: Membuat konten berkualitas yang berfokus ke industri bisnis.
  • Authority: Membangun beberapa topik industri yang berkaitan untuk membangun otoritas.
  • Trust: Memberikan informasi akurat dan terkini.

3. Menaikkan ROI

Pada dasarnya, SEO bagus dalam meningkatkan ROI karena biayanya tergolong rendah dan organic clicks dari SEO sifatnya gratis. SEO juga berpotensi membantu mengonversi pengunjung menjadi konsumen, apalagi jika konten-kontennya selalu relevan ke pengunjung.

Dalam hal ini, pengelolaan SEO harus berpegang pula pada pemahaman bisnis yang baik. Penyesuain bentuk konten dan promosi juga berperan penting dalam kesuksesan SEO dalam menaikkan ROI.

SEO dapat menjadi investasi jangka panjang bagi sebuah bisnis yang menguntungkan. Meski hasilnya tidak instan, prospeknya bisa sangat menjanjikan, kok.

4. Meningkatkan brand awareness

Optimasi kata kunci dan konten yang relevan berpeluang meningkatkan kesadaran merek bagi pengguna mesin pencari. Memiliki hasil pencarian di ranking teratas akan memberi kesan positif ke pengguna dan pada akhirnya membuat mereka sadar akan keberadaan brand tertentu.

Memakai backlink tertentu dalam konten juga berpengaruh pada naiknya kesadaran merek. Jadi optimasi SEO dengan tepat akan berdampak besar ke pemasaran sekaligus penjualan sebuah bisnis.

5. Memenangkan persaingan dengan kompetitor

Zaman sekarang hampir semua bisnis menggunakan strategi SEO dalam pemasaran. Maka, tidak mengoptimalkan SEO tentu sama saja dengan melewatkan kesempatan besar untuk bersaing dengan kompetitor.

Menganalisis kompetitor dapat membantu untuk mengembangkan sebuah bisnis. Beberapa hal yang bisa dikembangkan dalam bersaing dengan kompetitor antara lain:

  • Identifikasi kata kunci yang kompetitor pakai
  • Dapatkan ide dan gagasan baru dari konten kompetitor
  • Gunakan tautan-tautan yang relevan dalam konten

Baca Juga: SGE vs SEO: Apa Perbedaan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika kita cukup kesulitan dalam mengelola SEO, Belajarlagi Marketing Agency dapat menjadi solusi terbaik. Belajarlagi Marketing Agency siap menjadi partner terbaik dalam bisnis, termasuk soal SEO handling. Mulai dari audit website, meningkatkan traffic, sampai mendatangkan konversi.

Kita cukup pilih layanan sesuai kebutuhan bisnis. Yuk, tingkatkan performa bisnis lewat SEO bersama Belajarlagi Marketing Agency. Informasi lengkapnya bisa dicek langsung di website Belajarlagi, ya!

Langkah melakukan optimasi target SEO

Untuk mencapai target atau tujuan SEO yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa optimasi yang mesti dilakukan:

cara melakukan seo

1. Optimasi SEO on page

Cara paling penting dalam optimasi SEO adalah melakukan SEO on page. Secara umum, SEO on page berfokus pada penggunaan kata kunci secara efektif. Kata kunci pada konten harus sesuai dengan tujuan bisnis sekaligus target market.

Dalam melakukan optimasi, kata kunci harus muncul pada:

  • Judul
  • Meta description
  • Heading
  • Subheading
  • Isi konten (awal, tengah, akhir)
  • Alt text pada gambar konten
  • URL slug

Meski kata kunci mesti tersebar di dalam isi konten, hindari penggunaan kata kunci yang terkesan “memaksakan” masuk ke sebuah kalimat. Mesin pencari seperti Google juga jeli karena bisa mendeteksinya sebagai spam.

2. Produksi konten berkualitas

Setelah menentukan kata kunci yang tepat, yang tidak kalah penting berikutnya adalah penulisan konten. Google menuntut kita untuk memproduksi konten yang berkualitas. Baik itu dari segi isi tulisan hingga relevansinya ke pengguna.

Ciri konten berkualitas adalah isinya kredibel, menarik, unik, dan bermanfaat bagi pengguna. Bermanfaat di sini maksudnya adalah bisa menjadi solusi dari masalah pengguna. Jadi, kita sebaiknya tidak sekadar memproduksi konten dengan judul yang clickbait, tetapi isinya tidak berkualitas.

Konten berkualitas berpotensi meningkatkan durasi kunjungan pengguna. Selain itu, pengguna pun menjadi tertarik untuk membaca konten-konten lain di website. Dari situ, bisa jadi muncul peluang konversi yang nantinya meningkatkan penjualan.

Jika kita tertarik untuk belajar mengembangkan SEO secara organik, kita bisa lho ikut SEO Bootcamp dari Belajarlagi. Program intensif selama 6 pekan ini akan mengajari kita bagaimana mengelola SEO secara lengkap bersama para instruktur yang telah berpengalaman.

Di SEO Bootcamp, kita tidak cuma belajar secara teori, tetapi juga praktik. Jadi, bakal sangat bermanfaat sekali buat kita aplikasikan ke pekerjaan. Menarik banget, deh!

Untuk informasi lebih lengkap seputar jadwal dan pendaftaran SEO Bootcamp, bisa cek langsung di website Belajarlagi, ya!

3. Optimasi desain dan tata letak website

Selain isi konten, tampilan website juga menjadi tolok ukur penting dalam optimasi SEO. Pengunjung akan lebih nyaman pada website yang user-friendly, baik saat diakses lewat laptop maupun ponsel. Navigasi website yang sederhana juga mempermudah pengunjung dalam mencari informasi.

Selain itu, kita perlu memperhatikan durasi loading di website. Loading yang terlalu lama cenderung mudah ditinggalkan pengunjung. Ingat, kepuasan pengunjung tentu harus diutamakan jika kita ingin mengoptimasi SEO secara maksimal.

4. Tambahkan backlinks

Google mempertimbangkan keberadaan backlinks dalam membuat pe-ranking-an website di mesin pencari. Adanya backlinks pun secara tidak langsung dapat meningkatkan kredibilitas website. Maka, penambahan backlinks wajib jadi pertimbangan saat melakukan optimasi SEO.

Baca juga: 15 Cara Membuat Tampilan Blog Keren, Menarik Perhatian User!

Bagaimana SEO bekerja?

Menurut Semrush, SEO bekerja dengan menyelaraskan situs website dengan cara kerja Google dalam mengumpulkan hasil pencarian. Sementara, Google sendiri bekerja dengan proses yang cukup kompleks guna memberikan hasil pencarian terbaik ke pengguna.

Proses kerja dari mesin pencari atau Google kurang lebih seperti ini:

  • Crawling: Menggunakan program otomatis untuk menjelajahi website dan menemukan konten.
  • Indexing: Setelah menganalisis konten, mesin pencari akan menentukan apakah konten itu bisa masuk ke dalam daftar indeks atau tidak.
  • Ranking: Ketika pengguna memasukkan kata kunci, mesin pencari akan berusaha memahami maksudnya dan kemudian menggunakan algoritma kompleks untuk memberikan hasil pencarian terbaik.

SEO bukanlah sebuah ilmu atau strategi yang 100% sempurna. Algoritma mesin pencari sering kali berubah-ubah dan itu artinya butuh banyak penyesuaian lagi dalam optimasi SEO. Maka, SEO pada dasarnya bekerja dengan melakukan pengujian, analisis, serta adaptasi yang berkelanjutan.

Jadi, optimasi SEO adalah kegiatan yang mesti rutin dilakukan. Optimasi yang optimal akan sangat berdampak ke ranking website di mesin pencari. Untuk melihat hasilnya memang butuh waktu agak lama, tetapi sangat layak untuk dilakukan terus-menerus.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa target dari menggunakan SEO dalam pemasaran digital. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita mengenai seluk-beluk SEO, ya. Jangan lupa terus perlengkapi diri dengan keterampilan SEO dari waktu ke waktu agar makin sukses di dunia digital marketing!

#
SEO
Belajarlagi author:

Jessica Dima

Freelance SEO content writer yang 5+ berpengalaman menulis artikel dengan berbagai topik: pekerjaan, gaya hidup, edukasi, dan kesehatan mental. Selain SEO, ia mempunyai passion khusus pada storytelling.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.