Cara Membuat Prompt AI agar Perintahmu Jelas dan Spesifik

Jessica Dima
8 Min Read
Published:
September 17, 2024
Updated:
September 17, 2024

Membuat prompt AI memang butuh cara tersendiri. Prompt AI merupakan kunci penting saat kita menginginkan output atau hasil kerja AI yang berkualitas. Masalahnya, tidak semua orang cukup bagus untuk menulis prompt alias perintah ke AI tersebut.

Seperti yang sudah kita tahu, penggunaan AI atau kecerdasan buatan sangat membantu pekerjaan dan meningkatkan efektivitas kerja. Namun, ingat pula bahwa AI bekerja sesuai dengan perintah dan keinginan kita. Apa yang ada di pikiran kita mesti kita tuliskan dengan jelas melalui permintaan atau instruksi tertentu.

TIm Belajarlagi sudah menyiapkan ulasan mengenai serba-serbi AI prompt. Mulai dari definisi, cara kerja, dan yang terpenting adalah cara membuat prompt AI. Biar makin mahir memanfaatkan AI, yuk kita pelajari dan cermati artikel ini sama-sama!

Apa itu prompt AI?

Melansir dari Grammarly, prompt AI adalah perintah berupa instruksi teks yang kita berikan kepada suatu model AI untuk menghasilkan keluaran atau output yang diinginkan. Contoh paling mudah adalah ketika kita mengetikkan tulisan di chatbot ChatGPT. Tulisan atau perintah yang kita ketik tersebut termasuk sebagai prompt AI.

Sekilas, gagasan memberikan perintah ke AI memang terkesan mudah. Kita meminta sesuatu, kemudian AI akan memberikan jawabannya. Prosesnya memang sederhana, tetapi justru kunci pentingnya ada pada bagaimana cara kita membuat prompt atau perintah AI tersebut.

Pada dasarnya, prompt AI mesti bersifat khusus dan spesifik. Perintah yang detail dan jelas akan menghasilkan respon yang relevan dan berguna. Agar lebih mudah dipahami, coba kita cermati contoh kasus berikut ini:

Kita ditugaskan mengirim email yang isinya mengundang para profesional agar hadir ke acara webinar perusahaan. Email tersebut harus ditulis secara profesional pula, mengingat yang kita undang adalah para pakar berpengalaman.

Kita bisa saja menuliskan prompt AI seperti: “Tuliskan undangan email profesional untuk acara webinar”. Output yang dihasilkan jelas ada dan mungkin berguna untuk kita.

Namun, ada kalanya kita butuh menambahkan konteks lebih jelas. Misalnya, target audiens, persyaratan pendaftaran, pembicara tamu, dan lain-lain. Nantinya konteks jelas ini akan meningkatkan kualitas output undangan email yang kita minta.

Intinya, kita harus membuat perintah yang spesifik agar hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan.

Bagaimana prompt AI bekerja?

Untuk memahami prompt AI secara lebih mendalam, kita juga butuh mempelajari bagaimana cara kerjanya. Bagaimana sebuah tools AI bisa menjalankan perintah yang kita berikan?

Kecerdasan buatan sangat mengandalkan pemrosesan bahasa alami (natural language processing atau NLP) untuk memahami permintaan pengguna sehingga bisa memberikan respon yang tepat. Saat kita menuliskan perintah, sistem akan memecah perintah kita menjadi bagian lebih kecil (fragmen kata) agar lebih mudah dikelola.

Perlu kita pahami juga bahwa setiap model AI dibekali dengan pemahaman dinamis mengenai cara kerja frasa dan kata. Sistem menggunakan pemahaman tata bahasa, konteks, dan diksi untuk menyimpulkan perintah yang pengguna masukkan.

Nah, hal inilah yang kemudian membuat AI mengenali dan mengidentifikasi pola-pola dalam prompt. Contohnya, kita menulis perintah “tuliskan puisi tentang patah hati orang dewasa dengan sudut pandang orang pertama”. Maka, sistem akan menggabung setiap parameter dan frasa untuk menghasilkan puisi yang sesuai permintaan kita.

Berbeda dengan mesin pencari, tools AI tidak membutuhkan kata kunci untuk memberikan output. Cara kerjanya adalah dengan memahami petunjuk dan perintah kita lewat interaksi dan komunikasi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menyusun prompt AI dengan jelas dan spesifik, selayaknya berkomunikasi dengan baik dan benar.

AI Belajarlagi

Untuk belajar mempraktikkan membuat prompt AI, kita bisa memanfaatkan AI Belajarlagi, lho. Tools AI ini menyediakan banyak pilihan model AI dalam satu platform. Jadi, kita tidak perlu memiliki banyak akun AI karena semuanya sudah terpusat dalam satu website saja.

AI Belajarlagi sangat pas buat para pemula seperti saya. Mudah digunakan dengan hasil dari prompt yang juga berkualitas. Untuk informasi cara berlangganan AI Belajarlagi, bisa cek langsung di website, ya!

Baca juga: 10+ Website AI untuk Mengerjakan Tugas Terbaru, Apa Saja?

Cara membuat prompt AI

cara membuat prompt ai

Setelah kita mempelajari definisi dan cara kerjanya, kini waktunya kita menyimak bagaimana sih cara membuat prompt AI yang baik dan benar. Ingat, keterampilan ini terkesan sederhana, namun sebenarnya menjadi penentu hasil yang kita dapatkan saat menggunakan AI!

1. Tentukan tujuan

Perintah yang spesifik dan detail memang pasti membutuhkan banyak elemen. Namun, perhatikan bahwa kita tidak bisa membebankan banyak detail sekaligus hanya ke dalam satu permintaan ke AI. Itu artinya, kita mesti mahir memilah topik-topik apa saja yang ingin kita tuliskan sebagai perintah.

Maka, tentukan satu tujuan jelas dalam setiap memberikan perintah ke AI. Dari banyak detail yang ingin kita utarakan, bagilah menjadi beberapa topik yang spesifik. Kita tuliskan perintah spesifik tersebut satu per satu.

Dengan tujuan yang jelas dan spesifik, AI pun lebih mudah memberikan respon yang relevan. Kita juga masih bisa melanjutkan permintaan lewat percakapan, kok. Setiap output yang AI hasilkan dapat kita tanggapi dengan memberikan perintah makin spesifik pula.

2. Identifikasi kebutuhan audiens

Jika konteksnya kita sedang memerlukan persiapan pembuatan konten kreatif untuk orang lain atau brand, kita mesti paham untuk siapa konten itu dibuat. Seperti apa sih preferensi atau ketertarikan audiens. Dengan kata lain, sangat penting untuk memahami audiens jauh sebelum memanfaatkan tools AI untuk membantu pekerjaan produksi konten.

Kita bisa membuat dan mengembangkan persona audiens secara cermat. Berikan ke AI setiap detail audiens. Mulai dari demografi, pekerjaan, ketertarikan, preferensi, usia, dan lain-lain.

Dari situ, AI akan bisa mengolah perintah kita sehingga menghasilkan output yang sesuai. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memasukkan unsur detail lain seperti gaya, voice, dan tone dalam konten yang ingin kita munculkan.

Saat kita mampu menampilkan kebutuhan audiens secara jelas ke AI, tools tersebut pun akan mengolah permintaan kita secara lebih efektif.

3. Gunakan bahasa yang jelas

Meskipun AI mahir dalam memahami segala jenis gaya bahasa, bahkan yang termasuk bahasa gaul, ada baiknya kita tetap menuliskan prompt dengan bahasa jelas. Biasakan untuk membuat perintah yang mudah dipahami dan tidak akan disalahartikan. Ingat, AI hanya membantu pekerjaan kita dan tetap ada kemungkinan AI bisa salah.

Maka, cara membuat prompt AI yang tak kalah penting adalah menuliskannya dengan tepat dan tidak ambigu. Termasuk jika kita ingin hasil dari prompt-nya dalam bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Perintah yang jelas juga turut memudahkan model AI dalam memahami kita sehingga meminimalisasi salah tafsir permintaan.

Baca Juga: AI Marketing: Tools, Contoh Penggunaan, dan Manfaatnya

4. Masukkan detail

Makin spesifik dan jelas konteksnya, makin baik pula model AI memberikan hasil sesuai keinginan kita. Oleh sebab itu, kita harus menghindari menuliskan perintah yang sifatnya terbuka. Petunjuk dalam permintaan yang kita masukkan mesti mengandung konteks jelas dan menyertakan semua detail seperti yang dicontohkan di poin 2.

Katakanlah kita hendak meminta AI membantu menulis deskripsi suatu produk. Hal-hal detail yang bisa kita masukkan ke permintaan antara lain berapa jumlah katanya, bahan produk seperti apa yang mau ditonjolkan, hingga seperti apa target audiensnya.

Contoh prompt yang bisa kita tuliskan dari kebutuhan di atas tadi:

“Tuliskan deskripsi produk perawatan wajah baru sebanyak 150 kata dengan menonjolkan penggunaan bahan baku alami dan ramah lingkungan selama prosesnya. Deskripsi harus bernuansa santai dan menyenangkan. Target audiensnya adalah generasi milenial yang mulai sadar akan kelestarian lingkungan dan memerlukan perawatan wajah alami.”

5. Berikan contoh output yang diinginkan

Terakhir, penggunaan AI dapat makin efektif ketika kita juga memasukkan contoh konten yang punya format atau elemen kunci yang mirip dengan yang kita inginkan. Dengan begitu, AI menjadi jauh lebih mudah memahami keinginan dan kebutuhan output seperti apa yang kita perlukan.

Jika kita membutuhkan pedoman teknis, masukkan saja contoh pedoman pada template atau bagian sampel prompt AI. Cara seperti ini sangat memungkinkan AI memberikan hasil paling relevan dan berguna untuk kita.

Namun, pastikan juga output dari AI kita cek kembali. Pada umumnya, tidak semua hasil pekerjaan dari AI bisa gunakan mentah-mentah. Akan jauh lebih baik jika kita tetap melakukan proses penyuntingan.

Nah, agar makin mahir menggunakan AI dalam pekerjaan sehari-hari, coba yuk ikut Mini Bootcamp AI Prompting & Automation dari Belajarlagi! Dengan meningkatkan kebutuhan pasar, kita pastinya dituntut untuk makin produktif, bukan? Memanfaatkan AI dapat menjadi solusi agar kita tetap bisa beradaptasi dengan teknologi sehingga kita makin profesional dalam karier.

Di Mini Bootcamp tersebut, kita akan belajar langsung dari para praktisi yang pastinya sudah berpengalaman di bidang AI. Dijamin nggak hanya belajar soal teori, tetapi juga praktik. Untuk informasi selengkapnya, dapat dicek di website Belajarlagi, ya!

Baca Juga: 5 Tips Belajar AI buat Para Pemula, Dari Dasar-Dasarnya Nih!

FAQ

Apakah prompt AI punya jenis yang berbeda-beda?

Ya, terdapat beberapa tipe prompt AI yang biasa digunakan. Misalnya, classification prompt (deskripsi, ulasan, definisi), reasoning prompt (pertanyaan seputar bagaimana, apa, dan mengapa), completion prompt (perintah untuk menyelesaikan kalimat rumpang), creative prompts (pembuatan artikel, puisi, lagu, konten, dan lain-lain), translation prompt (penerjemahan), dan masih banyak lagi.

Apakah prompt AI punya limit alias batas?

Untuk penggunaan yang gratis alias tidak berlangganan, beberapa tools AI memang memberikan batasan dalam membuat prompt AI. Sebaliknya, jika kita memilih berlangganan (berbayar), biasanya ada lebih banyak prompt yang bisa kita maksimalkan. Maka, penting juga untuk mencermati setiap tools AI yang kita gunakan agar bisa lebih efektif membuat prompt.

Apakah cara membuat prompt ini bisa diterapkan di AI Belajarlagi?

Tentu saja! AI Belajarlagi bahkan menyediakan berbagai model AI terkini dalam satu platform saja. Artinya, kamu tidak memerlukan banyak akun dari bermacam-macam AI. Ini jauh lebih hemat dan efisien dalam penggunaannya.

Selain itu, prompt limit dalam AI Belajarlagi dua kali lebih banyak dari pada umumnya. Kita bisa mengeksplorasi dan bereksperimen lebih luas. Hasil dari prompt-nya pun jelas dan pastinya berkualitas. Selama kita menggunakan pedoman membuat prompt yang benar, output dari AI Belajarlagi tidak akan mengecewakan, deh!

#
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Belajarlagi author:

Jessica Dima

Freelance SEO content writer yang 5+ berpengalaman menulis artikel dengan berbagai topik: pekerjaan, gaya hidup, edukasi, dan kesehatan mental. Selain SEO, ia mempunyai passion khusus pada storytelling.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.