15 Cara Menambah Followers Instagram Gratis dan Organik!

Jessica Dima
8 Min Read
Published:
September 9, 2024
Updated:
September 9, 2024

Bagaimana sih cara menambah followers di Instagram secara signifikan, apalagi untuk bisnis? Ya, pengikut Instagram sebuah brand bisa menjadi salah satu indikator yang mencerminkan bagus tidaknya suatu brand. Tidak heran jika kemudian banyak bisnis berlomba untuk menarik hati audiens untuk menambah followers.

Sayangnya, tidak sedikit brand memilih cara instan dengan sengaja “membeli” followers. Cara ini sudah sangat umum dipakai, tetapi tentu saja ada kelemahan. Akun Instagram yang menggunakan langkah ini biasanya tidak mempunyai engagement yang bagus.

Padahal, ada lho cara menambah followers Instagram secara gratis alias organik. Meski hasilnya tidak instan, langkah ini justru paling efektif untuk membangun citra brand dalam jangka panjang. Tim Belajarlagi sudah menyiapkan ulasan lengkapnya khusus untuk bisnismu, simak ya!

Cara menambah followers Instagram

Instagram masih menjadi platform media sosial pilihan bagi para pebisnis untuk mengembangkan brand. Namun, pertumbuhan brand di Instagram memang tidak mudah. Ini bukan cuma perkara algoritma Instagram yang terus berubah, melainkan juga persaingan ketat dengan brand lainnya.

Sebuah bisnis butuh cara lebih kreatif untuk menambah followers Instagram, terutama secara organik. Melansir dari Sprout Social, berikut beberapa langkah yang bisa pebisnis lakukan:

1. Optimasi akun Instagram

Jauh sebelum menggaet lebih banyak followers, sebuah brand mesti mempertimbangkan untuk mengatur profil bisnis terlebih dahulu. Ini sebenarnya langkah sederhana, tetapi justru kerap dilupakan.

Coba siapkan hal-hal ini ketika hendak membuat profil:

  • Bio Instagram (termasuk di dalamnya tagline, slogan, atau hashtag tertentu)
  • Profile picture
  • Bio link

Secara umum, profil bisnis dapat menggambarkan identitas brand di Instagram. Membangun followers yang berkualitas harus diimbangi dengan username yang search-friendly, profile picture yang profesional, dan ke tautan (link) seperti apa audiens akan diarahkan.

2. Buat content calendar

Salah satu elemen terpenting dalam Instagram adalah konten. Ya, konten inilah yang nantinya akan menentukan tertarik atau tidaknya target audiens di akun Instagram sebuah brand.

Memberikan konten sekaligus value adalah hal penting untuk menjaga dan menambah audiens. Brand harus konsisten dalam memproduksi konten, baik dari segi kualitas maupun jam tayang kontennya. Maka, membuat content calendar merupakan langkah terbaik dalam menjaga konsistensi tersebut.

Intinya, jangan biarkan tidak mengunggah apa pun dalam waktu yang lama. Brand harus terus hadir bagi audiens dengan konten-konten terbaik.

3. Jadwalkan unggahan Instagram

Sebagus apa pun bentuk kontennya, akan sia-sia jika tidak mengunggahnya secara teratur. Oleh sebab itu, jam tayang konten pun mesti diperhatikan. Tidak harus selalu sama, tetapi setidaknya mesti teratur.

Menjadwalkan unggahan Instagram adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Pebisnis bisa memanfaatkan tools tertentu untuk membantu mengunggah konten secara lebih rapi dan terjadwal. Misalnya, Hootsuite, Buffer, Onlypult, dan lain-lain.

4. Libatkan pelanggan dan partner bisnis

Salah satu cara menambah followers Instagram adalah dengan melibatkan pelanggan dan partner bisnis. Manfaatkan fitur kolaborasi di Instagram untuk mengunggah konten bersama dengan partner bisnis. Atau bisa juga unggah ulang foto atau video dari followers.

Campaign menggunakan user generated content membuktikkan bahwa value suatu brand begitu berharga bagi pengikut. Ini cukup ampuh untuk menjangkau audiens-audiens baru untuk nantinya menjadi followers.

5. Hindari followers dengan fake account

Hati-hati, bedakan antara real followers dan fake account. Sebisa mungkin rutin mengecek penambahan followers dan sesekali cek akun-akun yang ada. Sering kali ada fake account yang ikut menjadi followers dan itu bisa menjadi masalah, apalagi jika jumlahnya banyak.

Fake account dapat memberi dampak negatif ke Instagram bisnis:

  • Membingungkan calon real followers yang hendak mem-follow. Terlalu banyak fake account justru membuat kredibilitas brand dipertanyakan.
  • Tidak memberikan dampak signifikan ke perkembangan Instagram suatu brand.
  • Tidak ikut terlibat ke dalam setiap unggahan brand. Itu artinya, tidak ada pengaruh ke meningkatnya engagement.

Meski berupaya menambah followers secara organik, potensi adanya fake account tetap ada. Jadi, sebuah bisnis hendaknya juga mengecek siapa saja pengikut yang sudah ada. Terutama jika penambahannya besar sekali dalam waktu singkat.

Mungkin tidak semua bisnis punya kapasitas untuk mengelola Instagram secara organik. Buat kamu yang tengah menjalankan bisnis dan butuh belajar banyak seputar media sosial, yuk ikutan Social Media Organic Bootcamp dari Belajarlagi!

bootcamp social media specialist

Dengan program intensif selama lima pekan, kamu akan belajar serba-serbi media sosial mulai dari dasar hingga praktik. Nantinya ini akan jadi bekal untuk menambah followers dan mengembangkan bisnismu secara signifikan.

Gimana, nih? Tertarik untuk ikut kelasnya? Langsung saja meluncur ke website Belajarlagi untuk informasi lebih lengkap beserta pendaftaran kelasnya, ya!

6. Membagikan Instagram ke banyak media

Sebuah bisnis perlu menunjukkan eksistensinya di Instagram dengan memanfaatkan media lainnya. Promosikan Instagram sesering mungkin, baik itu oleh pebisnis, karyawan, ataupun meletakkannya di website.

Beberapa ide untuk mempromosikan akun Instagram brand antara lain:

  • Memberikan ikon media sosial Instagram ke dalam email dan website. Ini akan mendorong audiens untuk melakukan kunjungan ke Instagram, lho.
  • Menampilkan unggahan Instagram ke website atau halaman produk. Orang yang mengunjungi website pasti akan tertarik ketika melihat beberapa unggahan yang ada.
  • Bagikan Instagram di channel media sosial lainnya. Misalnya, sebutkan akun Instagram pada produksi konten di YouTube.

Baca juga: Strategi Mengelola Media Sosial yang Efektif

7. Unggah konten yang relevan dengan followers

Konten Instagram bentuknya bisa beragam: foto, carousel, hingga reels. Untuk menarik perhatian lebih banyak audiens, sebuah brand mesti paham dulu konten seperti apa yang paling relevan dengan pengikut.

Dalam hal ini, tentu membutuhkan analisis pada setiap konten yang dibuat. Tipe konten mana yang lebih banyak mendapatkan atensi dan interaksi. Topik seperti apa yang lebih dekat dengan kebutuhan followers.

Pada akhirnya, content is the king. Tanpa konten yang relevan dan bermanfaat, mustahil sebuah akun bisnis Instagram dapat menambah jumlah pengikut.

Baca Juga: Strategi Konten Media Sosial: 15 Jenis Konten dan Tujuannya‍

8. Balas komentar followers

cara menaikkan followers instagram dengan membalas komentar followers

Cara efektif untuk menambah followers di Instagram adalah aktif berinteraksi dengan audiens. Salah satunya dengan membalas setiap komentar yang masuk ke unggahan. Begitu juga dengan rutin membalas DM dari followers.

Ketika brand selalu merespon komentar yang masuk, otomatis engagement di Instagram pun akan ikut meningkat. Jangkauan dari setiap unggahan pun dapat menjadi lebih luas sehingga besar kemungkinan akan ada followers baru berdatangan.

Maka, brand mesti aktif membangun interaksi dengan para audiens. Hal tersebut juga bisa mendorong loyalitas pelanggan ke brand, lho.

9. Riset hashtag

Penggunaan hashtag pada unggahan Instagram punya peran cukup penting. Dengan hashtag yang tepat, ada kemungkinan satu unggahan mampu menjangkau audiens lebih luas.

Oleh sebab itu, brand mesti melakukan riset hashtag juga sebelum mengunggah sebuah konten. Namun, patut dipertimbangkan juga agar tidak terlalu banyak menggunakan hashtag. Instagram dapat mendeteksinya sebagai spam dan malah tidak menjangkau audiens tertarget.

10. Senangkan followers lewat konten

Menyenangkan followers Instagram adalah kunci untuk menarik pengikut lebih banyak. Ketika followers baru sudah berdatangan, brand harus memastikan mereka bertahan. Caranya adalah dengan memberikan konten yang pas untuk mereka.

Konten yang menunjukkan ciri khas brand dan menonjolkan value tertentu dapat menjadi nilai tambah bagi followers. Contoh konten menarik antara lain:

  • Konten edukasi yang menginspirasi
  • Konten lucu
  • Membagikan ulang user generated content
  • Konten di balik layar (behind the scene)

Pertimbangkan mengunggah konten-konten yang menyenangkan bagi followers. Ini biasanya efektif juga untuk mendatangkan pengikut baru.

11. Gunakan geo-tagging

Menambahkan geo-tagging dalam unggahan bisa menjadi cara menambah followers Instagram secara lokal. Itu artinya, besar kemungkinan audiens yang berada di dekat area geo-tagging akan menemukan unggahan tersebut.

Jika konten yang diunggah menarik, ada potensi audiens lokal akan meninggalkan likes di unggahan. Bahkan, bisa pula langsung melihat profil brand dan mengikuti Instagramnya.

12. Manfaatkan video durasi pendek

Data dari Sprout menunjukkan bahwa saat ini audiens lebih suka melihat video pendek daripada konten berbentuk carousel. Itu artinya, konten berbentuk reels harus masuk ke dalam content calendar.

Jangkauan dari reels sendiri biasanya memang lebih luas, apalagi jika video pendek yang ditampilkan menarik. Makin banyak audiens yang membagi reels tersebut, makin besar potensi followers baru hadir.

13. Bekerja sama dengan influencer

Langkah ini cukup banyak dilakukan oleh brand. Ya, bekerja sama dengan influencer sebagai strategi influencer marketing memang berpeluang memberikan lebih banyak pengikut baru. Tugas dari brand adalah menentukan influencer mana yang paling tepat dengan value brand.

Influencer dengan jutaan pengikut tidak bisa menjadi jaminan memberikan hasil yang bagus. Kuncinya bukan pada jumlah pengikut influencer, melainkan bagaimana kualitas para pengikutnya. Hindari bekerja sama dengan influencer yang bahkan tidak sejalan dan sevisi dengan brand.

14. Atur story penting ke highlights

Highlight merupakan kumpulan story lama yang terkurasi berdasarkan tema atau topik tertentu. Mengatur story penting ke dalam highlight dapat menjadi nilai tambah brand dalam menarik audiens baru.

Melalui highlight, audiens baru dapat memperoleh gambaran cukup tentang brand tersebut. Misalnya, produk, cerita di balik brand, ulasan, dan lain-lain. Ketika highlight yang brand tampilkan menarik, besar kemungkinan ini dapat menambah followers baru.

15. Lakukan live Instagram

Live Instagram dapat menjadi peluang bagi brand untuk berinteraksi langsung dengan audiens, baik itu pengikut maupun di luar pengikut. Ini akan menumbuhkan kebersamaan yang hangat antara audiens dan brand.

Bahan untuk Live Instagram bisa beragam, mulai dari rilis produk baru, tutorial, sesi Q&A, obrolan dengan topik tertentu, dan lain-lain. Kedekatan dengan brand lewat Live Instagram dapat menjadi umpan bagi audiens baru untuk menjadi followers baru.

Baca juga: 10+ Cara Menaikkan Engagement Instagram (Ter-Update 2024)

Tips mempertahankan followers

tips mempertahankan followers

Katakanlah brand sudah menemukan cara menambah followers Instagram secara organik dan memberikan hasil signifikan. Tugas selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan followers yang sudah ada.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Tetap aktif berinteraksi dengan pengikut untuk meningkatkan engagement
  • Konsisten memberikan konten yang berharga, relevan, dan edukatif bagi pengikut
  • Tunjukkan kehidupan cerita-cerita di balik layar brand, misalnya proses produksi, karyawan, filosofi brand, dan lain-lain
  • Ikuti tren Instagram dan topik-topik yang sedang banyak dibicarakan serta tetap relevan dengan brand
  • Rutin menganalisis Instagram dan melakukan perbaikan serta pembaharuan strategi

Baca Juga: Contoh Content Marketing Menarik, Bisa buat Inspirasimu Nih!

Itulah tadi beberapa cara untuk menambah followers Instagram secara organik dan pastinya gratis. Semoga bisa bermanfaat untuk mengembangkan Instagram bisnismu, ya!

#
Social Media
Belajarlagi author:

Jessica Dima

Freelance SEO content writer yang 5+ berpengalaman menulis artikel dengan berbagai topik: pekerjaan, gaya hidup, edukasi, dan kesehatan mental. Selain SEO, ia mempunyai passion khusus pada storytelling.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.