Cara Menggunakan ChatGPT lewat Laptop dan Ponsel, Simak Ya!

Jessica Dima
8 Min Read
Published:
September 27, 2024
Updated:
September 27, 2024

Bagaimana sih cara menggunakan ChatGPT dengan tepat? Kita tentu sudah tidak asing dengan tools yang satu ini. Bisa dikatakan, ChatGPT merupakan perangkat kecerdasan buatan yang paling sering orang-orang pakai.

Secara umum, ChatGPT memang bisa mempermudah berbagai pekerjaan manusia. Kita cukup menuliskan prompt alias perintah ke ChatGPT, kemudian tools tersebut akan memberikan jawaban dalam waktu singkat. Maka, perangkat ini sangat berguna untuk membantu mencari ide, mengelola ide, hingga menulis konten ataupun artikel.

Kali ini Tim Belajarlagi sudah merangkum ulasan singkat mengenai bagaimana cara menggunakan ChatGPT melalui laptop maupun ponsel. Tidak lupa ada rangkuman mengenai definisi dan cara kerjanya juga. Agar makin mahir pakai ChatGPT, yuk kita simak penjelasannya ini!

Definisi ChatGPT dan cara kerjanya

Menurut Semrush, ChatGPT merupakan alat natural language processing (NLP). ChatGPT menjadi bagian dari artificial intelligence sekaligus teknologi machine learning yang bertugas memberikan respon terhadap input teks yang pengguna ketikkan.

Sederhananya, kita bisa memperoleh akses ke chatbot cerdas yang nantinya memberikan solusi pada setiap permintaan atau pertanyaan kita. Kita dapat meminta ChatGPT untuk:

  • Menjawab pertanyaan
  • Membuat konten atau karya
  • Terlibat dalam percakapan canggih
  • Mengeksplorasi ide
  • Dan lain-lain

Perusahaan OpenAI menciptakan ChatGPT yang mengacu pada alat berbasis obrolan dengan penggunaan teknologi Generative Pre-trained Transformer. OpenAI merilis versi terbaru GPT-4 pada Maret 2023 lalu. Kita sendiri bisa menggunakan ChatGPT secara gratis pada versi GPT-3 atau GPT-3.5.

Lalu, bagaimana cara kerja dari ChatGPT? ChatGPT bekerja dengan memahami teks yang kita input dan menghasilkan teks dinamis sebagai responnya. ChatGPT bisa melakukan ini karena tools tesebut juga merupakan large language model (LLM).

Pada dasarnya, ChatGPT adalah program komputer canggih yang dapat memahami sekaligus menghasilkan bahasa alami. Dalam proses pembuatannya, para kreator ChatGPT menggunakan machine learning agar tools tersebut mampu mengerjakan hal-hal yang hanya bisa dilakukan oleh otak manusia.

ChatGPT dapat mengenal pola dalam kata-kata, mengikuti contoh, hingga akhirnya membuat respon tepat bagi pengguna. Hebat ya ChatGPT ini!

Baca Juga: Cara Membuat Prompt AI agar Perintahmu Jelas dan Spesifik

Benefit dan limit ChatGPT

Sebelum membahas cara menggunakan ChatGPT, mari kita pelajari dulu apa saja sih manfaat dari perangkat AI ini. Menurut Tech Target, benefit dari ChatGPT antara lain:

  • Efisiensi. ChatGPT mampu membantu melakukan tugas yang sifatnya berulang sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja. Kita pun bisa lebih fokus ke tugas lain yang lebih penting.
  • Hemat biaya. Selain memberi keuntungan pada waktu, penggunaan ChatGPT juga lebih hemat. Apalagi yang versi gratis pun sudah sangat membantu kita.
  • Waktu merespon lebih baik. Sebagai chatbot, ChatGPT mampu memberikan tanggapan instan. Kita tak perlu menunggu waktu lama setelah memasukkan input. Hasil dari prompt pun cukup memuaskan.
  • Skalabilitas. ChatGPT dapat menangani banyak pengguna secara bersamaan. Ini sangat bermanfaat saat kita menggunakan aplikasi dengan keterlibatan pengguna tinggi.
  • Pemahaman bahasa alami. ChatGPT memahami dan menghasilkan teks mirip manusia sehingga mampu pula terlibat dalam percakapan, menjawab pertanyaan, hingga memberi penjelasan yang cukup kompleks.

Namun, ChatGPT pun juga punya sifat terbatas. Meski digadang-gadang mampu menggantikan pekerjaan manusia, bukan berarti ChatGPT 100% bersifat selayaknya manusia. Tetap saja ada kemungkinan akurasi dari ChatGPT ini tidak tepat.

Beberapa limit atau batasan dari ChatGPT antara lain:

  • Tidak bisa sepenuhnya memahami kompleksitas bahasa manusia. ChatGPT dirancang memberikan tanggapan sesuai input yang kita masukkan. Itu artinya, respon yang diberikan bisa saja sering kali dangkal atau kurang mendalam, tergantung bagaimana kita menyusun prompt.
  • Mampu merangkum, tetapi tidak mengutip sumbernya. ChatGPT belum mampu sepenuhnya memberikan wawasan atau analisis dengan menyertakan sumbernya. Bisa saja ChatGPT mencantumkan statistik, tetapi tidak ada komentar nyata mengenai relevansi angka dengan topik.
  • Respon yang dihasilkan masih memerlukan penyuntingan. Tentu saja kita tidak bisa sepenuhnya bergantung pada pekerjaan dari ChatGPT. Pada akhirnya, sentuhan akhir manusia alias penyuntingan tetap dibutuhkan untuk menyempurnakan pekerjaan ChatGPT.

Dari penjelasan tersebut, kita makin bahwa ChatGPT memang membantu tugas-tugas kita dalam berbagai sektor pekerjaan. Namun, kita juga mesti bijak dalam menggunakannya. Pahami bahwa ChatGPT juga terbatas dan tidak selalu benar.

Nah, untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan tentang AI, kita bisa lho ikut Mini Bootcamp AI Prompting & Automation dari Belajarlagi. Di kelas tersebut, kita akan belajar mengenai ChatGPT mulai dari dasar-dasar hingga praktiknya. Kurikulumnya cukup lengkap dan pastinya dengan instruktur yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Yang tidak kalah penting adalah memahami bagaimana cara membuat prompt yang tepat dan efektif. Skill kita dalam menggunakan ChatGPT dijamin meningkat deh setelah ikut kelas ini. Coba cek informasi selengkapnya di website Belajarlagi, ya!

Baca juga: 10 Contoh Machine Learning di Kehidupan Sehari-hari (New)

Cara menggunakan ChatGPT di laptop

cara menggunakan chatgpt di laptop

Bagi kita yang terbiasa menggunakan laptop untuk bekerja sehari-hari, memang paling nyaman mengakses ChatGPT lewat perangkat tersebut. Berikut beberapa cara menggunakan ChatGPT melalui laptop:

  1. Akses situs ChatGPT dari OpenAI di https://chat.openai.com/
  2. Setelah itu, kita bisa login ataupun sign up menggunakan akun Google.
  3. Pada kolom “Message ChatGPT”, ketik prompt atau teks perintah yang kita inginkan. Misalnya berupa pertanyaan, permintaan, dan lain-lain
tampilan chatgpt

4. Pastikan prompt yang kita tuliskan itu jelas dan spesifik. Hindari penulisan prompt yang terlalu umum karena nanti akan sangat berpengaruh pada hasil yang diberikan. Contoh prompt yang cukup spesifik adalah seperti ini:

memasukkan prompt pada chatgpt

5. Setelah mengetik prompt, klik “Enter” pada laptop.

6. Tunggu beberapa saat sampai ChatGPT memberikan jawaban atau tanggapan.

7. Ini contoh respon atau tanggapan dari ChatGPT terhadap suatu prompt:

respon prompt

8. Jika kita merasa ingin mengetahui lebih banyak lagi, kita bisa kembali menuliskan prompt pada kolom chat.

memasukkan prompt

9. ChatGPT pun akan kembali memberikan jawaban sesuai permintaan kita:

prompt chatgpt

10. Kita kemudian dapat menuliskan artikel sesuai dengan jawaban dari ChatGPT tadi. Namun, ingat untuk tidak sekadar copy paste. Pastikan kita sunting kembali tulisan tersebut. Jika perlu, lakukan pengecekan mandiri terhadap beberapa sumber agar tulisan kita benar-benar valid.

Baca juga: 10+ Website AI untuk Memudahkan Pekerjaan (Ter-Update)

Cara menggunakan ChatGPT di ponsel

cara menggunakan chatgpt di ponsel

Ada kalanya kalanya kita bekerja tanpa menggunakan laptop. Dalam kondisi tersebut, perangkat praktis yang paling mungkin kita gunakan adalah ponsel. Nah, ChatGPT pun bisa kita akses lewat ponsel, kok. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi ChatGPT, bisa lewat Apps Store (iPhone) ataupun Google Play Store (Android).
  2. Pilih opsi untuk mendaftar, bisa menggunakan akun Google ataupun Apple ID.
  3. Isi kelengkapan data yang diminta.
  4. Lakukan verifikasi menggunakan nomor ponsel.
  5. Setelah verifikasi selesai, kita bisa menggunakan ChatGPT untuk keperluan kita.
  6. Langkah-langkahnya sama persis dengan cara melalui laptop. Kita hanya perlu menuliskan prompt pada kolom chat.
  7. ChatGPT akan merespon dengan jawaban sesuai perintah kita. Selanjutnya, kita bisa melanjutkan percakapan dengan chatbot jika memang diperlukan.

Cara menggunakan ChatGPT lewat ponsel ini cocok untuk kita yang banyak bekerja tanpa menggunakan laptop. Bisa juga untuk mendapatkan informasi tertentu di luar jam kerja. Intinya, menggunakan ChatGPT melalui ponsel jelas menawarkan kepraktisan dan kemudahan untuk kita.

ChatGPT merupakan salah satu contoh tools AI yang bisa kita gunakan dalam bekerja. Selain ChatGPT, masih ada perangkat AI lainnya, lho. Masing-masing perangkat AI tersebut pun berbeda-beda fungsinya, tergantung kebutuhan kerja kita seperti apa.

Lalu, haruskah kita mempunyai banyak akun AI? Ya, itu bisa menjadi opsi. Namun, bayangkan betapa repotnya ketika harus mengelola lebih dari satu akun AI. Ada nggak sih AI yang all-in-one alias menyediakan banyak pilihan AI hanya dalam satu platform?

Jawabannya tentu saja ada! AI Belajarlagi dapat menjadi solusi buat kita yang membutuhkan lebih dari satu tools AI untuk membantu pekerjaan. Uniknya, AI Belajarlagi menyediakan beragam pilihan model AI dan pastinya terpusat di satu platform saja. Pokoknya anti ribet, deh!

Sebagai pemula, saya merasa sangat terbantu dengan adanya AI Belajarlagi ini. Penggunaannya mudah dengan hasil prompt yang berkualitas. Dari segi harga, biaya langganannya masih terjangkau, kok.

Coba cek info selengkapnya mengenai fitur serta langganannya di website Belajarlagi. Yuk, makin cerdas dan produktif kerja bersama AI Belajarlagi!

FAQ

Apakah ChatGPT gratis?

ChatGPT bisa kita akses secara gratis dan berbayar. Untuk memperoleh respon lebih cepat, kita butuh berlangganan ke GPT-4. ChatGPT Plus juga memberikan akses prioritas ke fitur baru. Biaya langganannya sekitar $20 per bulan.

Jika memilih tidak berlangganan, kita punya keterbatasan dalam mengakses ChatGPT. Misalnya, prompt yang kita tulis pun ada batasannya. Berbeda dengan versi berbayar yang bebas menuliskan prompt lebih banyak.

Pilihan gratis atau tidak tergantung bagaimana kebutuhan kita. Andai mengakses ChatGPT secara gratis pun sudah cukup membantu, kita tidak perlu berlangganan.

ChatGPT bisa dimanfaatkan untuk jenis pekerjaan apa saja?

Penggunaan ChatGPT pada dasarnya bisa untuk memudahkan banyak pekerjaan di berbagai sektor.  Beberapa hal terkait digital marketing yang bisa menggunakan ChatGPT antara lain:

  • Penulisan email
  • Takarir untuk media sosial
  • Penulisan artikel
  • Eksplorasi ide untuk kata kunci artikel
  • Transcript untuk video
  • Riset bahan untuk konten seperti video, blog, dan lain-lain
  • Penulisan deskripsi produk
  • Riset marketing untuk produk
  • Penerjemahan teks

Bagaimana tips agar bisa menuliskan prompt secara tepat?

Penulisan prompt menjadi kunci penting untuk menghasilkan output ChatGPT yang berkualitas. Oleh sebab itu, kita mesti menyiapkan prompt secara jelas dan spesifik. Makin spesifik permintaan kita, ChatGPT makin mudah memahami dan memberikan hasil yang baik.

Beberapa tips yang bisa kita ikuti:

  • Tentukan dulu tujuan dengan jelas. Hindari menuliskan banyak detail ke dalam satu prompt dan pilahlah menjadi topik-topik tertentu ke dalam satu prompt.
  • Gunakan bahasa yang jelas. Biasakan tulis perintah yang mudah dipahami, bukan disalahartikan. Hindari penggunaan bahasa atau frasa yang ambigu karena bisa jadi nanti hasilnya tidak sesuai keinginan kita.
  • Masukkan detail. Kunci dari spesifik adalah memberikan detail sejelas mungkin. Misalnya, “artikel 1500 kata”, “tonjolkan keunggulan produk dari bahan alami”, dan lain-lain.
  • Berikan contoh output. Selain memahami perintah kita, ChatGPT pun dapat bekerja melalui contoh yang kita berikan. Dari situ, ChatGPT lebih punya gambaran mengenai perintah yang kita tuliskan.

#
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Belajarlagi author:

Jessica Dima

Freelance SEO content writer yang 5+ berpengalaman menulis artikel dengan berbagai topik: pekerjaan, gaya hidup, edukasi, dan kesehatan mental. Selain SEO, ia mempunyai passion khusus pada storytelling.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.