10+ Keyword Tools Gratis dan Berbayar, SEO Specialist Harus Tahu!

Ayu Novia
8 Min Read
Published:
July 26, 2024
Updated:
July 26, 2024

Teman Belajar, setelah memahami arti keyword hingga mengetahui jenis long-tail keywords, sekarang mengetahui keyword tools adalah aspek penting dalam teknis Search Engine Optimization (SEO). Keyword yang baik tidak hanya sesuai dengan kebutuhan user, tetapi juga punya performa yang baik dalam membantu optimasi suatu konten. Beruntungnya, saat ini sudah banyak tools yang memudahkan riset keyword.

Tim Belajarlagi akan memandu kamu untuk mengetahui berbagai rekomendasi tools untuk keyword research. Dilengkapi dengan informasi tools yang bisa diakses gratis maupun berbayar. Baca selengkapnya melalui artikel di bawah ini!

Manfaat Menggunakan Keyword Tools

Dengan mengaplikasikan keyword yang tepat, kamu berupaya menentukan performa konten. Kamu perlu tahu berbagai manfaat yang bisa terjadi lewat riset keyword secara maksimal sebagai strategi SEO, antara lain:

Paket all-in-one untuk tingkatkan performa SEO organik

Selain berfungsi menyediakan keyword, ratusan tools sudah dilengkapi manfaat yang beragam. Tools-tools ini juga dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan berikut:

  • Memperoleh insight mengenai tren terbaru keyword
  • Daftar longtail keyword yang selaras dengan konten
  • Hasil rekomendasi keyword yang real-time untuk menjaga keakuratan metriks

Coba bayangkan bila pengumpulan keyword kamu lakukan secara manual, tentu akan kurang tepat dengan kinerjanya saat ini. Tools yang baik akan memfasilitasi segala hal yang berhubungan dengan riset keyword.

Output konten lebih relevan dan kompetitif

Konten yang dioptimasi cenderung layak berkompetisi di industri. Tools untuk keyword research akan memudahkan kamu untuk bersaing dengan kompetitor.

Umumnya, keyword tools menyediakan data terkini mengenai keyword yang dipakai hingga insight konten mereka. Hasil analisisnya secara otomatis membantumu menentukan alternatif keyword terbaik untuk memindahkan posisi kontenmu menjadi yang teratas.

Temukan keyword dengan value tinggi secara cepat

Tools untuk keyword research sudah diprogram untuk menggali potensi kata kunci secara lebih mendalam. Tujuannya menemukan keyword yang memungkinkan untuk konversi menuju website milikmu.

Long Tail keyword adalah salah satunya. Sifatnya high-value karena dinilai lebih spesifik dan punya kemungkinan besar dicari oleh audiens. 

Daftar longtail keyword punya padanan kata yang spesifik dan unik dipakai oleh website. Sekalinya konten dengan long tail keyword banyak dicari audiens, ranking konten tersebut otomatis ikut naik.

Peluang menargetkan konten sesuai lokasi

Salah satu faktor penting yang menentukan potensi keyword adalah lokasi audiens. Tools yang kamu pakai akan menyaring dan merekomendasikan sesuai daerah asal atau wilayah yang ingin ditargetkan.

Bahkan, kelebihan ini bisa diaplikasikan ketika kamu membuat website untuk dua lokasi yang berbeda. Misalnya, ketika kamu menawarkan produk atau jasa ke konsumen yang berbasis di Indonesia dan Singapura.

Baca juga: 14 Rekomendasi Tools SEO Gratis dan Berbayar (Terbaru 2024)

Daftar Keyword Tools Gratis

keyword tools Google keyword planner

1. Google Keyword Planner

Google punya beberapa tools sebagai shortcut untuk melakukan riset keyword. Salah satunya adalah Google Keyword Planner yang cocok untuk pemula. Cukup input satu atau lebih keyword, bahkan nama website kamu ke dalam tools ini.

Google akan menyajikan daftar related keyword dan metriks sederhana untuk memberi gambaran kompetisi keyword yang terjadi. Selain itu, muncul hasil analisis jumlah pencarian di lingkup lokal maupun internasional. 

Kelebihan:

  • Tidak berbayar
  • Terintegrasi langsung dengan Google Ads
  • Menyediakan data real-time dari Google

Kekurangan:

  • Harus login akun Google Ads terlebih dahulu
  • Fiturnya terbatas dan kurang advanced

2. Google Trends

Tools lainnya yang diluncurkan oleh Google adalah Google Trends. Kamu dapat melakukan filtering berdasarkan lokasi, riwayat pencarian, serta kategori. Hasil pencarian sudah termasuk informasi web interest, asal traffic, hingga similar keyword.

Google Trends menyajikan data dalam bentuk grafik interaktif dan bisa dicustom. Bahkan, kamu bisa mengunduh hasilnya dan mencantumkannya di website. Insight yang keluar lebih dinamis karena sudah mencakup popularitas search term dari jangka waktu tertentu.

Kelebihan:

  • Insight real-time
  • Database riwayat pencarian yang bisa diperluas
  • Bisa bandingkan dua atau lebih keyword secara regional

Kekurangan:

  • Tidak ada keyword metrics
  • Tidak bisa menyimpan rekap keyword secara otomatis

3. Keyword Tool

Walau terbatas, keyword tools ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan rekomendasi long tail keyword. Bahkan, kamu tidak perlu repot membuat akun untuk menggunakannya terus menerus.

Cara kerjanya didukung oleh Google Autocomplete berdasarkan beberapa faktor, misalnya seberapa sering user mencari kata kunci tertentu di masa lalu. Sebagai Blogger atau SEO Specialist, tools ini juga berperan menentukan judul konten terbaik dan sering dicari secara digital.

Kelebihan:

  • Menawarkan insight data untuk berbagai platform
  • Terintegrasi dengan sistem Google

Kekurangan:

  • Tidak ada competitor analysis
  • Tren, search volume, CPC, dan data kompetisi hanya tersedia di versi Pro

4. Google Search Console

Tools gratis terbaik untuk monitoring performa suatu keyword. Website keluaran Google ini bisa diakses gratis dan diperuntukan para pemilik website. Beberapa fasilitas yang tersedia sudah termasuk tools dan report untuk optimasi performa website maupun kontennya.

Google Search Console juga menawarkan search traffic, indexing, site errors, serta security issues yang terjadi. Tujuannya untuk memperbaiki online presence dan memberikan insight mengenai potensi masalah visibilitas  yang bisa terjadi.

Kelebihan:

  • Menampilkan peluang keyword yang potensial berdasarkan performa website
  • Search performance cukup lengkap, terdiri dari impression, CTR, dan sebagainya

Kekurangan:

  • Tidak ada data metriks keyword kecuali disambungkan dengan tools lainnya
  • Cek performa hanya terbatas pada website yang kamu miliki

5. Soovle

Merupakan tools yang bisa dikustomisasi dan menyediakan ide-ide keyword dari berbagai search engine. Terasa simpel dan mudah digunakan untuk membantumu menjangkau lebih banyak keyword.

Soovle akan merekomendasikan keyword yang berasal dari beragam sumber, seperti YouTube, Google, Bing, Amazon, Yahoo, dan lain-lain. Terasa menyenangkan karena bisa diakses kapan saja secara gratis.

Kelebihan:

  • Customizable
  • Perolehan keyword diambil dari sumber beragam

Kekurangan:

  • Tidak memfasilitasi search volume atau insight kompetitor
  • Fiturnya cenderung terbatas bila dibandingkan tools lainnya

6. Answer The Public

Answer the Public ini memvisualisasikan pertanyaan yang dicari user kemudian menyajikan kompilasi hasil dalam bentuk search cloud. Fungsinya menemukan long tail keyword sekaligus memahami tujuan user dalam menggunakan search engine.

Dengan kegunaan tersebut, tools ini layak direkomendasikan untuk kamu yang sedang mengembangkan strategi konten berkualitas. Penyajian datanya berasal dari autocomplete Google, YouTube, dan Bing.

Kelebihan:

  • Cocok untuk riset keyword yang berbasis pertanyaan
  • Visualisasi mudah dipahami
  • Menganalisis keyword dari search volume bulanan dan metriks CPC

Kekurangan:

  • Jika tidak berlangganan, pencarian dibatasi setiap harinya
  • Tidak ada indikator scoring keyword difficulty

7. Mangools

Platform all-in-one Mangools yang menghadirkan tools untuk riset keyword sekaligus merencanakan campaign SEO. KWFinder merupakan tools Mangools yang melampirkan kumpulan long tail keyword dengan low difficulty.

Selain keyword, kamu akan mendapatkan rekap estimasi monthly search volume, average CPC, rata-rata kompetisi di PPC, dan keyword difficulty. Ada juga SERPChecker yang menganalisis keyword dan menyediakan metrics untuk situs top ranking.

Kelebihan:

  • Pencarian cukup dilakukan dengan keyword atau domain
  • Punya lima tools lengkap yang bisa diakses: KWFinder, SERPChecker, SERPWatcher, SiteProfiler, dan LinkMiner)
  • Layanan upgrade berbayar cukup terjangkau

Kekurangan:

  • Tidak ada metriks search intent
  • Pencarian keyword per hari dibatasi

Baca juga: Apa Itu SEO YouTube? Panduan dan Cara Kerja 2024

Daftar Keyword Tools Berbayar

keyword tools ahrefs

1. SE Ranking

Keyword tools SE Ranking mempunyai database yang cukup besar di pasar SEO. Beberapa fitur yang sangat bermanfaat adalah research tool, competitive research tool, keyword grouper, dan rank tracker. Hanya sekali klik, kamu berhak mendapatkan informasi lengkap dari suatu keyword.

Selain itu, hasil riset kompetitor biasanya dihimpun dalam bentuk report. Setelah menerima rekap keyword, keyword grouper berfungsi untuk mengkategorikan keyword berdasarkan hasil kemiripan SERP. Beberapa tools optimasi lainnya berupa on-page SEO checker, backlink-building, site auditor, dan lain-lain.

Kelebihan:

  • Sudah termasuk metriks keyword untuk berbagai kebutuhan
  • Akses menuju fitur lengkap di satu tools besar
  • Database keyword sangat besar

Kekurangan

  • Tidak ada Chrome extension
  • Learning curve cukup panjang

2. Semrush

Semrush adalah salah satu tools favorit dari para profesional di dunia SEO. Ada 40 fitur dan tools andalan dalam satu tempat, sedangkan enam diantaranya berfungsi untuk riset keyword. Keyword Magic Tool membuka pintu database terbesar di dunia.

Ada juga Keyword Gap yang akan menemukan dan memberikan solusi terhadap celah potensial dari strategi keyword. Fitur ini akan membandingkan website kamu dengan empat kompetitor lainnya. Keyword Manager dari Semrush juga mengkategorikan kata kunci kedalam kelompok secara otomatis.

Kelebihan:

  • Mencakup seluruh metriks keyword dengan database dari seluruh dunia
  • Cocok dipakai untuk mencari ranking keyword kompetitor

Kekurangan:

  • Paket berlangganan Semrush cukup mahal
  • User interface cenderung berantakan karena terlalu banyak tools dalam satu dashboard

Baca juga: Rekomendasi 18 Tools Google dan Berbagai Fungsinya, Wajib Disimak!

3. Serpstat

Memiliki fitur keyword research untuk memaparkan situasi search volume dan kompetisi keyword yang terjadi. Kamu juga memperoleh data mengenai perubahan keyword yang diminati dari waktu ke waktu.

Serpstat juga mendukung optimasi website atau konten dengan menampilkan daftar related keyword, baik organik maupun berbayar. Fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan adalah backlink analysis, site audit, domain analysis, dan AI content generator.

Kelebihan:

  • Menghasilkan ribuan ide keyword dalam hitungan detik
  • Analisis beberapa keyword di satu waktu
  • Memperlihatkan metriks keyword dan riwayat trend

Kekurangan:

  • Pemakaian harian dibatasi
  • Terlalu banyak fitur yang mudah membingungkan pengguna baru

4. Ahrefs

Dikenal sebagai keyword tools yang populer. Ahrefs dirancang khusus untuk meningkatkan visibilitas search engine dan mengoptimalkan marketing. Para profesional biasanya memakai Ahrefs untuk mengumpulkan insight dan menganalisis strategi online yang tepat.

Fiturnya komprehensif karena dilengkapi dengan backlink analysis dan site audit. Sebagai pemilik website, tentu kamu sadar bahwa tools seperti Ahrefs ini juga memonitor kompetitor dan bisa dilakukan berkala.

Kelebihan:

  • Metriks keyword bisa di-custom
  • Sudah termasuk volume tracking dan zero-volume keyword

Kekurangan

  • Harganya cukup mahal untuk situs pemula atau berukuran kecil
  • Model pricing melalui kredit yang jarang diketahui masyarakat

5. Moz Keyword Explorer

Keyword tools Moz dirancang untuk menemukan dan menganalisis keyword untuk SEO dan strategi konten. Data yang muncul berupa search volume, analisis kompetitor, dan difficulty.

Selain itu, kamu berpeluang ditampilkan pilihan keyword yang efektif menyukseskan tujuan optimasi suatu website. 

Kelebihan:

  • Akses menuju metriks keyword, termasuk opportunity score
  • Membuka kesempatan untuk menerima insight dan peluang diterimanya

Kekurangan:

  • Harganya lebih mahal bila dibandingkan tools lainnya
  • Interface dan navigasi cenderung kompleks

6. Keyword Everywhere

Tools yang satu ini bisa dibilang terjangkau kalau dibandingkan dengan tools sejenis. Termasuk browser extension yang menyediakan data mengenai keyword, terutama volume dan CPC.

Ketika user mengggunakan website, Keyword Everywhere secara otomatis mengolah hasil analisis search engine. Cocok untuk pemula yang membutuhkan tools untuk melengkapi kebutuhan insight harian.

Kelebihan:

  • Menampilkan hasil dari platform lain, seperti YouTube dan Google Search Console
  • Lebih terjangkau

Kekurangan:

  • Tingkat akurasi data lebih rendah
  • Fiturnya lebih sedikit bila dibandingkan Ahrefs dan Semrush

7. QuestionDB

Tools ini secara spesifik berguna untuk mencari keyword pertanyaan. QuestionDB akan mengeluarkan report berisi pencarian berbentuk pertanyaan yang relevan dengan keyword. Sudah termasuk dengan volume dan metriks difficulty.

Tidak seperti platform lainnya, QuestionDB tidak hanya bergantung pada satu sumber data. Ide keyword muncul dari search engine sekaligus media sosial. Menariknya lagi, tools ini bisa menghasilkan super-long-string keyword yang memuat lebih dari tujuh kata!

Kelebihan:

  • Temukan ratusan keyword yang sulit dideteksi tools lain
  • Sudah termasuk difficulty metrics

Kekurangan:

  • Beberapa rekomendasi keyword terlalu panjang dan tidak sesuai kaidah kebahasaan
  • Pencarian dibatasi setiap harinya di semua paket langganan

8. Term Explorer

Keyword tools ini mungkin menjadi salah satu platform yang menyediakan hasil report dengan riset cukup detail. Dari satu keyword, kamu bisa mendapatkan 10.000 variasi keyword, lho. Tools ini memungkinkan hasil paling relevan disertai metriks yang mendukung kinerja sistemnya.

Selain dipakai untuk kebutuhan optimasi, Term Explorer akan mengatasi keperluan riset kompetitor. Report yang di-generate sudah termasuk page ranking, outbound links, URL, dan headers. Data-data dan insight dapat di-export dalam bentuk CSV.

Kelebihan:

  • Sudah ada tracking keyword dan link
  • Kemampuan menyaring term yang tidak relevan
  • Riwayat report tidak terbatas

Kekurangan:

  • Tidak ada visualisasi data
  • Berdiri sendiri, tidak terintegrasi platform manapun

9. Accuranker

Termasuk tools berbayar yang wajib dicoba karena kecepatan dan tingkat presisi hasil pencarian. Bahkan, Accuranker memudahkan pekerjaan tim dengan menyalurkan sistem weekly report yang sudah dijadwalkan.

Selain dikenal sebagai rank tracker, tools ini menawarkan localized search engine untuk memanjakan kamu. Jika menghadapi pasar internasional, cukup tentukan lokasi dan tools ini akan menganalisisnya lebih lanjut.

Kelebihan:

  • Tersedia dalam extension yang terhubung dengan platform Google
  • Hasil analisis SERP lebih akurat

Kekurangan:

  • Interface kurang memadai
  • Fitur cukup terbatas bila dipadankan dengan tools lebih lengkap

10. Hubspot

Hubspot memiliki fitur Content Strategy untuk mengidentifikasi topik dan menemukan kata kunci berdasarkan subtopik tertentu. Kamu bisa memilih keyword paling optimal melalui ranking yang tersedia.

Rekomendasi keyword biasanya diranking berdasarkan prioritas kata kunci dengan dampak paling besar terlebih dahulu. Mudah disesuaikan dengan konten yang sudah ada sebelum terjadi peningkatan performa pada situs dan konten.

Kelebihan:

  • All-in-one solusi optimasi konten dan ketersediaan keyword
  • Akses menuju sumber edukasi

Kekurangan:

  • Learning curve cukup tinggi
  • Harga berlangganan lebih mahal dibanding tools lainnya

Kesimpulan

Itulah daftar keyword tools yang bisa kamu gunakan sebagai pemula maupun profesional. Masing-masing memiliki kelebihan yang bermanfaat untuk mendukung kebutuhan SEO dari segi kata kunci dan pemilihan frasa.

Kini, kamu bisa mempelajari SEO secara intensif hanya di Bootcamp SEO BelajarLagi. Kamu akan belajar dari para praktisi terbaik selama 6 minggu. Didukung metode pembelajaran yang aktif dan praktis sepanjang waktu. Daftar sekarang juga!

Sumber:

https://www.seodogs.com/blog/5-benefits-of-using-a-keyword-research-tool-to-improve-your-seo/

https://blog.hubspot.com/blog/tabid/6307/bid/22842/4-helpful-tools-for-identifying-the-right-keywords.aspx

https://www.winsavvy.com/best-keyword-research-tools/

https://bloggingwizard.com/keyword-research-tools/

#
SEO
Belajarlagi author:

Ayu Novia

A Strategist and Copywriter with more than 3 years in the creative industry. Passionate in data-driven writing for various niches of content.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.