10+ Rekomendasi Plugin AI WordPress, Wajib Tahu!

Ayu Novia
8 Min Read
Published:
October 7, 2024
Updated:
October 7, 2024

10+ Rekomendasi Plugin AI WordPress, Wajib Tahu!

Teman Belajar, pernah kesulitan mencari rekomendasi plugin AI yang bisa mengoptimalkan WordPress kamu. Nah, ini kabar baiknya! Nggak perlu scrolling atau explore sendiri karena nggak semua  harus dipakai. Yang penting-penting aja!

Tim Belajarlagi sediakan daftar selengkapnya di bawah ini. Selain buat pribadi, nggak ada salahnya untuk sharing juga ke teman-teman developer yang lainnya. Check it out!

Manfaat Plugin AI WordPress

Dilansir dari Statista, pemilik situs dan marketer di lingkup global ternyata banyak memakai AI untuk targeting ads, pembuatan konten, dan optimasi email marketing.

”Berarti udah booming dan penting untuk pakai plugin AI, ya?”

Yap. Memakai plugin artificial intelligence untuk WordPress bakal membuka akses fitur-fitur canggih. Manfaatnya banyak banget, mulai dari otomasi tasks, menyediakan data, sampai personalisasi user experience.

Nah, kalau masuk ke ekosistem WordPress, AI menguntungkan buat kamu dalam hal-hal berikut:

  • Content creation: Algoritma Natural Language Processing membantu banget untuk produksi konten, artikel, deskripsi produk, serta konten text-based lainnya.
  • Optimasi performa website: Lewat proses analisis user behavior dan riwayat pada data untuk menghitung kemungkinan user berkunjung lagi ke suatu page.
  • Personalisasi UX: Plugin AI juga bisa mengatur konten dan rekomendasi produk biar muncul secara personal. Manfaatnya berupa kenaikan engagement dan penjualan
  • Optimasi SEO: Kalau manfaat yang ini diambilnya dari kemampuan machine learning untuk mengoptimasi heading, meta tags, dan ranking search engine.
  • Keamanan website: Machine learning juga punya tugas untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan dan malware pada situs.

Baca juga: 20+ Tools AI Selain ChatGPT yang BIsa Kita Gunakan

Rekomendasi Plugin AI WordPress

1. Divi AI

divi ai

Plugin ini fungsinya cukup beragam, yaitu menulis copy, image generating, sampai improving website. User dari Divi AI bisa menghasilkan headline, paragraf, sampai blog posts. Kamu hanya perlu siapkan text prompt dan biarkan Divi AI mengerjakan semuanya.

Nggak cuma pembuatan konten, plugin ini juga bisa meng-improve kualitas copy. Fitur lainnya berupa translator bahasa dan perbaikan typo atau grammar.

Gambar yang dihasilkan juga cukup baik. Ada 12 preset berbeda yang menghasilkan gambar-gambar spektakuler. Masukkan referensi gambar yang kamu inginkan sebelum Divi AI mendeteksi dan mengeluarkan hasilnya.

2. Hostinger AI Plugin

Kamu butuh workflow konten yang lebih cepat dan efektif? Hostinger jawabannya! Kalau ingin memakai plugin ini, kamu harus punya Hostinger WordPress plugin yang diaktifkan lebih dulu. 

Mengakses tools-nya juga mudah, kok. Pilih menu AI Content Creator yang posisinya ada di dashboard sidebar admin. Kalau sudah masuk, jelaskan topik artikel yang ingin dibuat sekaligus sebaran keyword-nya. Biar hasilnya lebih maksimal, usahakan prompting secara detail.

AI akan menyusun kontennya buat kamu, disertai keyword suggestion dan metadescription untuk mengoptimasinya. Bahkan, muncul informasi tentang jumlah kata dan karakter pada konten.

Kalau kamu sudah puas dengan hasilnya, klik Edit as a draft untuk pindahkan lokasi konten ke post editor sebelum masuk published content.

3. AI Engine

ai engine

Plugin AI yang satu ini makin istimewa karena memperbolehkan kamu untuk mengintegrasikan ChatGPT maupun Microsoft Azure ke website mereka. Hubungkan AI Engine dengan tools tersebut dengan memasukkan API key ke plugin settings.

Selain berguna untuk menghasilkan konten, fasilitasnya sudah termasuk AI-powered image generator. Fitur Playground juga menyediakan kemampuan translation dan correction. Cocok banget untuk website dengan banyak opsi bahasa.

Interface plugin AI Engine juga mudah digunakan karena bisa menyesuaikan gaya dan ketentuan website. Sebelum memakai plugin ini, pastikan PHP version kamu sudah memenuhi kriteria 7.4 keatas, ya.

4. AIOSEO

AIOSEO

Plugin AIOSEO adalah plugin SEO yang masuk kategori komprehensif karena bisa mengerjakan banyak task kompleks. Beberapa diantaranya ada membuat XML sitemap, mengintegrasikan social media, menganalisis performa SEO, dan memaparkan schema markup.

Kalau kamu mau punya website yang SEO friendly, pastikan kamu mengaktifkan plugin ini lewat cara berikut:

  • Install dan aktivasi AIOSEO
  • Scroll ke bawah di laman AIOSEO Settings lalu masuk ke General
  • Atur Post Title atau Meta Description
  • Klik ikon robot di dalam text box

AIOSEO bisa dipakai secara gratis maupun berbayar. Fiturnya berbayar kalau kamu butuh versi premium supaya bisa menggunakan image dan local SEO.

Baca juga: AI Marketing: Tools, Contoh Penggunaan, dan Manfaat

5. Rank Math SEO

RANKMATH SEO

Plugin AI yang perlu kamu tahu berikutnya adalah Rank Math SEO. Tugasnya membiarkan kamu melakukan tracking metriks SEO, termasuk performa ranking, indexing status, sampai kecepatan page load.

Cara kerjanya juga mendukung Google Trends dan Google Analytics 4. Kamu akan disajikan berbagai suggested word, link, media, dan heading. Fiturnya juga termasuk keyword suggestion dan optimasi artikel yang sudah ada.

Plan gratis Rank Math SEO sudah termasuk lima credits Content AI. Makin berlangganan, makin banyak jumlah kredit yang bisa dibelanjakan. Seperti AI Engine, WordPress dengan PHP 7.4 keatas aja yang bisa memakainya.

6. Voicer

voicer

Plugin ini adalah sejenis text-to-speech converter. Tujuannya menghasilkan konten versi audio dari blog posts kamu dan menyediakan online experience lebih inklusif.

Algoritma plugin ini sudah didukung Google Cloud Platform untuk mengirimkan hasil audio berkualitas. Ada lebih dari 275 sampel suara dan 45 bahasa berbeda. 

Bahkan, kamu bisa custom audio berdasarkan gender, playback speed, sampai pitch ketika berbicara. Plugin ini juga bisa dikombinasikan dengan tema, page builders, dan plugin. Plugin Voicer juga bisa berinteraksi secara seamless.

7. Tidio

tidio

Mau menaikkan performa customer support supaya layanan website lebih memuaskan user? Tidio menyediakan live chat yang terintegrasi AI, manajemen sistem e-mail ticketing, dan menyusun workflow secara otomatis.

Tidio juga punya AI chatbot sendiri, lho. Namanya LYRO. Chatbot ini punya sistem deep learning dan NLP supaya hasil komunikasi user lebih lancar. Teknologinya bisa memahami dan merespon bahasa manusia secara lebih alami.

Ada juga AI Reply Assistant untuk pastikan response times yang lebih akurat dari website kamu. Didukung sama ChatGPT, pebisnis bahkan bisa menjawab request atau pertanyaan customer hanya dengan satu klik.

Free plan Tidio hanya menyediakan hingga 50 conversations dalam sebulan. Kamu harus langganan dulu untuk memakai semua fitur secara unlimited. Untungnya, AI Reply Assistant sudah termasuk fitur yang bisa diakses gratis.

8. Formidable Forms

formidable forms

Plugin AI ini menggabungkan fungsi form-building buat berbagai kebutuhan. Dengan memakai AI untuk membuat form, user akan merasa terbantu sebelum mengirim support request.

Formidable Forms menyediakan banyak AI template, mulai dari keperluan pre-sale, survei, dan kalkulasi pembelian. Fitur template hanya bisa diakses kalau kamu sudah berlangganan plugin ini.

Plugin ini juga jadi salah satu opsi plugin yang bergaransi 14 hari. Tujuannya membuktikan bahwa Formidable Forms bisa penuhi kebutuhan customer service website kamu.

9. Quttera Web Malware Scanner

quttera web

Situs jadi lebih aman bila kamu mengaktifkan plugin AI ini. Fungsinya melakukan inspeksi pada link eksternal yang mencurigakan, mengecek block listing status pada situs, dan mendeteksi false positive.

Plugin ini punya AI Scan Engine untuk mengevaluasi malware pada konten. Analisisnya dilakukan secara in-depth dan byte-by-byte.

Sifatnya juga open source dan akan mengkategorikan files menjadi empat bagian, yaitu Clean Files, Potentially Suspicious Files, Malicious Files, dan Suspicious Files. Masuk ke dashboard Quttera kemudian klik scanner type.

10. Akismet Spam Protection

akismet

Indikasi spam dari website bisa jadi memusingkan. Untuk mencegahnya, kamu perlu Akismet Spam Protection. Cara kerjanya adalah melakukan filtering untuk melindungi website dari komentar yang tidak diinginkan.

Nggak perlu melakukan tugasnya secara manual, spam detection otomatis bekerja untuk segala bentuk komentar. Bahkan, plugin AI ini juga bisa mendeteksi segala bentuk hidden URL.

Kalau spam sudah tergolong berat, Akismet nggak sungkan-sungkan untuk melakukan pada konten atau komentar terkait. Keren, kan?

11. WP Live Chat (Chaport)

wp live chat

Alur komunikasi dengan customer makin lancar lewat chatbot AI modern ini. Sejauh ini, lebih dari 30 ribu marketer dan owner percaya pada fitur-fitur maupun kemampuannya. Chat atau riwayat yang nggak terbatas bisa buka kesempatan untuk kenaikan engagement.

Kamu bisa custom widget sesuai persona brand dan dapat dukungan multilingual supaya semakin puas dengan experience yang ditawarkan. Beberapa manfaat lainnya berupa auto-invitations dan koneksi ke messaging platform.

Chaport mendukung penuh interaksi antara bisnis dengan customer. Dengan memakai sistem AI, sudah pasti plugin ini punya knowledge base cukup kuat disertai FAQ bot.

Baca juga: 10+ Website AI untuk Memudahkan Pekerjaan (Ter-Update)

Kesimpulan

Itulah daftar plugin AI yang dirancang untuk mengoptimasi WordPress kamu. Masing-masing punya fungsi utama dan fitur pendukung yang selaras dengan kebutuhanmu. Pilah dan pilih yang mau kamu aktivasi supaya situs kamu semakin cerdas sesuai perkembangan zaman!

Mau mengasah kemampuanmu di bidang prompting AI? Join Mini Bootcamp AI Belajarlagi lewat live class interaktif dengan akses lifetime sekarang! Mudah diakses kapan saja serta bonus langganan ChatGPT Plus selama 1 bulan. Daftar kelasnya sekarang, ya!

Jangan lupa, kamu juga perlu berlangganan AI Belajarlagi untuk temukan kemudahan untuk memudahkan pekerjaan di berbagai sektor. Mulai dari 99 ribu, kamu sudah mendapatkan fitur-fitur lengkap dari all-in-one platform AI terbaik!

Sumber:

https://uxify.com/blog/post/wordpress-ai-plugins#

https://www.sitepoint.com/top-9-best-wordpress-ai-plugins-of-2023/

#
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Belajarlagi author:

Ayu Novia

A Strategist and Copywriter with more than 3 years in the creative industry. Passionate in data-driven writing for various niches of content.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.