10 Tools SEO: Kegunaan dan Tips Mempelajarinya

Ayu Novia
8 Min Read
Published:
July 19, 2024
Updated:
July 19, 2024

Sebagai SEO Specialist, rasanya kurang afdol kalau tidak ada tools SEO yang memudahkan pekerjaan. Masing-masing tools juga memiliki fungsi yang beragam. Terutama bila tujuannya mengoptimasi konten yang didistribusikan.

Kali ini, Tim Belajarlagi sudah menyiapkan daftar tools yang bisa kamu gunakan di bidang SEO. Baca selengkapnya melalui artikel di bawah ini!

Mengapa Harus Menggunakan Tools SEO?

Dengan pesatnya kebutuhan dan persaingan di bidang digital, kamu harus mampu membantu perseorangan maupun perusahaan menjadi yang terbaik. Optimasi search engine mampu mendorong awareness menuju konversi yang menguntungkan.

Selebihnya, perhatikan berbagai manfaat pemakaian tools di bawah ini:

Menyediakan keyword yang converting

Tanpa tools yang memadai, rasanya sulit menemukan keyword yang potensial. Apalagi, ketika kamu kesulitan menemukan ide konten yang mampu bersaing dengan kompetitor. Tools yang tepat akan menyajikan informasi keyword baru dan sudah ada sekaligus mengecek rangking website kompetitor.

Selain keyword utama, kamu bisa menemukan daftar related keyword dan variasinya. Tujuannya menaikkan ranking sekaligus menghasilkan konversi. Walau tidak menjual produk, hasilnya cenderung meningkatkan leads menuju website utamamu.

Menghemat waktu tanpa audit manual

SEO audit yang komprehensif akan memberikan banyak insight dan memahami masalah teknis yang bisa terjadi. Masalahnya, audit secara manual hanya menghabiskan budget dan waktu lebih banyak.

Dengan memanfaatkan tools SEO, kamu dapat memproduksi hasil audit yang sama atau bahkan punya kualitas lebih baik. Beberapa tools memanjakan kamu dengan generated report yang mudah diunduh secara otomatis. 

Tracking progres SEO dan memantau KPI

Sebagai pemilik atau manager website, kesuksesan praktik SEO biasa dilihat dari ranking yang dicapai. Namun, ada lebih banyak metriks yang lebih layak dipertimbangkan, seperti traffic organik dan conversions. Rasanya sulit bila dilakukan secara mandiri.

Kabar baiknya, tools SEO akan menyajikan data yang menjawab KPI tiap-tiap kebutuhan optimasimu. Salah satu keuntungan memakai tools adalah kemampuan melacak keyword dan backlinks yang ingin dicapai. Bahkan, kamu bisa memperoleh laporan dari tiap periode.

Visualisasi dan konseptualisasi data

Tidak semua tools menampilkan hasil analisis berupa angka. Sebagian lagi berfungsi memvisualisasikan data dalam bentuk chart atau grafik. Inilah yang disebut dengan data visualization.

Ragam tools tersebut membantu kamu dalam melihat bentuk visual dari suatu report. Tentu akan memudahkanmu menganalisis dan mengukur penyebab hasil optimasi karen disajikan dalam bentuk gambar.

Baca Juga:  Apa itu SERP? Pengertian, Jenis, dan Cara Optimasinya

Tools SEO Gratis dan Kegunaannya

tools seo gratis google analytics

1. Google Analytics

Walau punya layanan berbayar, Google Analytics juga menyediakan versi gratis untuk membantu kamu mengatur sistem SEO website. Kamu bisa menyambungkan Google Analytics dengan Google Search Console.

Lewat penyimpanan data yang ter-compile menjadi satu, queries lebih mudah dimasukkan untuk mengidentifikasi hal-hal yang bisa dikembangkan untuk keyword di masa depan. Beberapa fitur lain dari Google Analytics, yaitu:

  • Menemukan dan menyaring fake traffic
  • Membandingkan traffic website organik dengan non-organik
  • Menentukan metriks engagement
  • Mengidentifikasi channel yang menghasilkan lebih banyak conversions

Baca juga: Gimana Cara Menggunakan Google Analytics? Ini Penjelasannya!

2. Google Trends

Satu lagi SEO tools konvensional yang wajib dikuasai sebagai SEO Specialist. Google Trends memang tidak ketinggalan zaman untuk mengeksplorasi ragam keyword dalam lingkup luas. Tools ini sungguh membantumu mencari tahu berbagai topik dan industri.

Perlu dicatat, Google Trends potensinya lebih maksimal jika dikombinasikan dengan tools lainnya. Batas kemampuannya masih cukup bagus bila masih memulai set up strategi SEO dalam kacamata umum. Berikut fitur yang biasa ditemui lewat Google Trends:

  • Trends: Mencari trend di negara atau wilayah secara spesifik
  • Popular topics: Long-tail keyword maupun topik yang relevan dengan pencarian
  • Comparisons: Membandingkan dua atau lebih tren dari waktu ke waktu

3. Seobility

SEO-checker tools yang satu ini bernama seobility, berfungsi memeriksa seberapa jauh suatu website mempraktikkan guideline. Selain menganalisis website, kelebihannya adalah menyediakan berbagai tips untuk mengoptimasinya.

Selain audit SEO secara detail, kamu bisa mendapatkan akses menuju 1000 subpage audit, report dan alert e-mail, serta keyword monitoring. Fitur lain yang bisa digunakan melalui Seobility, antara lain:

  • Mencari dan memperbaiki kesalahan teknis untuk mencegah pembatasan traffic
  • SEO scoring yang akurat bersamaan dengan meta information, page quality, link structure, dan sebagainya
  • Analisis meta information untuk memahami masalah SEO spesifik pada aspek meta, seperti meta title/descriptions, meta tags, dan kesalahan domain URL
  • Identifikasi area perbaikan berdasarkan kecepatan loading page, kualitas teks, duplicate content, kemampuan design yang responsif, dan alt attributes
  • Rekomendasi link structure melalui feedback tentang header, internal links, maupun kesalahan anchor text
  • Identifikasi server error yang berhubungan dengan redirects, header HTTP, atau data CSS serta Javascript

4. Schema

Schema merupakan tools yang spesifik mengoptimasi tags pada HTML. Tujuannya supaya suatu konten bisa dipahami dengan baik oleh sistem. Perusahaan search engine membangun tools ini sebagai “bahasa ibu” dari data website yang terstruktur.

Schema juga membantu search engine untuk menampilkan laman website. Hal ini bisa terjadi dengan search query yang sudah diperbaiki sehingga berdampak pada kenaikan visitor maupun CTR. Schema memfasilitasi penggunanya melalui:

  • Eksplorasi kesempatan ranking
  • Bisa ditambahkan pada segala website untuk kategorisasi
  • Meningkatkan pesona dan interface website yang lebih baik. Tujuannya agar mampu bersaing dengan SERPs

5. PageSpeed Insights

Pagespeed insights adalah tools SEO gratis yang satu ini mengukur dan menyajikan report mengenai user experience suatu website pada mobile dan desktop. Tugasnya mengidentifikasi masalah dan menyarankan perubahan untuk diimplementasikan pada website.

Bila berhasil diterapkan, perubahan ini berpengaruh pada perbaikan kecepatan load suatu page. Kamu diberikan kebebasan untuk mengotak-atik fitur andalan PageSpeed Insights:

  • Memantau kecepatan page load atau kemampuan load tiap-tiap elemen website pada mobile dan desktop
  • Meningkatkan kemampuan site navigation dan akses website secara menyeluruh
  • Memperbaiki user experience dengan mengidentifikasi masalah yang memperlambat performa website
  • Melakukan analisis UX secara mendalam dengan beberapa metriks, seperti first contentful paint, first input delay, cumulative layout shift, dan largest contentful paint

6. Google Search Console

Ada beberapa fitur yang tersedia untuk membantu kontenmu muncul di SERPs. Utamanya ketika masuk search terms dan frasa yang dicari oleh audiens. 

Sebagai pemula di dunia marketing, Google Search Console memang membantu kamu menganalisis SEO dan menghasilkan keyword baru. Tugasnya adalah melakukan monitoring, memantau bugs, dan mengoptimasi website tanpa mengharuskan kamu jago coding.

Berikut beberapa elemen Google Search Console yang bisa kamu manfaatkan:

  • Keyword berdasarkan ranking tertentu
  • Identifikasi crawl error yang ada pada website
  • Pemahaman mobile responsiveness dan peluang yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mobile experience
  • Melihat seberapa banyak web page yang masuk ke Google Index
  • Analisis metriks penting, seperti like, clicks, impressions, average click-through rate (CTR), dan average position

7. Bing Webmaster

SEO tools ini memberikan banyak akses insight mengenai website, seperti report dan diagnostic. Dapat digunakan secara gratis untuk mengatur backlink dan meninjau keyword. Tujuannya untuk memastikan bahwa suatu website dioptimasi dengan baik untuk pencarian organik.

Ekosistem Bing Webmaster juga terintegrasi dengan baik lewat panduan hingga layanan user yang interaktif. Beberapa hal yang bisa dilakukan lewat Bing Webmaster SEO, antara lain:

  • Mempelajari backlink profile untuk memahami referring pages, domain, dan anchor link
  • Menentukan keyword dan frasa yang lebih banyak dicari audiens serta mengecek hasil search volume secara langsung
  • Menggunakan fitur site scanning untuk menaikkan ranking website dan meninjau masalah teknis

8. Detailed SEO Extension

Detailed SEO Extension adalah tools SEO gratis yang berbentuk ekstensi browser (biasanya untuk Google Chrome) yang menyediakan analisis SEO mendalam langsung dari halaman web yang Anda kunjungi. Berikut adalah beberapa fitur utama dari Detailed SEO Extension:

  • Analisis On-Page: Menyediakan informasi mendetail tentang elemen SEO on-page seperti meta title, meta description, heading tags (H1, H2, dll.), dan atribut alt pada gambar.
  • Informasi Struktur: Menampilkan struktur halaman termasuk penggunaan heading dan tag penting lainnya, sehingga Anda dapat melihat bagaimana konten diatur.
  • Data Kinerja: Menyediakan informasi mengenai kecepatan halaman dan ukuran file, yang penting untuk pengalaman pengguna dan SEO.
  • Link Analysis: Menunjukkan jumlah dan jenis link internal dan eksternal di halaman, membantu Anda memahami profil link halaman tersebut.

9. SEOquake

SEOquake adalah alat SEO gratis yang multifungsi dan juga berbentuk ekstensi browser, tersedia untuk Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera. Alat ini menyediakan berbagai metrik SEO yang dapat membantu dalam analisis kompetitif dan optimasi on-page. Berikut adalah beberapa fitur utama dari SEOquake:

  • SEO Bar: Menampilkan berbagai metrik SEO langsung di hasil pencarian Google atau pada halaman web yang Anda kunjungi, termasuk PageRank, jumlah backlink, dan indeks halaman.
  • Audit SEO On-Page: Menyediakan analisis mendetail tentang elemen SEO on-page dan memberikan saran untuk perbaikan.
  • Analisis Backlink: Menunjukkan jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke halaman atau domain tertentu.
  • Integrasi dengan Alat Lain: Dapat diintegrasikan dengan alat SEO lain seperti SEMrush untuk analisis yang lebih mendalam.
  • Export Data: Memungkinkan Anda untuk mengekspor data analisis ke dalam format CSV untuk analisis lebih lanjut.

10. Redirect Path

Redirect Path adalah tools SEO gratis yang berbentuk ekstensi browser (biasanya untuk Google Chrome) yang membantu dalam mengidentifikasi dan menganalisis pengalihan (redirect) pada halaman web. Berikut adalah beberapa fitur utama dari Redirect Path:

  • Identifikasi Pengalihan: Menunjukkan status pengalihan (301, 302, 404, 500, dll.) dari URL yang Anda kunjungi, membantu Anda memahami bagaimana pengunjung dan mesin pencari diarahkan.
  • Header HTTP: Menampilkan header HTTP yang dikirim oleh server, termasuk informasi seperti status kode, tipe konten, dan pengaturan cache.
  • Chain Redirect: Menunjukkan rantai pengalihan jika ada beberapa pengalihan yang terjadi, membantu Anda mengidentifikasi pengalihan berlebihan yang dapat mempengaruhi kinerja situs.
  • Analisis Link: Membantu dalam memeriksa link internal dan eksternal untuk memastikan bahwa semua link berfungsi dengan benar dan tidak ada yang rusak

Baca juga: 7+ Rekomendasi Sertifikasi SEO Terbaik (Gratis & Berbayar)

SEO Tools Berbayar dan Kegunaannya

tools seo berbayar semrush

1. Semrush

Tools ini memiliki fitur pelacak ranking yang terukur untuk menangani segala kebutuhan SEO bagi personal maupun bisnis. Beberapa metriks yang di-generate berupa authority, backlink, traffic, keyword organik, dan average time website.

Bahkan, Semrush punya pilihan extension yang meningkatkan kualitas kegunaannya, seperti AI Writing Assistant. Fitur menarik yang ditawarkan, antara lain:

  • Keyword Gap: Membandingkan web page atau domain untuk melihat keyword yang potensial
  • Keyword Magic Tool: Menyarankan related keyword yang relevan dengan istilah search tertentu
  • Backlink Gap: Membandingkan backlink profile dari web page atau domain yang berbeda
  • Position Tracking: Update berkala tentang kondisi website dan perbandingan ranking dengan kompetitor dalam hal keyword spesifik

2. Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu alternatif Semrush yang menawarkan opsi subscription dengan harga lebih terjangkau. Ekosistem Ahrefs juga cukup untuk melakukan audit dan mengakses data ranking dalam beberapa waktu kebelakang. 

Kelebihan utama Ahrefs adalah memudahkan kamu bila ingin mengatur strategi optimasi konten dan riset keyword. Walau fiturnya juga masih terbatas, ranking tool ini punya kegunaan lain berupa:

  • Content Gap: Perbandingan detail mengenai keyword yang digunakan kompetitor
  • Link Intersect: Menunjukkan page yang tersambung dengan kompetitor
  • Traffic Value Metric: Tingkat kesuksesan keyword ketika berhasil diaplikasikan oleh website

3. Clearscope

Tools yang satu ini memang didedikasikan untuk mengoptimasi konten. Keyword akan masuk ke report kemudian muncul interface untuk mengolah konten. Cukup siapkan template dan isi konten lalu biarkan Clearscope menganalisis grade, readability, dan turunan keyword yang relevan.

Clearscope sudah terintegrasi dengan WordPress dan Docs untuk meng-highlight target keyword pada body konten. Kamu bisa menikmati fitur-fitur unggulan di bawah ini:

  • Term Map: Memberikan representasi visual mengenai related keyword yang dipakai oleh kompetitor
  • Intelligent Language Algorithms: Mengidentifikasi opsi keyword berdasarkan ide topik atau URL
  • Outline Tab: Menguraikan struktur post yang bisa dibandingkan dengan kompetitor

4. BuzzSumo

BuzzSumo Termasuk tools penunjang keyword research yang menyajikan report search trend, ide-ide topik, dan monitoring SERP. Bisa dibilang, kemampuannya diatas rata-rata. Kamu bisa memperoleh daftar CPC basic dan volume metrics.

Setiap rekomendasi keyword juga diberikan berdasarkan konsep pertanyaan, ide artikel, hingga peringkat search volume. Fitur lainnya yang dapat menunjang pemakaianmu dapat berupa:

  • Content Generator: Penghasil ide konten dilengkapi statistiknya dan pertanyaan umum terkait topik tersebut
  • Metriks Articles Published: Memperlihatkan kompetisi tiap website, diikuti volume trends secara real-time
  • Publishing Suggestion: Rekomendasi waktu dan media sosial yang ideal untuk mendistribusikan suatu konten

5. SEOptimer

Tools SEO ini memiliki spesialisasi dibidang diagnosis masalah kinerja SEO pada website. Dengan menyambungkan web page ke dashboard SEOptimer, muncul grade A+ sampai F yang menandakan hasil kinerja tersebut.

Kamu akan memperoleh data mengenai gambaran kesalahan yang mungkin terjadi. Entah itu indikator SEO, backlink, user experience, performa keseluruhan, atau koneksi ke media sosial. 

SEOptimer punya beberapa tools andalan, seperti code minifiers dan meta tag, keyword, serta XML sitemap generator. Tools tambahan lainnya berguna untuk testing dan analisis fitur SEO, misalnya favicons, ukuran font, noindex tags, canonical tags, hingga keyword ranking.

6. Sitechecker

SEO audit yang menawarkan solusi komprehensif  untuk mengidentifikasi kesempatan untuk menaikkan traffic search organik. Cara kerjanya adalah memonitor performa website, menginformasikan adanya error, dan mencari potensi pertumbuhannya di masa depan.

Sesuai namanya, Sitechecker akan melakukan audit terhadap berbagai jenis kesalahan rata-rata 150 web page per menit. Terdapat fitur fine tuning dengan notifikasi otomatis ketika masalah terdeteksi.

Tools ini juga mudah diaplikasikan sebagai Chrome Extension instan untuk melakukan pengecekan keyword dan posisi SERP melalui browser. Rank dan backlink tracking berfungsi melakukan pelacakan secara spesifik untuk menghindari penurunan ranking website.

7. KWFinder

Tools SEO yang memenuhi kebutuhan dasar SEO Specialist, yaitu riset keyword. Keyword adalah elemen yang menjembatani teknis SEO dengan copywriting yang tepat. Pemakaian keyword yang sesuai tentu akan menaikkan traffic menuju website.

Keunikan KWFinder terletak pada fitur bahasa dan pemilihan wilayah yang seamless. Keuntungannya? Kamu bisa menargetkan audiens dari seluruh dunia. Simak fitur lengkap KWFinder di bawah ini:

  • Insight mengenai long-tail keyword: Temukan ragam long-tail keyword yang memberikan banyak peluang untuk menargetkan traffic
  • Insight seputar keyword kompetitor: Strategi yang dipakai oleh kompetitor dan perbandingannya dengan website milikmu
  • SERP Analysis: Mengetahui kompetisi SERP dan elemen yang diprioritaskan pembaca
  • Local Keyword Research: Keyword yang banyak dicari secara lokal sebagai materi yang lebih niche

Baca Juga: Rekomendasi 18 Tools Google dan Berbagai Fungsinya, Wajib Disimak!

Tips Mempelajari Tools SEO

Dalam mempelajari setiap tools, tentu harus dibarengi dengan website yang dikhususkan sebagai materi eksperimen pengaplikasian SEO. Barulah kemudian kamu bisa menentukan tools terbaik untuk dipelajari dan dikulik secara mendalam.

Kunci utama dalam memilih tools yang wajib kamu pelajari adalah pahami fungsinya terlebih dulu. Jenis-jenis tools SEO dibagi menjadi empat kategori berikut:

  • SEO audit: Dirancang khusus untuk menganalisis performa menggunakan satu atau lebih metriks yang berhubungan dengan teknis SEO.
  • Keyword research: Tujuan utama tools ini adalah melaporkan detail metriks keyword dan mengidentifikasi keyword yang cocok ditargetkan kepada audiens.
  • Rank tracker: Walau rata-rata SEO rank tracker sudah sepaket dengan keyword research, fungsi utamanya masih memonitor performa web page atau domain untuk masing-masing individual keyword. 
  • All-in-one: Ada berbagai fitur yang komprehensif dan lebih lengkap dari rank tracker. Bahkan, tidak sedikit tools yang sudah terintegrasi dengan otomasi dan AI.

Untuk memperkuat praktikmu di dunia SEO, kamu juga bisa belajar lebih lanjut di Mini Bootcamp Google Analytics dan Spreadsheet Mastery. Dengan penguatan serta pengolahan data yang tepat, tentu proses kerja dan optimasi website akan jauh lebih efisien.

Kesimpulan

Seorang SEO Specialist tidak hanya memahami teknis saja, tetapi juga harus mampu menggunakan tools SEO dengan baik. Tujuannya untuk memudahkan pekerjaan dan meningkatkan efisiensi. Apalagi, SEO tools juga semakin beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga pemakaiannya lebih terstruktur sesuai kondisi digital saat ini.

bootcamp SEO

Jadilah ahli SEO dengan belajar langsung dari para ahlinya hanya di SEO Bootcamp BelajarLagi. Selain materi yang terus diperbarui, kamu berkesempatan hands-on dengan project terkini untuk kembangkan skill-mu secara nyata. Siapkan dirimu menjadi seorang profesional dan daftarkan diri sekarang juga!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/reasons-why-you-should-use-seo-tools/308913/

https://www.semrush.com/blog/benefits-of-seo/

https://zapier.com/blog/best-seo-tools/

https://www.wordstream.com/blog/best-seo-tools

https://blog.hubspot.com/marketing/seo-analysis-tools

#
SEO
Belajarlagi author:

Ayu Novia

A Strategist and Copywriter with more than 3 years in the creative industry. Passionate in data-driven writing for various niches of content.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.