10+ Website AI untuk Memudahkan Pekerjaan

Ayu Novia
8 Min Read
Published:
September 23, 2024
Updated:
September 23, 2024

Selain membantu tugas-tugas pelajar, ternyata banyak juga, lho, yang memakai website AI untuk memudahkan pekerjaan! Pekerjaan teknis atau tata bahasa sekalipun bisa bikin produktivitas makin lancar. Siapa, sih, yang nggak mau dapat manfaat dari AI?

Tim Belajarlagi juga nggak ketinggalan untuk membawamu ke dunia AI lebih lanjut. Untuk segala bentuk pekerjaan, lebih baik simak dulu review beberapa website andalan di bawah ini!

Rekomendasi Website AI Untuk Memudahkan Pekerjaan

1. AI Belajarlagi

website ai untuk memudahkan pekerjaan yakni AI belajarlagi

Siapa sangka kalau Belajarlagi juga punya produk AI yang mendukung efisiensi kerja kita? AI Belajarlagi punya user interface yang ramah buat pemula, terintegrasi prompt yang oke, dan harganya super terjangkau. Para pekerja lintas sektor wajib mengakses tools yang satu ini!

AI Belajarlagi membuka akses menuju berbagai platform AI, seperti ChatGPT, Gemini, maupun Perplexity. Kita bakal dimudahkan melihat kembali pencarian sebelumnya lewat saved prompts.

Folder prompts sebelumnya juga dapat dicustom sesuai keinginan. Jadi lebih nyaman memilah struktur dan jenis tugas! Ada fitur Public Sharing untuk membagikan chat sekaligus ide prompt hanya dengan Create Link.

2. Canva Image Generator

Yang kerjanya di bidang marketing nggak perlu kesulitan lagi untuk bikin materi promosi cetak atau digital. Lewat website ini, kamu sudah bisa hasilkan poster, flyer, video, sampai konten media sosial berbasis AI.

Kalau mau masuk menu Canva AI Image Generator, masuk ke laman Elements. Posisinya ada di bawah gambar original Canva. Apalagi, Canva memang sudah dikenal ramah buat pemula. Manfaatkan template dan elemen-elemennya semaksimal mungkin.

Kamu juga perlu tahu limit dari pemakaian website ini. Canva hanya meng-generate gambar secara full. Lebih baik pakai AI tersebut untuk keperluan background, bukan dekorasi.

Setiap akun dapat 50 credit dan melampirkan 4 opsi visual untuk setiap prompt. Jadi, pemakaian secara gratis aja sudah bisa merasakan fitur AI yang simpel dan mudah digunakan.

3. Perplexity.ai

Buat yang kesibukannya mengulik riset dan dunia akademik, website AI Perplexity.ai untuk memudahkan pekerjaan ini jawabannya. Perplexity adalah solusi untuk kebutuhan sitasi yang kadang-kadang nggak bisa ditemukan di website lainnya.

Kita hanya perlu memasukkan pertanyaan berdasarkan riset yang diteliti. Muncul daftar sitasi dan sumber yang bisa mendukung penelitian tersebut. Sekali klik saja bisa membawa kita masuk ke sumber-sumber terkait.

Tim Belajarlagi telah membuktikan bahwa website ini cocok untuk menjawab topik saintifik dan eksakta. Perplexity juga sudah terintegrasi Arc, yaitu browser terbaru yang digadang bisa kalahkan Chrome.

4. Gamma AI

gamma AI

Mempresentasikan materi dalam bentuk yang unik jadi makin menyenangkan. Gamma AI berperan sebagai website AI untuk memudahkan pekerjaan di bidang komunikasi dan sebagainya. Gambar dan teks dikombinasikan menjadi materi yang stand out dan ringkas.

Ternyata, banyak fitur yang akan kita rasakan. Mulai dari editing media dan teks, regenerate informasi dan gambar, mengganti layouting slide, sampai menambahkan bagan, shape, dan tabel.

Masukkan prompt kemudian tunggu beberapa saat sampai Gamma merespon lewat slide presentasi yang keren. Gamma juga menyediakan banyak template pilihan jika kamu nggak mau menyusun presentasi dari nol.

Ada tuntutan untuk bikin deck secara berkelompok? Gamma juga punya fitur workspaces supaya tim yang berjauhan bisa bekerja dislide yang sama. Walau fiturnya cukup rumit, hasilnya tetap mumpuni, kok!

5. Consensus

Website AI ini akan menjawab pertanyaan dan pembahasan mengenai riset terkini dari berbagai pekerjaan. Pemilik bisnis direkomendasikan untuk memakai pilihan tools Consensus. Selain tools, ternyata Consensus punya banyak pilihan kursus untuk naikkan skill kamu di dunia kerja!

Kursusnya sudah termasuk prompting, mengaktifkan AI employee, maupun corporate AI training. Dilengkapi informasi lowongan pekerjaan hybrid dan remote untuk pengguna.

Ada fitur FlexOS tools yang fungsinya mendukung lingkungan kerja yang lebih bonding dan profesional. Untuk versi website free, kita akan mendapatkan 20 credit setiap bulan. Segala aktivitas tanya jawab dan pencarian hasil studi nilainya 1 credit.

6. ChatPDF

Mau memahami dokumen PDF dalam bentuk yang mudah dicerna? ChatPDF memfasilitasi kamu lewat analisis file PDF berukuran besar. Fungsi utamanya adalah menyediakan sesi tanya jawab terkait PDF yang kamu lampirkan.

Caranya juga mudah, kok. Cukup upload file PDF yang dimaksud lalu tunggu sampai muncul ringkasan dan rekomendasi pertanyaan. Selain cocok untuk kebutuhan analisis file riset, ternyata kamu juga bisa gunakan fitur ini untuk keperluan laporan atau data pekerjaan lainnya.

Nggak perlu login dulu untuk menggunakan website AI untuk memudahkan pekerjaan ini. Kalau ini melihat riwayat, barulah kamu butuh sesi login ke akun. Pastikan kamu pakai kata-kata spesifik supaya hasilnya makin oke, ya!

7. Copy.ai

Satu lagi website yang recommended untuk menunjang pekerjaanmu di bidang digital marketing. Copy.ai menyajikan konten-konten yang digenerate secara otomatis. Sistem artificial intelligence yang dipakai terbagi menjadi AI Marketing dan AI Sales.

Selain bidang kerja pemasaran, Copy.ai adalah tools yang beginner friendly dan cocok untuk segala profesi kepenulisan. Hasil kerjanya cenderung bagus, disertai analisis soal tone of voice yang cocok sesuai prompting yang kita masukkan.

Ada juga fitur workflow generator kalau kamu mau mengkategorikan kebutuhan konten. Gunakan Infobase dengan mengikutkan detail-detail berupa hashtag atau jargon yang ingin diangkat melalui konten.

Untuk versi gratis, Copy.ai hanya bisa diakses oleh satu akun. Kalau berlangganan, akun bisa membuka 5 seats yang lebih mendukung proses kolaborasi.

8. Descript

descript ai

Di zaman serba konten, perusahaan atau perorangan harus bisa bersaing satu sama lain. Podcast adalah salah satu konten yang masih banyak peminatnya. Perusahaan korporat sekalipun ternyata juga semakin aware dengan long-form content yang daging dan kaya insight.

Untuk memudahkan pembuatan podcast, kamu bisa gunakan Descript. Fiturnya spesial dan beragam, seperti remove filler words, remove background noise, dan menambahkan caption ke video.

Kamu juga bisa, kok, memakainya secara gratis. Pengguna gratis akan mendapatkan free-watermark export, transkripsi sebanyak 60 menit sebulan, serta kualitas video up to 720p. 

Supaya audionya makin cetar, kamu bisa pakai fitur Regenerate. Suaranya akan jauh lebih jernih dan halus. Mantap untuk kebutuhan podcast!

9. Suno AI

Siapa bilang musik nggak punya pengaruh di dunia kerja? Saat ini, kebutuhan korporat dan meeting skala besar butuh musik custom juga, lho! Liputan atau recap event tertentu juga perlu pengaplikasian musik supaya lebih menarik.

Interface Suno ramah buat pemula. Masukkan prompt simpel lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan sampel musik. Cocok untuk perusahaan yang ingin memacu kreativitas kita dalam dunia kerja.

Bahkan, satu tim dengan banyak orang bisa berkolaborasi. Fitur ini berguna ketika kamu melakukan brainstorming atau melaksanakan team building.

10. 10Web

Website AI untuk memudahkan pekerjaan berikutnya adalah 10Web. Kecanggihannya ada pada kemampuan membuat website memakai AI. Tenang, fitur-fitur canggihnya bisa diakses lewat free trial. 

Tujuannya untuk membantu kamu membangun website seefektif mungkin dengan tools keren yang ada. Klaimnya, kamu bisa bangun WordPress 10 kali lebih cepat dan memang demikian. 10Web meng-generate desain dan konten secara otomatis.

Yang kita perlu lakukan hanyalah menjawab pertanyaan terkait bisnis dan website yang ingin dibuat. Isinya sudah mencakup menu-menu website sekaligus konten yang relevan.

Setelah website berjalan, ada juga fitur tracking performa untuk mendukung manajemen teknisnya. Bahkan, kamu bisa masukkan referensi website dalam bentuk URL. Wah, makin mantap, ya?

11. Adobe Firefly

adobe firefly

Sistem kerja website AI ini juga pakai prompt. Bedanya, kita akan mendapatkan hasil gambar kreatif yang realistis. Kita bisa edit gambar sesuka hati dan menambahkan elemen-elemen sesuai kebutuhan, lho!

Adobe Firefly direkomendasikan buat kamu yang suka photo editing. Kalau terbiasa, akan lebih mudah untuk mengoperasikannya karena sudah didukung AI yang intuitif. Nggak seperti ‘robot’ AI biasa, kamu akan dimanjakan oleh website ini karena ada fitur remix juga!

Artinya, kamu nggak perlu repot-repot bikin dari awal. Cukup kita ambil dari Community Gallery lalu sesuaikan sama kebutuhan. Kalau berlangganan, kamu akan dapat up to 250 credit sebulan dan unduh hasil karya tanpa watermark.

Kesimpulan

Itulah serangkaian rekomendasi website AI untuk memudahkan pekerjaan. Dengan fitur dan kemampuan yang menonjol, jadi lebih mudah untuk dapat ide kreatif dan mengolahnya seluas mungkin. Yang penting kamu sudah punya bekal prompting untuk memanfaatkan kemampuan terbaik dari AI.

Mau mengasah kemampuanmu di bidang prompting AI? Join Mini Bootcamp AI Belajarlagi lewat live class interaktif dengan akses lifetime sekarang! Mudah diakses kapan saja serta bonus langganan ChatGPT Plus selama 1 bulan. Daftar kelasnya sekarang, ya!

Jangan lupa, kamu juga perlu berlangganan AI Belajarlagi untuk temukan kemudahan untuk memudahkan pekerjaan di berbagai sektor. Mulai dari 99 ribu, kamu sudah mendapatkan fitur-fitur lengkap dari all-in-one platform AI terbaik!

Sumber:

https://10web.io/blog/ai-websites/

https://www.zdnet.com/article/how-my-4-favorite-ai-tools-help-me-get-more-done-at-work/

#
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Belajarlagi author:

Ayu Novia

A Strategist and Copywriter with more than 3 years in the creative industry. Passionate in data-driven writing for various niches of content.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.