10+ Website AI untuk Mengerjakan Tugas

Ayu Novia
8 Min Read
Published:
September 17, 2024
Updated:
September 17, 2024

Teman Belajar, memakai website AI untuk mengerjakan tugas ternyata super memudahkan! Apalagi, kalau kita ingin menyingkat waktu dan mendapatkan hasil yang maksimal. Berkat AI, tugas-tugas yang simpel sampai rumit ternyata bisa diatasi dengan baik.

Nah, kali ini kita akan melihat rekomendasi beberapa website AI yang canggih untuk mengerjakan tugas. Baca selengkapnya lewat ulasan di bawah ini, ya!

Website AI Untuk Mengerjakan Tugas

1. AI Belajarlagi

website AI untuk mengerjakan tugas: AI Belajarlagi

Salah satu platform edukasi terbaik karya Anak Bangsa juga nggak mau kalah! Belajarlagi punya produk AI dengan UI simpel, integrasi prompt yang oke, dan harganya super terjangkau. Terlalu ramah untuk kantong pelajar dan mahasiswa!

AI Belajarlagi membuka akses menuju berbagai platform AI, seperti ChatGPT, Gemini, maupun Perplexity. Kita juga dimudahkan melihat kembali pencarian sebelumnya lewat saved prompts.

Folder prompts sebelumnya juga dapat dicustom sesuai keinginan. Jadi lebih nyaman memilah struktur dan jenis tugas! Ada fitur Public Sharing untuk membagikan chat sekaligus ide prompt hanya dengan Create Link.

2. QuillBot

quillbot

Mahasiswa wajib merapat! QuillBot adalah artificial intelligence yang Tim Belajarlagi rekomendasikan untuk pelajar. Fiturnya memang ramah pelajar, misalnya citation generator, parafrase, sampai cek plagiarisme.

Salah satu tools yang menarik adalah grammar checker. Ketika digunakan, fitur ini mendeteksi kesalahan grammar secara akurat. Hasilnya oke dan bermanfaat dipakai untuk kebutuhan penulisan tugas. Sebenarnya, website ini berbayar, tapi masih bisa diakses gratis secara terbatas. 

Kecocokannya dengan pelajar makin bertambah karena secara nggak langsung kita bisa belajar teknik menulis yang benar. Hanya butuh waktu sedikit untuk menghasilkan konten atau materi berkualitas.

3. Grammarly

grammarly

Website AI untuk mengerjakan tugas berikutnya adalah Grammarly. Inilah tools andalan mahasiswa karena biasanya disediakan sebagai fasilitas dengan akses penuh secara gratis.

Beberapa fungsi utamanya berupa parafrase, text correction, koreksi grammar, hingga pengecekan plagiarisme. Perlu diingat kalau Grammarly diperuntukkan tulisan berbahasa Inggris, ya.

Fitur yang sangat bermanfaat untuk pelajar adalah integrasi ke berbagai software, seperti Google Docs dan Google Sheets. Kita hanya perlu mengaktifkannya satu kali supaya Grammarly bisa mengecek keseluruhan dokumen kamu tanpa batas.

Baca juga: AI Marketing: Tools, Contoh Penggunaan, dan Manfaat 2024

4. Google Bard

gemini google bard

Website AI keluaran Google ini termasuk berbayar, namun kita akan mendapatkan akses coba gratis selama 1 bulan. Cara mengoperasikannya mudah dan punya interface yang lebih fleksibel, menyenangkan, serta nggak membosankan.

Tanyakan segala hal pada Google Bard dalam bentuk teks, suara, gambar, maupun foto. Sistemnya memang bikin pengguna familiar karena kita sudah terbiasa memakai produk Google.

Nggak perlu cemas juga karena riwayat pencarian lebih mudah diakses lewat fitur “Show draft”. Tim Belajarlagi cukup puas dengan sistem kerja Google Bard yang simpel sekaligus memudahkan. 

5. Undetectable AI

Undetectable ai

Contoh lain dari permasalahan pelajar adalah tugas atau tulisan yang terdeteksi ditulis oleh AI. Nah, Tim Belajarlagi sarankan kamu untuk memakai Undetectable AI.

Cukup masukkan sample text atau tugas yang ingin diskimming. Sumbernya bisa berasal dari tulisan pribadi, kombinasi tulisan pribadi dengan AI, ChatGPT, Gemini, dan sebagainya.

Undetectable AI akan mengolah kata-kata yang sudah masuk supaya lebih humanis. Hasilnya juga nggak mudah terdeteksi sebagai AI. Setiap pengguna baru yang sign in akan mendapatkan coba gratis up to 250 kata.

6. Slidesgo

slidesgo

Siapa bilang tugas kreatif nggak butuh AI? Slidesgo menyediakan berbagai template presentasi kreatif dan menarik. Lalu, dimana aspek AI yang dicari oleh pelajar?

Slidesgo memakai AI untuk mengolah konten tulisan menjadi konten siap presentasi. Cukup tiga langkah mudah, yaitu pilih template, masukkan konten tugas, dan biarkan AI melampirkan hasilnya. 

Sekompleks apapun tugasnya, Slidesgo akan menampilkan hasil ringkas dengan bantuan grafik. Selain itu, pelajar dan pengajar lebih dimudahkan karena ada paket berlangganan dengan harga khusus.

Meski berbayar, banyak juga, kok, template gratis yang bisa kita pakai. Asalkan kita sudah punya akun Slidesgo sekaligus untuk mengunduh presentasi yang sudah jadi.

7. Notion

notion

Tools ini tersedia sebagai website AI untuk mengerjakan tugas kelompok. Direkomendasikan untuk kamu yang kewalahan mengelompokkan tugas bersama dari mata pelajaran atau kuliah yang berbeda.

Notion memang kita kenal sebagai tools untuk journaling. Padahal, fungsi sebenarnya jauh lebih beragam. Termasuk sebagai media mengerjakan tugas kelompok karena bisa diakses kapan saja oleh siapa pun.

Kamu bisa memonitor teman-teman yang andil pengerjaan tugas secara real-time. Nggak ada lagi yang bakal titip nama aja karena kamu bisa tandain mereka satu-satu!

Penerapan AI bisa kita rasakan lewat rekomendasi autocorrect melalui Ask AI. Selain itu, Ask AI bisa menjawab berbagai pertanyaan terkait tugas kita, lho!

8. Otter AI

otter ai

Masih tertinggal penjelasan penting dari dosen, padahal sudah berusaha mencatatnya? Tenang, tenang. Otter AI akan menjadi alternatif website yang mampu merekam dan melakukan transkripsi secara bersamaan.

Rata-rata kecepatannya adalah 160 kata per menit. Otter AI berperan sebagai website AI untuk mengerjakan tugas di kelas atau ketika belajar kelompok. 

Tools ini sangat cocok untuk tugas review materi. Kita nggak perlu kehilangan beberapa kata dan menyalahartikan ajaran dosen. Pencatatan dilakukan secara real-time dengan aksesnya yang gratis terbatas.

Baca juga: 20 Aplikasi AI Gratis untuk Mendukung Pekerjaanmu (2024)

9. Fotor AI

fotor ai

Website AI untuk mengerjakan tugas ini Tim Belajarlagi tujukan untuk kamu yang berkuliah di jurusan visual dan desain. Kita bisa menggunakannya secara gratis, tapi tetap terbatas. Sebelumnya, Fotor AI dikenal sebagai website untuk photo editing.

Seiring waktu, kamu akan dikenalkan dengan fitur words to AI. Ketik beberapa kata yang berkaitan dengan kebutuhan gambar dan biarkan Fotor melampirkannya. Jenis produk AI juga beragam, mulai dari AI Replace, AI Expand, hingga AI Avatar.

Kalau menggunakan satu dari sekian fiturnya, kita bisa menggeser tampilan before after. Tools yang disediakan juga beragam. Ada tools crop, AI filter, blur, dan rotate. Fotor juga sudah punya aplikasi yang bisa diunduh lewat AppStore dan PlayStore.

10. Assignment GPT

assignment GPT

Stres karena tugas-tugas yang menumpuk? Website ini mengklaim bisa menyelesaikannya 10 kali lebih cepat. Selain jawaban untuk segala pertanyaan, ada fitur grammar dan text summarizer. Cukup lengkap untuk keperluan tugas pelajar maupun mahasiswa.

Assignment GPT juga mampu menyusun essay, lho. Bila sudah punya materi essay sendiri, website ini juga menyediakan reviewer untuk memperbaiki kesalahan ejaan maupun tata bahasa.

Fitur lain yang diunggulkan untuk pelajar dan mahasiswa adalah Math Solver, Diagram Maker, dan Quick Answers from Pictures. Setiap tools ternyata mudah diaplikasikan, lho. Interface website ini juga ramah pemula dan menyenangkan dilihat. Tugas-tugas jadi makin cepat diselesaikan!

11. ChatGPT

chatgpt

Siapa, sih, yang gak kenal sama tools AI ini? Selain fiturnya bisa diakses secara gratis, interface website dan aplikasinya juga nggak kalah keren. Cara kerjanya seperti chatting dengan AI. 

Kita cukup masukkan prompt kemudian tunggu beberapa detik aja hingga ChatGPT generate respons yang sesuai. Komunikasinya lebih terarah dan sifatnya adaptif karena bisa mengolah data lewat prompt yang dimasukkan.

Menariknya, website ini juga punya fitur search history. Nggak perlu khawatir kehilangan pencarian sebelumnya, asal kita sudah login menuju akun ChatGPT. 

Tools ini juga sudah dilengkapi sistem real-time communication. Artinya, ChatGPT bisa merespon kebutuhan kita dalam berbagai bahasa saat itu juga. 

Kesimpulan

Dari daftar di atas, website AI untuk mengerjakan tugas mana yang menarik perhatianmu? Seberapa sering menggunakannya? Semua website AI punya fitur dan produk unggulannya masing-masing. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan penugasanmu supaya hasilnya tetap memuaskan. Tetap efektif, namun manusiawi.

Yuk, berlangganan AI Belajarlagi dan rasakan kemudahan untuk menyelesaikan tugas-tugas secara efisien. Mulai dari 99 ribu, kamu sudah mendapatkan fitur-fitur lengkap, all-in-one platform AI terbaik!

Mau mengasah kemampuanmu di bidang prompting AI? Join Mini Bootcamp AI Belajarlagi lewat live class interaktif dengan akses lifetime sekarang! Mudah diakses kapan saja serta bonus langganan ChatGPT Plus selama 1 bulan. Daftar sekarang!

Sumber: 

https://www.eweek.com/artificial-intelligence/ai-writing-tools/

https://hive.com/blog/ai-writing-tools/

#
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Belajarlagi author:

Ayu Novia

A Strategist and Copywriter with more than 3 years in the creative industry. Passionate in data-driven writing for various niches of content.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.