Artikel SEO Friendly: Ciri-Ciri dan Cara Membuatnya

Jessica Dima
8 Min Read
Published:
July 20, 2024
Updated:
July 20, 2024

Artikel SEO friendly itu yang bagaimana, sih? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di kepalamu ketika hendak mempelajari tentang SEO. Bayangkan, pekerjaan menulis saja tidak mudah, apalagi jika harus dibuat berdasarkan aturan SEO.

Tenang, menulis artikel SEO sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Selama kamu memahami cara kerja SEO dan perannya, kamu pasti bisa menuliskan artikel yang sesuai. Bukan hanya secara konteks relevan buat audiens, melainkan juga berpotensi berada di ranking teratas mesin pencari.

Di ulasan kali ini, Tim Belajarlagi sudah menyiapkan serba-serbi artikel SEO friendly. Mulai dari pengertian, ciri-cirinya, sampai langkah membuatnya. Buat kamu yang tertarik belajar SEO, wajib baca penjelasan ini sampai akhir!

Apa itu artikel SEO friendly dan mengapa penting?

Melansir dari Semrush, artikel SEO friendly sederhananya merupakan penulisan konten yang sengaja dibuat dan disusun dengan kata kunci tertentu dan bertujuan memperoleh peringkat atas di mesin pencari.

Dalam artikel yang disusun menurut SEO, prosesnya akan melibatkan beberapa hal:

  • Pengoptimalan konten untuk kata kunci yang sudah tertarget
  • Pembuatan konten yang relevan dan berguna bagi audiens
  • Membantu mesin pencari memahami isi konten

Lalu, mengapa membuat artikel SEO friendly menjadi begitu penting? Secara umum, penulisan artikel seturut SEO akan membantu website (atau brand) menjangkau audiens lebih luas. Saat artikel sudah sesuai SEO, ada peluang lebih tinggi bahwa artikel tersebut terbaca oleh Google.

Zaman sekarang hampir semua orang bergantung pada Google ketika hendak mencari informasi tertentu. Andai mengerti cara agar artikel ada di ranking teratas di SERP (Search Engine Results Page), otomatis banyak pengunjung membaca konten tersebut. Itu artinya, awareness akan website atau brand pun ikut meningkat.

Ciri artikel SEO friendly

Sebelum beranjak ke tips menulis artikel SEO, kamu harus kenali dulu nih bagaimana ciri-ciri artikelnya. Setidaknya ada empat karakteristik yang bisa kamu cermati: kualitas tulisan, keaslian artikel, mudah dipahami, dan mengandung kata kunci. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Isi artikel berkualitas

Ini salah satu ciri penting yang tidak boleh kamu abaikan: tulisan dalam artikel harus berkualitas. Bahkan, hal ini menjadi lebih utama daripada sekadar kepadatan kata kunci, lho.

Google mampu mengenali konten mana yang berkualitas dan mana yang kurang. Oleh sebab itu, pastikan isi tulisanmu benar-benar memberi manfaat bagi pembaca. Lakukan riset terlebih dahulu dan pastikan apa yang kamu tulis benar-benar kredibel.

Ingat, hindari menggunakan judul yang sekadar click-bait. Audiens pun bisa mengerti kok konten seperti apa yang benar-benar bagus dan yang tidak.

2. Mudah dibaca dan dipahami

Gaya penulisan dalam sebuah artikel sangat menentukan mudah tidaknya artikel tersebut dipahami pembaca. Ya, menulis artikel SEO yang mudah dan nyaman dibaca juga membutuhkan keterampilan tertentu.

Untuk mengecek kualitas artikelmu, kamu dapat membacanya ulang setelah selesai menulis. Coba resapi, adakah hal-hal dalam artikel yang terkesan bertele-tele? Apakah ada informasi yang terlalu rumit sehingga malah sulit dipahami?

Yang perlu kamu ingat, biasakan untuk menulis artikel dengan gaya bahasa dan penulisan yang sesuai dengan target audiens. Dengan penyampaian yang tepat, artikel yang sifatnya teknis pun dapat mudah dipahami, lho.

3. Asli, bukan plagiat

Hati-hati, Google pun bisa membedakan mana artikel yang plagiat dan mana yang asli. Umumnya Google tidak akan menayangkan konten yang jelas-jelas menyadur tulisan lain.

Orisinalitas lah yang menjadi penentu kualitas artikel. Melakukan riset dengan membaca artikel atau tulisan lain tentu tidak salah. Namun, jangan sampai hampir seluruh isi artikel merupakan jiplakan, ya.

4. Kepadatan kata kunci cukup

Mencantumkan kata kunci dalam artikel jelas merupakan aturan wajib SEO. Hanya saja, pertimbangkan juga tentang penyebarannya di sepanjang artikel. Terlalu memasukkan banyak kata kunci juga tidak bagus.

Sederhananya, kata kunci bisa diletakkan di bagian awal, tengah, dan akhir artikel. Beberapa pakar SEO merekomendasikan kepadatan kata kunci sebesar 3% dalam sebuah artikel.

Baca Juga: Panduan Lengkap Belajar SEO Off-Page pada Tahun Ini

Cara menulis artikel SEO friendly

Untuk cara membuat artikel SEO friendly, ada beberapa langkah yang mesti kamu lakukan. Tentunya cara-cara ini dapat membantu membuat artikel bisa memperoleh peringkat atas di mesin pencari. Pelajari ya:

cara menulis artikel seo friendly

1. Tentukan kata kunci yang relevan

Artikel SEO friendly harus kamu awali dengan menentukan kata kunci apa saja yang relevan dengan topik yang akan kamu bahas. Untuk itu, kamu harus melakukan riset kata kunci dan kamu bisa memanfaatkan beragam tools SEO seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, dan lain-lain.

Pertimbangkan juga untuk memilih primary keyword dan secondary keyword. Umumnya, primary keyword memiliki volume pencarian yang cukup tinggi dan tingkat kesulitannya sedang. Sementara, secondary keyword merupakan kata kunci yang berhubungan erat dengan primary keyword. Bentuknya bisa berupa sinonim, long-tail-keyword, dan lain-lain.

2. Memuaskan search intent

Setelah riset dan menentukan kata kunci, langkah selanjutnya adalah memastikan seperti apa search intent pengguna pada topik yang kamu pilih. Search intent merupakan alasan mengapa pengguna mencari kata kunci tertentu.

Secara umum, pengguna ingin memperoleh informasi tertentu dari suatu kata kunci. Maka, kamu dapat menyiapkan artikel yang memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya:

  • Panduan cara melakukan atau mengoperasikan sesuatu
  • Listicle
  • Tutorial dan tips
  • Ulasan

3. Prioritaskan kualitas tulisan

Inti dari penulisan artikel SEO adalah konten yang berkualitas dan efektif. Tanpa tulisan yang bagus, optimasi SEO sebaik apa pun akan sia-sia. Bahkan, artikel pun belum tentu berada di urutan teratas.

Melansir dari Semrush, konten yang berkualitas biasanya dapat tercermin dari:

  • Keakuratan isi artikel
  • Ada nilai yang diberikan ke audiens
  • Unik dan asli
  • Menarik sekaligus interaktif

Agar kontenmu akurat, gunakan referensi yang terpercaya ataupun penelitian yang kredibel. Tuliskan juga dengan gaya penulisan yang jelas dan mudah dipahami. Hindari penggunaan diksi yang terlalu sulit agar pembaca bisa memahaminya.

4. Perhatikan struktur dan gunakan heading

Sederhananya, struktur artikel terdiri atas pembuka, isi, dan penutup. Di bagian pembuka, kamu bisa mengisi dengan latar belakang atau alasan kamu menulis artikel. Bagian isi merupakan penjelasan secara rinci, sementara penutup dapat berupa rangkuman serta kesimpulan artikel.

Agar tulisan nyaman dibaca audiens, gunakan heading dalam penulisannya. Heading juga akan sangat membantu mesin pencari dalam melacak konten. Jangan lupa masukkan kata kunci ke dalam heading agar dapat muncul juga di mesin pencari.

Maka, pastikan struktur dalam artikel memuat heading dan subheading yang tepat. Selain bagus buat SEO, pembaca pun akan lebih gampang menyerap informasi di sepanjang konten yang kamu tulis.

5. Masukkan kata kunci dalam tulisan

Seperti disebutkan sebelumnya, artikel SEO friendly harus memuat kata kunci yang dipilih. Namun, perhatikan pula bahwa kamu tidak boleh memasukkan kata kunci secara berlebihan. Pasalnya, Google dapat mendeteksi artikelmu menjadi spam.

Perhatikan kepadatan kata kunci secukupnya. Pastikan kata kunci tersebar pada judul, meta description, pembukaan, isi, dan akhir artikel. Ingat, tidak harus setiap kalimat atau paragraf dalam artikel memuat kata kunci lho, ya.

6. Buat tulisan yang mudah dibaca

Bagaimana agar tulisanmu mudah dibaca audiens? Yang terpenting adalah perhatikan gaya bahasa yang kamu gunakan. Pelajari target audiens dan sesuaikan gaya penulisanmu dengan mereka.

Sering kali artikel yang bersifat teknis memang membutuhkan keterampilan yang tinggi. Tugasmu adalah memberikan informasi ke audiens dengan lebih edukatif dan menyenangkan. Tulisan yang terlalu teknis dengan diksi yang rumit jelas akan menyulitkan pembaca dalam memahaminya.

Baca Juga: Daftar SEO Ceklis yang Wajib Dicentang Saat Punya Website Baru

7. Tautkan internal link dan eksternal link

Internal link membantu mesin pencari dalam menemukan dan memahami artikel agar bisa di-index. Saat artikel sudah ter-index, SEO artikel pun akan menjadi lebih baik.

Sementara, eksternal link merupakan tautan yang mengarah ke halaman website lain. Biasanya eksternal ini ditautkan ke dalam bagian tulisan untuk meningkatkan kredibilitas. Misalnya, link yang mengarah ke berita, hasil penelitian, jurnal, dan lain-lain.

8. Tambahkan gambar

Menambahkan gambar ke dalam artikel bukan hanya untuk membuat tulisan lebih menarik, melainkan juga meningkatkan kualitas SEO di dalamnya. Yang perlu kamu perhatikan adalah gambar yang dipakai harus sesuai dengan isi tulisan.

Dalam penambahan gambar, jangan lupa masukkan kata kunci ke dalam Alt Text agar nantinya mesin pencari bisa mendeteksi artikelmu. Gambar ini juga akan memudahkan Google dalam proses memahami konteks dari artikelmu.

9. Perhatikan panjang artikel

Sebenarnya tidak ada aturan baku panjang tulisan dalam artikel SEO. Rata-rata artikel SEO memiliki panjang minimal 300-700 kata. Di rentang tersebut, setidaknya mesin pencari mampu mendeteksi dan mengerti isi topik dalam artikelmu.

Untuk artikel yang butuh penjelasan rinci, usahakan untuk menuliskannya sepanjang 1000-2000 kata. Jumlah tersebut dirasa cukup untuk memberikan informasi ke audiens sekaligus tetap nyaman dibaca. Pahami juga panjang artikel tidak menentukan bagus atau tidaknya suatu konten, jadi yang terpenting adalah bagaimana membuat konten yang berkualitas.

10. Optimalkan elemen blog

Terakhir, jangan lupa mengoptimalkan semua elemen dalam blog. Mulai dari meta title, meta description, hingga URL. Selain harus memasukkan kata kunci ke dalam elemen-elemen itu, perhatikan aturan umumnya juga.

Meta title yang baik umumnya kurang dari 60 karakter. Sementara, meta description yang kamu tulis hendaknya kurang dari 160 karakter. URL sebisa mungkin dibuat singkat, jangan terlalu panjang.

bootcamp seo

Biar makin jago membuat artikel SEO, yuk ikutan SEO Bootcamp yang diadakan Belajarlagi! Kamu akan belajar SEO secara mendalam, bahkan dari dasar-dasarnya. Kurikulumnya lengkap, mulai dari teori sampai praktik.

Untuk informasi selengkapnya, silakan langsung cek di website Belajarlagi. Dijamin bakal berguna banget buat bekal berkarier di bidang SEO, deh. Jangan sampai ketinggalan daftar kelasnya, ya!

Kesimpulan

Artikel SEO friendly sangat penting untuk menaikkan ranking sebuah konten ataupun website dalam daftar penelusuran mesin pencari. Dalam membuat artikel SEO, kamu mesti memerhatikan kualitas tulisan, kemudahan dibaca, keaslian tulisan, dan kepadatan kata kunci.

Menulis artikel SEO harus berpedoman pada kaidah-kaidah SEO pada umumnya. Selama kamu sudah memahami SEO, menulis artikelnya pun tidak akan sesulit yang dibayangkan, kok!

#
SEO
Belajarlagi author:

Jessica Dima

Freelance SEO content writer yang 5+ berpengalaman menulis artikel dengan berbagai topik: pekerjaan, gaya hidup, edukasi, dan kesehatan mental. Selain SEO, ia mempunyai passion khusus pada storytelling.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.