Microsoft Excel adalah salah satu software dengan segudang manfaat. Software yang terkenal dengan fungsinya dalam pengolahan data ini juga banyak dipakai di berbagai industri. Maka, tidak heran jika sebagian perusahaan mewajibkan karyawannya untuk mahir mengoperasikan Excel ini.
Saat pertama kali mengenal Microsoft Excel, kita mungkin merasa kesulitan karena tidak terlalu mahir dalam data dan angka. Oleh sebab itu, kita sangat membutuhkan keterampilan Excel yang cukup agar bisa mengaplikasikannya ke pekerjaan dengan tepat. Tanpa keterampilan yang baik, kita tentu akan kesulitan merasakan benefit dari Microsoft Excel.
Lalu, apa saja sih manfaat dari Microsoft Excel ini? Tim Belajarlagi sudah menyusun ulasan lengkapnya berikut ini. Ada pula tambahan informasi mengenai rumus-rumus dasarnya, yuk simak sama-sama!
Apa itu Microsoft Excel?
Menurut Investopedia, Microsoft Excel adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisis data. Microsoft Excel pertama kali rilis pada tahun 1985 hingga terus berkembang menjadi salah satu program komputer terpenting di bisnis dan berbagai pekerjaan.
Sederhananya, Excel merupakan tools canggih yang membantu perusahaan atau bisnis dalam mengolah data dan angka. Penggunaan Excel sendiri amat luas, baik itu untuk skala pribadi sampai skala besar seperti perusahaan. Melalui Excel, data-data besar yang terkesan sulit pun dapat kita visualisasikan ke dalam bentuk diagram maupun grafik.
Microsoft Excel pada dasarnya tidak hanya berguna bagi pekerjaan yang berhubungan dengan angka seperti akuntansi ataupun keuangan. Bidang pekerjaan lain, misalnya digital marketing, customer service, ataupun HR, juga sangat terbantu dengan adanya Excel, lho. Agar lebih jelas, kita pelajari manfaat-manfaatnya ya!
Baca juga: 5 Fakta Persaingan Microsoft Excel vs Google Sheet
Manfaat Microsoft Excel
Melansir dari Ace Project, berikut ini manfaat Microsoft Excel yang bisa kita aplikasikan ke dalam pekerjaan:
1. Pengelolaan data
Dengan Excel, kita dapat mengorganisasi data dalam bentuk tabel secara lebih sistematis dan terstruktur. Kita pun bisa menyesuaikan penyajian data dalam bentuk kolom dan baris sesuai kebutuhan.
Beberapa fitur dalam Excel seperti sort ataupun filter juga mampu memudahkan kita dalam melakukan pencarian pada data. Melalui Excel, pengelolaan data yang tergolong besar pun menjadi lebih rapi dan efektif.
2. Analisis data
Selain bagus dalam pengelolaan data, Excel juga berperan besar dalam analisis data. Beberapa fitur Excel memberikan fungsi analisis yang cukup mendalam untuk pekerjaan sehari-hari. Sebut saja fungsi statistik, analisis regresi, hingga tabel pivot.
Dengan fitur-fitur tadi, kita dapat lebih mudah menampilkan sekaligus menganalisis data secara lebih cepat. Tak cuma itu, analisis data dari Excel bisa kita manfaatkan juga untuk mengidentifikasi tren atau pola tertentu dari suatu data.
3. Visualisasi data
Salah satu manfaat Microsoft Excel yang paling familiar buat kita adalah mampu menampilkan visualisasi data dalam bentuk grafik dan diagram. Bagi sebagian orang yang kurang memahami penyajian data lewat tabel, Excel memberikan opsi fitur diagram dan grafik. Ini akan sangat bermanfaat untuk bahan laporan atau presentasi yang melibatkan banyak orang sebagai audiens.
4. Penggunaan rumus
Kunci alias kekuatan Excel ada pada perhitungan matematis, logika, hingga finansial. Microsoft Excel punya ratusan fungsi dan rumus Excel yang mendukung analisis data secara lebih akurat. Oleh sebab itu, kita mesti cukup mahir dalam menggunakan beberapa rumus Excel agar bisa mengolah data lebih efektif.
5. Otomatisasi tugas secara makro
Dalam pekerjaan, biasanya ada beberapa tugas yang sifatnya rutin atau berulang-ulang. Dengan Visual Basic for Applications (VBA), Excel dapat mendukung otomatisasi tugas secara makro. Ini berperan besar dalam penghematan alias efisiensi waktu dalam bekerja.
Sebagai bagian dari produk Microsoft, Excel punya peran penting dalam pekerjaan. Sama pentingnya dengan produk lainnya seperti Ms Word dan Ms PowerPoint. Untuk menunjang karier lebih baik, sangat penting bagi kita untuk menguasai Microsoft secara keseluruhan.
Nah, kita punya kesempatan untuk meningkatkan kompetensi sekaligus kredibilitas dalam menggunakan berbagai tools dari Microsoft melalui Microsoft Office Specialist Certification dari CertiHub by Belajarlagi.
Microsoft Office Specialist Certification cocok untuk mahasiswa, fresh graduate, karyawan, freelancer, hingga pengusaha. Dengan ikut sertifikasi ini, kita berpeluang pula untuk meningkatkan keterampilan sekaligus memperoleh promosi karier yang lebih tinggi.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai Microsoft Office Specialist Certification, silakan cek langsung di website Belajarlagi, ya!
6. Kolaborasi data
Microsoft Excel bagus untuk kolaborasi data dengan pengguna lain secara real time jika terintegrasi Microsoft 365. Itu artinya, perangkat lunak ini cocok kita gunakan dalam kerja tim. Lewat kolaborasi data, kita dapat memberikan komentar atau mengecek perubahan data apa saja yang muncul dalam dokumen.
7. Cocok untuk project management
Pekerjaan seperti project management bisa dibilang akan sangat terbantu dengan adanya Excel. Microsoft Excel berguna dalam menyusun jadwal, anggaran, hingga tugas-tugas. Berbagai template yang tersedia di Excel dapat memudahkan project manager dalam memantau kemajuan proyek secara efektif.
8. Pengelolaan keuangan
Excel juga bermanfaat untuk mengelola keuangan, baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Kita dapat merancang anggaran, mencatat realisasi, hingga menganalisis keuangan secara global lewat fitur-fitur di Excel. Bahkan, kita dapat menampilkan laporan keuangan secara lebih menarik dan mudah dipahami lewat grafik.
9. Membantu pengambilan keputusan
Analisis dengan Excel tergolong cukup kuat untuk dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan. Data-data yang telah dikelola dengan baik mampu memberikan wawasan cukup mendalam sebelum kita memutuskan sesuatu. Untuk mengelola data, kita tentunya harus punya keterampilan Excel yang bagus juga.
10. Terintegrasi dengan aplikasi lain
Excel bisa kita integrasikan dengan aplikasi lain seperti Word, PowerPoint, hingga Access. Dengan begitu, kita mampu mengekspor data lebih mudah. Tak hanya itu, bentuk informasi yang tersaji pun menjadi lebih komprehensif.
Baca Juga: Mengenal Bagian-Bagian Excel, Lengkap dengan Fungsinya!
Studi kasus penggunaan Excel di dunia kerja
Jika kita berkunjung ke divisi atau bagian finansial di perusahaan mana pun, pasti hampir semua layar komputer karyawannya menampilkan Excel. Untuk pekerjaan di bidang keuangan maupun akuntansi, Excel dipakai sebagai alat untuk menghitung angka, membuat anggaran, hingga perencanaan bisnis yang membutuhkan skala besar.
Penggunaan rumus untuk sektor finansial dan akuntansi ini pun tidak hanya terbatas pada penjumlahan ataupun pengurangan. Beberapa rumus lain yang sering digunakan antara lain VLOOKUP, IF, INDEX-MATCH, dan lain-lain.
Microsoft Excel juga sering dipakai untuk sektor pekerjaan digital marketing. Mulai dari membuat daftar pelanggan, merencanakan strategi pemasaran, hingga memantau dan menganalisis kinerja digital marketing.
Dengan memanfaatkan pivot table, digital marketer juga dapat dengan mudah meringkas banyak data berdasarkan kategori tertentu. Laporan dan analisis dari kegiatan digital marketing pun menjadi lebih mudah untuk disajikan.
Pekerjaan di bidang HR pun juga menggunakan Excel untuk menyimpan database karyawan dan mengelolanya sebaik mungkin. Lewat data-data yang ada, HR bisa membuat grafik atau diagram untuk berbagai kebutuhan. Contohnya data range gaji pegawai, data turnover, dan lain-lain.
Guna meningkatkan keterampilan sekaligus kredibilitas dalam bekerja, kita bisa lho ikut Program Microsoft Certified Educator (MCE) dari CertiHub by Belajarlagi. Sertifikasi ini cocok untuk para pendidik dan pengajar yang biasa menggunakan Microsoft sebagai media belajar.
Microsoft Certified Educator merupakan program pengembangan profesional yang menjembatani keterampilan teknologi dengan metode pengajaran inovatif. Dengan sertifikasi ini, profesional pendidik dapat meningkatkan karier sekaligus mengintegrasi teknologi guna menaikkan pengalaman belajar.
Informasi lebih lanjut mengenai program sertifikasi ini bisa dicek langsung di website Belajarlagi, ya!
Rumus-rumus dasar Excel
Setelah memahami manfaat Microsoft Excel, kita jadi paham bahwa penggunaan perangkat lunak ini tidak bisa lepas dari rumus-rumusnya. Berikut beberapa rumus dasar Excel yang wajib kita kuasai:
- SUM. Rumus ini kita pakai saat hendak menjumlahkan kumpulan data tertentu. Bentuk rumusnya: =SUM(cell awal:cell akhir).
- AVERAGE. Untuk menghitung nilai rata-rata dalam suatu data, kita menggunakan rumus ini. Bentuk rumusnya: = AVERAGE(cell awal:cell akhir).
- IF. Ini merupakan rumus logika yang berguna untuk menentukan kebenaran dalam suatu data. Bentuk rumusnya: =IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y]).
- MAX. Rumus ini kita gunakan ketika akan menentukan nilai tertinggi pada suatu data. Bentuk rumusnya: =MAX(cell awal:cell akhir).
- MIN. Sebaliknya, kita memakai rumus ini jika ingin mengetahui nilai terendah pada suatu data. Bentuk rumusnya: =MIN(cell awal:cell akhir).
- COUNT. Rumus ini berguna untuk menghitung banyaknya nilai yang ada pada setiap cell dalam suatu data. Bentuk rumusnya: =COUNT(cell awal:cell akhir).
- FIND. Kita memakai rumus ini ketika butuh mencari huruf ataupun teks dalam sebuah kalimat di dalam Excel. Bentuk rumusnya: =FIND(find_text, within_text, [start_num]).
- MATCH. Rumus ini kita gunakan untuk mencari letak nilai tertentu pada suatu kumpulan data. Bentuk rumusnya: =MATCH(lookup_value:lookup_array;[match_type]).
Baca juga: 6 Perbedaan Google Sheets dan Microsoft Excel yang Harus Kamu Tau!l
Kelebihan dan kekurangan Excel
Dengan segudang manfaat yang ada, Microsoft Excel tentunya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. Memahami dua hal ini dapat membuat kita lebih bijak dan tepat dalam menggunakan Excel untuk pekerjaan.
Kelebihan:
- Mudah untuk digunakan. Antarmuka Excel sangat user friendly sehingga mudah untuk kita operasikan, bahkan jika tergolong pemula.
- Analisis data dan visualisasi data yang bagus. Dengan banyak rumus yang ada, kita mudah dalam mengelola hingga menganalisis data. Bahkan, kita bisa membuat visualisasi data lewat grafik atau diagram agar lebih mudah dipahami.
- Fleksibel. Excel cukup fleksibel untuk kita gunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari pemilihan template, grafik, hingga bentuk tabel.
- Mudah untuk pekerjaan dalam tim. Untuk tugas yang sifatnya dikerjakan dalam tim, kita dapat mudah meninggalkan komentar di dokumen Excel. Masing-masing anggota pun dapat ikut memantau perubahan data apa saja yang muncul di dokumen.
Kekurangan:
- Adanya biaya lisensi. Karena menjadi bagian dari Microsoft, penggunaan Excel ini sebenarnya berbayar. Untuk penggunaan di perusahaan ataupun individu, tentunya butuh menyisihkan anggaran tertentu untuk memakai Excel.
- Terbatasnya kemampuan pemrograman. Excel mempunyai keterbatasan dalam kemampuan pemrograman. Untuk penggunaan yang membutuhkan pemrograman lebih kompleks, Excel mungkin bukan pilihan yang tepat.
Baca Juga: Apa Itu Sertifikasi Profesi dan Kompetensi? Simak Bedanya Yuk!
Itulah tadi beberapa manfaat dari Microsoft Excel yang sering kita jumpai di dunia kerja. Yuk, perlengkapi diri dengan keterampilan menggunakan Excel untuk menaikkan kinerja dan berpeluang meningkatkan karier!