10 Cara Menambah Followers TikTok, Ampuh dan Banyak Endorse!

Zihan Berliana R
8 Min Read
Published:
September 23, 2024
Updated:
September 23, 2024

Dari tarian viral hingga tutorial memasak yang unik, TikTok menyajikan beragam konten kreatif yang mampu menghibur dan menginspirasi. Tayangan video yang menarik ini tentu mengundang banyak followers dan memungkinkan kamu banjir endorse.

Saat ini, memiliki banyak followers di TikTok itu sudah seperti modal utama buat jadi influencer. Tapi gimana caranya biar akun kita dilirik banyak orang? Jangan khawatir, kali ini kita bakal spill semua rahasia biar akun TikTok-mu makin kece dan followers-mu auto tambah banyak. Yuk, simak 10 tips jitu buat nambah followers TikTok!

Cara Menambah Followers TikTok

TikTok telah menjadi platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia. Jika kamu ingin menjadi content creator TikToker sukses, salah satu kunci utamanya adalah memiliki banyak followers. Berikut adalah 10 tips jitu untuk membantu kamu menambah followers TikTok:

1. Kenali Target Audiens

Melansir Buffer, TikTok adalah tempat berkumpulnya orang-orang dari berbagai latar belakang, usia, dan minat, dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif. Dari generasi Z hingga Baby Boomers, platform ini memiliki sesuatu untuk semua orang. Tapi kalau kamu pengen nambah followers, penting banget buat paham siapa sih yang jadi target audiensmu.

Buat konten yang asal-asalan dan berharap dia bakal viral adalah hal yang tidak mungkin. Kenali audiensmu supaya kontenmu lebih menarik.

Mulai dengan cek analitik TikTok kamu. Cari pola-pola umur, gender, dan lokasi followers kamu. Apakah mereka kebanyakan remaja yang suka fashion? Atau millennials yang doyan traveling? Setelah kamu tahu audiensmu, pikirkan apa yang mereka suka lihat dan gimana cara bikin mereka tertarik.

Buat konten yang nyambung sama mereka. Setelah tahu audiensmu, langkah selanjutnya adalah identifikasi niche kamu. Misalnya, kalau followers kamu suka fitness, video tentang rutinitas workout kamu bakal lebih berdampak daripada video dance random. Selalu tanya diri sendiri, "Apakah target audiens akan suka atau terhibur dengan konten ini?"

Jangan takut buat eksperimen. Coba berbagai jenis konten buat tahu mana yang lebih menarik; ini strategi yang sukses banyak digunakan oleh influencer TikTok. Misalnya, kalau kamu ragu apakah audiensmu lebih suka sketsa komedi atau video tutorial, coba posting keduanya dan lihat mana yang lebih banyak likes, shares, dan komentar.

2. Ikuti Tren TikTok!

tren tiktok

Tren adalah nyawa TikTok. Saat booming, video tren akan sangat populer. Berpartisipasi dalam tantangan tren atau menggunakan suara-suara yang sedang tren bisa membuat video kamu masuk ke halaman "For You" (FYP), feed utama dan algoritma rekomendasi TikTok, yang secara eksponensial meningkatkan jangkauan kamu.

Tren TikTok lebih dari sekadar momen viral; mereka adalah kesempatan untuk menunjukkan kreativitas kamu, menjangkau audiens yang lebih luas, dan bahkan menjadi viral. Tapi ingat, tren bersifat sementara. Semakin cepat kamu ikut, semakin baik.

Mengawasi FYP adalah langkah awal yang baik, tapi jangan berhenti di situ. Ikuti kreator dan influencer populer, periksa hashtag yang sedang tren di niche kamu, dan perhatikan suara-suara yang sering digunakan. Pelajari cara membuat konten agar viral di TikTok

3. Berkolaborasi dengan Kreator Lain

Berkolaborasi dan mempromosikan silang dengan kreator lain dapat memperkenalkan konten kamu kepada audiens baru, menggandakan jangkauan kamu dengan satu video. TikTok menawarkan fitur-fitur unik seperti duet dan stitch yang membuat kolaborasi mudah dan menyenangkan. 

Melansir Buffer, duet memungkinkan kamu membuat video side-by-side dengan kreator lain, sedangkan stitch memungkinkan kamu memotong dan mengintegrasikan adegan dari video orang lain ke dalam video kamu sendiri. Fitur-fitur ini menawarkan cara yang mudah untuk berinteraksi dengan kreator lain dan audiens mereka.

Baca Juga: Apa Sih yang Bikin TikTok Banyak Penggunanya?

4. Buat Konten Bersambung atau Serial!

Meskipun satu video bisa menyenangkan dan menarik, ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang permainan jangka panjang. Memulai seri konten di TikTok dapat memberikan rasa kontinuitas yang membuat audiens kamu terus kembali untuk lebih banyak. Ini adalah storytelling terbaik, sebuah strategi yang dapat memberikan hasil yang besar.

Seri konten adalah format yang populer di platform media sosial dan pada dasarnya adalah serangkaian video yang saling terkait yang berputar di sekitar tema atau narasi pusat. Ini bisa sesederhana seri "A Day in My Life" atau serumit cerita berkelanjutan. Kuncinya adalah konsistensi dalam tema, nada, dan jadwal posting konten kamu.

Langkah-langkah untuk membuat seri konten yang sukses:

  1. Tentukan rencana kamu: Langkah pertama dalam membuat seri konten adalah perencanaan. Apa tema keseluruhannya? Berapa banyak video yang akan diikutkan? Apa panggilan untuk bertindak? Buatlah garis besar yang kasar dan mulai mengisi detailnya. Ingat, konten harus menarik dan cukup menarik untuk membuat penonton ingin melihat angsuran berikutnya.
  2. Temukan hook-nya: Setiap seri yang bagus memiliki hook atau alasan bagi penonton untuk menonton episode berikutnya. Ini bisa berupa cliffhanger, pertanyaan yang belum terjawab, atau tantangan yang diajukan kepada audiens. Gunakan hook ini untuk menjaga keterlibatan penonton dan membuat mereka kembali untuk lebih banyak.
  3. Posting secara konsisten: Setelah kamu memulai seri kamu, tetap berpegang pada jadwal posting yang konsisten. Baik itu harian, mingguan, atau dua mingguan, konsistensi membantu membangun antisipasi dan menjaga keterlibatan audiens kamu.

5. Buat Video Challenge

Melansir Sprout Social, salah satu hal yang membuat TikTok terkenal adalah berbagai tantangan videonya, apakah itu tarian, tantangan berani, atau lainnya. Saat kamu membuka video di aplikasi, kamu mungkin akan menemukan beberapa tantangan atau challenge yang berbeda. Lihat apakah ada yang cocok untuk akunmu atau pertimbangkan untuk membuat tantangan TikTok kamu sendiri.

Ada dua jenis tantangan utama: tantangan dari sebuah merek dan tantangan TikTokers. Tantangan bermerek adalah tantangan yang dibuat dan dipromosikan oleh sebuah merek. Hal ini seringkali disertai dengan hashtag untuk membantu menyebarkan informasi. Namun, ada juga tantangan komunitas yang sering dibuat oleh TikTokers populer yang dapat juga dicoba oleh merek untuk konten mereka.

Baca Juga: Apa Itu TikTok Ads? Intip Ulasan Lengkapnya di Sini!

6. Gunakan Hashtag

Hashtag bukanlah sekadar pelengkap yang tren, ini adalah alat yang kuat untuk ditemukan di TikTok. Menggunakan hashtag yang tepat memudahkan target audiens kamu untuk menemukan konten kamu, sehingga meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pengikut baru dan meningkatkan engagement.

Jumlah hashtag yang direkomendasikan adalah tiga hingga lima hashtag per posting. Kamu akan ingin memasukkan campuran hashtag umum, spesifik niche, dan yang sedang tren. Hashtag umum (tetapi relevan) menjangkau audiens yang luas, hashtag spesifik niche menarik audiens yang ditargetkan, dan hashtag yang sedang tren dapat memberikan kesempatan untuk menjadi viral.

7. Posting Video di Waktu yang Tepat

memposting tiktok challenge di waktu yang tepat

Kamu telah bekerja keras untuk membuat video TikTok yang hebat, tetapi kapan kamu harus menekan tombol "Post"? Percaya atau tidak, waktu dapat menjadi faktor penting dalam seberapa baik kinerja video kamu. Mempublikasikan TikTok kamu pada waktu yang tepat dapat membantu video kamu menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan peluangnya untuk menjadi viral.

Untuk memaksimalkan jangkauan video kamu, usahakan untuk memposting selama jam-jam ketika target audiens kamu paling aktif di TikTok. Hal ini biasanya terjadi antara pukul empat dan lima sore di pertengahan minggu, tetapi dapat bervariasi tergantung pada demografi audiens spesifik kamu.

Cara menemukan waktu posting ideal kamu menurut Buffer:

  • Analisis kinerja masa lalu: Lihat analisis TikTok kamu untuk melihat kapan video kamu sebelumnya telah menerima komen atau like paling banyak.
  • Lakukan tes A/B: Eksperimen dengan memposting video serupa pada waktu dan hari yang berbeda untuk melihat mana yang berkinerja lebih baik.
  • Pantau analisis waktu: Setelah memposting, perhatikan seberapa cepat video kamu mendapatkan tayangan dan keterlibatan. Hal ini dapat memberikan wawasan langsung tentang apakah kamu telah mencapai titik yang tepat.
  • Konsistensi lebih penting daripada kesempurnaan: Meskipun waktu penting, konsistensi adalah kuncinya. Jika kamu tidak selalu dapat memposting pada waktu yang ideal, jangan khawatir. Hal yang lebih penting adalah mempertahankan jadwal posting yang konsisten yang dapat diandalkan oleh audiens kamu.

Baca Juga: 15 Cara Menambah Followers Instagram Gratis dan Organik 2024

8. Gunakan Durasi Waktu yang Efektif

TikTok memungkinkan video mulai dari 15 detik hingga 10 menit, tetapi berapa lama yang ideal untuk konten kamu? Meskipun video yang lebih pendek lebih mudah dikonsumsi, video yang lebih panjang memberikan ruang untuk menggali lebih dalam suatu topik. Kuncinya adalah menemukan titik manis yang cocok untuk kamu dan audiens kamu.

Video pendek, 15 hingga 30 detik, adalah inti dari TikTok. Mereka cepat ditonton, mudah untuk terlibat, dan sempurna untuk konten sederhana yang menarik perhatian. Jika kamu ingin menarik perhatian dengan cepat atau jika kamu seorang pemula, ini adalah format yang harus kamu gunakan.

Opsi video 3 hingga 10 menit TikTok memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi topik lebih dalam. Format ini ideal untuk tutorial, storytelling, atau konten apa pun yang membutuhkan waktu lebih lama untuk terungkap. Namun, video yang lebih panjang membutuhkan keterampilan storytelling yang lebih kuat untuk menjaga keterlibatan penonton.

9. Gunakan CTA di Akhir Video

Coba akhiri video kamu dengan CTA untuk mengunjungi profil kamu, melihat video serupa, atau mengikuti kamu. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan ini dengan menambahkan overlay teks sederhana di akhir video kamu.

Waktu terbaik untuk menggunakan taktik ini adalah ketika kamu membuat rangkaian video atau memposting video multi-part. Cukup tambahkan stiker teks yang mengatakan sesuatu seperti, "Follow untuk menonton part 2!" Temukan beragam contoh CTA yang menarik lainnya.

10. Share ke Aplikasi Lain

Share di media sosial lain bahwa kamu ada di TikTok. Pengikut kamu di saluran lain mungkin tidak tahu bahwa kamu telah membuat profil TikTok, jadi ini adalah ide yang bagus untuk mempromosikan silang video kamu ke saluran lain.

Menurut Sprout Social, platform lain seperti Instagram dan YouTube menawarkan versi konten video pendek mereka sendiri, memberi kamu tempat yang sempurna untuk menggunakan kembali konten yang dibuat untuk video TikTok. Di beberapa platform seperti Twitter dan Instagram (video feed), kamu dapat menyimpan video dari feed TikTok kamu dengan logo TikTok dan handle kamu di sudut layar, lalu mengunggahnya sebagai-adanya, memberikan pengikut kamu cara mudah untuk mempelajari cara menemukan kamu di TikTok.

Dengan followers yang banyak dan engagement yang tinggi, peluang untuk mendapatkan endorse dari berbagai merek akan semakin terbuka lebar. Mulai sekarang, manfaatkan potensi TikTok untuk mencapai tujuan kariermu. Kuncinya adalah konsistensi, kreativitas, dan semangat yang tak pernah padam.

Namun, untuk kamu yang masih bingung untuk membangun konten yang menarik dan menerapkan strategi yang baik, Belajarlagi hadir sebagai solusi tepat! Dengan Social Media Organic Bootcamp, kamu akan mendapatkan banyak materi pembelajaran yang up-to-date dan pengajar berpengalaman, kamu akan dibekali dengan skill yang siap pakai untuk bersaing di dunia TikTok!

Kunjungi website Belajarlagi untuk informasi lebih lanjut dan temukan program yang paling sesuai dengan minat dan tujuan kariermu.

Jangan sampai ketinggalan!

#
Social Media
Belajarlagi author:

Zihan Berliana R

SEO Content Writer dengan 4 tahun pengalaman dalam menulis artikel dalam berbagai bidang, mulai dari news, entertainment, gaming, lifestyle, health, otomotif, edukasi, hingga bisnis. Ia memiliki passion khusus di bidang SEO.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.