Memiliki ide konten Instagram adalah pilar terpenting dalam membangun konten yang menarik perhatian audiens. Seperti kita tahu, bekerja di social media marketing harus punya kreativitas tinggi. Apalagi banyak sekali jenis konten media sosial. Saat ide terkesan seret, kita pun akan kesulitan membuat konten-konten menarik.
Jika bicara tentang Instagram, maka interaksi dengan audiens adalah hal yang tidak boleh disepelekan. Makin tinggi interaksi dengan audiens, kian besar pula konten tersebut menjangkau banyak orang. Nah, kalau begitu apa jadinya jika konten kita terlihat monoton dan membosankan?
Kali ini Tim Belajarlagi sudah menyiapkan banyak contoh ide konten Instagram yang bisa kita jadikan acuan dalam membuat konten. Jadi, nggak bakal lagi deh kehabisan stok ide untuk social media marketing. Yuk, simak dan pelajari bersama-sama!
Cara menemukan ide konten Instagram
Ketika merasa kehabisan ide, kita pasti bertanya-tanya: bagaimana sih cara menemukan ide? Melansir dari Buffer, sebenarnya ada beberapa langkah bisa kita ambil untuk menggali dan menarik banyak ide:
- Bertanya ke audiens. Ingin tahu apa yang disukai target audiens? Coba saja langsung bertanya ke mereka! Cara ini paling efektif untuk menemukan ide baru karena pasti sesuai dengan kebutuhan audiens.
- Manfaatkan tren Instagram. Media sosial Instagram selalu menawarkan fitur-fitur baru secara berkala. Manfaatkan tren itu untuk menjaring ide menarik. Amati deh, bentuk konten seperti apa yang sering mendapat banyak perhatian audiens?
- Pantau komentar dan DM dari followers. Ide konten Instagram dapat lahir dari komentar ataupun DM followers. Oleh sebab itu, menjaga interaksi dengan audiens juga merupakan kunci penting. Tangkap hal-hal penting yang followers bicarakan dan kita buat konten dari situ.
- Update dengan berita industri. Jangan lupa ikuti berbagai berita dan perkembangan terkait industri yang relevan dengan brand. Itu bisa kita jadikan topik konten yang menarik.
- Ikuti dan amati Instagram kompetitor. Kita tidak boleh terlalu “anti” pada kompetitor. Lakukan kompetitor analisis. Sesekali kita mesti belajar cara kompetitor menggaet lebih banyak audiens. Gunakan rumus amati-tiru-modifikasi untuk membuat konten lebih segar.
- Empati dan memahami kebutuhan pelanggan. Saat konten mulai terasa sepi dan kehabisan ide, mungkin itu waktunya kita kembali mencari tahu kebutuhan audiens. Apa sih yang jadi masalah mereka? Berempati seperti ini efektif memantik ide yang relevan ke followers, lho.
Singkatnya, ide sering kali tidak selalu datang dengan sendirinya. Kita perlu mengusahakan kehadiran ide lewat riset dan memahami pelanggan lebih dalam.
Baca juga: 15+ Contoh Konten Menarik di Youtube, TikTok, Instagram, X
Daftar ide konten Instagram yang menarik
Yuk, sekarang mulai eksplorasi lebih banyak konten lewat beberapa ide konten Instagram berikut ini!
1. Foto produk
Salah satu bentuk konten yang paling mudah menarik perhatian audiens sebenarnya adalah foto produk. Namun, ada ketentuannya nih. Foto produk haruslah eye catching sehingga audiens akan berhenti sejenak untuk mencermati dan menikmati konten tersebut.
Dalam mengambil foto produk, pastikan pencahayaan bagus dengan background yang bersih. Atur tata letak produk agar terlihat rapi sekaligus estetik.
Melalui foto produk, followers dapat mengetahui lebih dalam mengenai produk yang ditawarkan brand. Kita pun bisa menonjolkan nilai jual brand lewat jenis konten seperti ini.
2. Review pelanggan
Untuk meyakinkan audiens akan produk yang kita tawarkan, sebaiknya kita pertimbangkan untuk menampilkan ulasan pelanggan. Pastikan memilih honest review alias tidak kita buat-buat agar terkesan bagus di mata followers, ya.
Banyak cara untuk membuat konten ulasan ini. Mulai dari membagikan foto dari followers, menulis review pelanggan dari marketplace, dan lain-lain. Yang tidak kalah penting adalah membuat konten review ini semenarik mungkin.
3. Video produk
Sama halnya dengan foto produk, konten berbentuk video bertujuan menonjolkan keunggulan produk. Nah, mesti kita pikirkan adalah bagaimana cara membuat audiens tertarik menonton video produk. Perhatikan pula durasi video, sebisa mungkin tidak terlalu pendek atau panjang.
Reels kini menjadi tren yang memang sangat digemari banyak audiens Instagram. Jadi, manfaatkan reels untuk menarik rasa ingin tahu audiens akan produk kita. Video produk bisa berupa hard selling ataupun soft selling, tergantung kebutuhan kita.
4. Behind the scene produk
Ide konten Instagram menarik berikutnya adalah tentang proses pembuatan produk. Ya, behind the scene efektif meningkatkan engagement ataupun interaksi dengan audiens. Followers biasanya penasaran dengan bagaimana “dapur” sebuah brand.
Selain behind the scene produk, kita dapat pula membuat konten seputar people behind the product. Ini pun sangat bagus untuk menarik rasa ingin tahu audiens, lho. Konten ini juga bagus untuk menaikkan branding produk di mata followers.
5. Promo
Salah satu bentuk konten yang biasanya ditunggu-tunggu followers adalah promo. Kita dapat menyiapkan konten promo pada momen tertentu. Misalnya, tanggal kembar, hari raya, ulang tahun brand, dan lain-lain.
Nah, konten berupa promo ini juga paling mudah menarik interaksi lebih banyak dengan audiens. Makin banyak yang berkomentar, kian besar pula peluang konten tersebut menjangkau audiens lebih banyak.
Dari sedikit contoh ini, kita makin kebayang nih konten-konten apa saja yang bisa kita buat untuk brand. Namun, ada kalanya sebuah kita tidak punya waktu cukup untuk mengelola media sosial secara menyeluruh. Agar Instagram tetap berjalan dan menarik bagi audiens, kita butuh agency untuk membantu menjalankannya.
Belajarlagi Digital Agency dapat menjadi solusi buat kita untuk membantu menaikkan performa Instagram brand, nih. Layanan social media handling-nya efektif untuk meningkatkan brand awareness, bahkan secara organik. Kita cukup memantau saja dari jauh karena tim Belajarlagi Digital Agency pastinya sudah lama berpengalaman di bidang ini.
Untuk informasi selengkapnya, bisa dicek di website Belajarlagi, ya!
6. Tips dan trik
Ide konten Instagram selanjutnya adalah tips dan trik. Agar audiens tidak bosan dengan konten yang sifatnya selling, kita perlu selipkan edukasi yang berguna buat mereka. Salah satunya melalui tipe konten seperti ini.
Tips dan trik juga bagus untuk menaikkan interaksi dan jangkauan, lho. Apalagi jika kontennya benar-benar tepat sasaran terhadap masalah audiens.
7. Lempar pertanyaan
Untuk mencoba meningkatkan engagement dengan followers, kita bisa mencoba menyiapkan konten sederhana dengan melemparkan pertanyaan singkat. Pertanyaan tersebut mesti mengena dan menarik perhatian audiens.
Jika kita sudah mampu mengenal kebutuhan ataupun masalah audiens, bentuk konten semacam ini paling mudah ramai, deh!
8. Perbandingan produk
Jika kita memiliki brand dengan berbagai macam produk, kita dapat pertimbangkan membuat konten untuk mengenalkan masing-masing produk. Hanya saja, kita mesti mengemasnya dengan menarik. Salah satunya dengan membandingkan setiap produk beserta kegunaannya masing-masing.
Melalui konten ini, followers mendapatkan edukasi seputar produk secara lebih lengkap. Audiens pun jadi lebih paham produk mana yang cocok untuk kebutuhan mereka.
Baca Juga: 15 Cara Menambah Followers Instagram Gratis dan Organik!
9. Giveaway
Nah, konten yang selalu ramai dan dinanti-nanti followers adalah giveaway. Sebagai bentuk rasa terima kasih ke pelanggan, tidak ada salahnya ‘kan memberikan giveaway secara berkala. Bukan cuma menarik, konten ini dijamin menarik banyak komentar atau bahkan share.
10. Reels edukatif
Lagi-lagi kita bisa memanfaatkan reels untuk menjangkau lebih banyak audiens. Selain video produk, kita dapat memberikan info edukatif lewat reels ini. Jika isinya menarik dan relevan dengan kondisi audiens, reels semacam ini juga berpotensi banyak disebarkan.
11. Update tren
Bicara Instagram tidak akan bisa lepas dari trending topic. Hampir setiap hari rasanya ada saja topik yang marak orang-orang bicarakan. Nah, kita pun boleh menggunakannya sebagai bahan konten, lho!
Namun, jangan asal pakai topik tren, ya! Kita tetap harus bijak memilih topik mana yang memang masih relevan dengan brand. Pikirkan juga sudut pandang yang hendak kita ambil dari topik tersebut agar tidak terkesan ikut-ikutan tren belaka.
12. Carousel
Carousel merupakan ide konten Instagram yang berpeluang menjangkau audiens lebih banyak, bahkan di luar followers yang ada. Selama konten yang kita buat begitu tepat sasaran, kuat, dan menarik, pasti konten itu mudah untuk menyebar.
Yang patut kita cermati, ada teknik tersendiri dalam membuat konten carousel ini. Kita mesti jago storytelling agar audiens betah membacanya sampai akhir. Selain itu, gunakan headline atau judul yang langsung menarik perhatian audiens.
13. Kegiatan atau acara
Konten berupa event alias acara juga bagus untuk kita tampilkan ke Instagram. Pastikan informasi seputar acara tersebut jelas dan lengkap agar followers tidak bingung. Konten ini juga bagus untuk membangun loyalitas audiens terhadap brand, apalagi jika tak berbayar.
14. Kolaborasi influencer
Bekerja sama dengan influencer atau disebut influencer marketing menjadi ide konten Instagram yang berpeluang meningkatkan brand awareness. Brand pun menjadi makin dikenal dan bisa jadi memperoleh banyak followers baru ataupun pelanggan. Kuncinya adalah memilih influencer yang memang relevan dan satu visi dengan brand alias tidak boleh sembarangan.
15. Spoiler produk baru
Saat brand hendak merilis produk baru, kita dapat menggunakan momen itu untuk memperkaya konten. Berikan bocoran produk tersebut ke audiens sedikit demi sedikit. Konten spoiler semacam ini sangat efektif memancing rasa ingin tahu audiens, lho.
16. Konten hiburan
Konten di Instagram tidak melulu harus berupa selling, produk, ataupun edukasi. Sesekali, kita coba deh masukkan konten yang bersifat menghibur audiens. Tidak mesti ada embel-embel brand, yang penting konten tersebut mampu menghibur audiens dan meningkatkan engagement.
Bentuk konten hiburan tersebut bisa berupa tebak-tebakan, meme, ataupun re-create video lucu yang tengah viral. Biasanya konten seperti ini bagus untuk menarik perhatian audiens.
17. Mitos atau fakta
Banyaknya informasi yang audiens terima sering kali tidak bisa dipastikan kebenarannya. Nah, di sini kita punya peran untuk meluruskan hal-hal yang sebenarnya salah. Oleh sebab itu, konten mitos atau fakta pun cukup populer dan disukai audiens.
18. Ucapan hari raya atau hari nasional
Untuk bisa lebih terhubung dengan audiens sekaligus memanfaatkan momen penting, kita bisa membuat konten ucapan untuk hari raya atau peringatan hari nasional tertentu. Maka, penting nih agar kita punya kalender khusus mengenai hari-hari tersebut. Tujuannya agar tidak lupa dan mampu ikut meramaikan momen tersebut.
Baca Juga: 10+ Cara Menaikkan Engagement Instagram
Itulah tadi beberapa contoh ide konten Instagram yang bisa kita coba untuk menjaring lebih banyak audiens. Semoga bisa langsung kita praktikkan, ya!