Media sosial kini menjadi salah satu alat utama bagi perusahaan untuk mencapai target audiensnya.
Agar memaksimalkan potensinya, kini telah muncul profesi social media specialist yang bertugas mengeksekusi strategi pemasaran dengan memanfaatkan platform media sosial.
Jika kamu tertarik, ini dia prospek jenjang karir social media specialist yang wajib kamu ketahui. Yuk, disimak!
Apa itu Social Media Specialist?
Dilansir dari Career Foundry, social media specialist merupakan profesi yang fokus pada pembuatan konten digital yang menarik dan kreatif untuk berbagai platform media sosial perusahaan.
Dalam pekerjaannya, social media specialist akan melapor ke social media manager dan bekerja sama dengan tim digital marketing untuk menghasilkan strategi pemasaran media sosial yang akan mempromosikan keterlibatan pelanggan dan menaikkan kesadaran merek.
Hal yang perlu diperhatikan oleh seorang social media specialist mulai dari pra-produksi konten hingga pasca produksi konten.
Yaitu tentang bagaimana content plan yang akan dilakukan berdasarkan trend dan informasi dari riset yang dilakukan, produksi konten yang menarik, serta analisa engagement dari konten yang telah diunggah sebagai evaluasi kedepannya.
Tanggung Jawab Social Media Specialist
Ingin tahu prospek jenjang karir social media specialist? Sebaiknya, kamu terlebih dahulu memahami tanggung jawab seorang social media specialist.
Meski terkesan hanya memainkan media sosial, nyatanya ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan agar strategi pemasaran berhasil mencapai target audiens, lho.
Melansir Betterteam, ini dia tanggung jawab seorang social media specialist:
- Mengembangkan content plan dalam media sosial yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand
- Menciptakan konten yang memiliki value dan konsisten di semua platform media sosial
- Mengelola post media sosial dengan volume tinggi
- Berkomunikasi dengan para followers di media sosial
- Mengembangkan dan mengatur program dengan para influencer dan juga datang ke event–event
- Menggunakan tools analitik seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights
- Mempersiapkan laporan perkembangan media sosial setiap brand atau perusahaan
- Memberikan rekomendasi dan saran untuk strategi social media marketing
- Selalu update dengan perkembangan tren media sosial
- Memberikan arahan kepada tim desain atas visual konten yang sudah direncanakan
Skill yang Dibutuhkan Seorang Social Media Specialist
Seorang social media specialist diharuskan memiliki soft skill dan hard skill.
Beberapa skill di bawah ini bisa kamu pelajari sendiri, namun ada juga skill yang memerlukan pelatihan atau kursus.
- Kemampuan menguasai berbagai channel media sosial.
- Memiliki skill komunikasi yang baik.
- Kemampuan dalam menulis dan storytelling.
- Kemampuan melakukan analisis data.
- Kepekaan terhadap estetika yang kuat dan mampu menentukan desain semenarik mungkin.
- Mahir berbahasa Inggris.
- Memahami penggunaan berbagai tools, seperti Adobe Photoshop, Canva, Google Analytics, Illustrator, dan lainnya.
- Dapat membuat perencanaan dan memiliki time management yang baik.
Prospek Jenjang Karir Social Media Specialist
Profesi social media specialist bisa dibilang adalah titik pertama seseorang yang akan berkarir di bidang digital marketing.
Dengan pengalaman kerja, pelatihan khusus, dan mengerjakan berbagai proyek, seseorang bisa meraih prospek jenjang karir social media specialist yang menjanjikan, lho.
Untuk jenjang karir, Teman Belajar bisa memilih dua arah yang berbeda, yakni:
- Meningkat manajerial secara vertikal
- Bergeser ke peran lain secara lateral
Semuanya bisa dipilih berdasarkan minat dan peluang pengembangan karir yang kamu inginkan, ya.
Lantas, apa saja prospek jenjang karir social media specialist? Yuk, disimak!
1. Social Media Specialist
Prospek jenjang karir social media specialist tentu saja dimulai ketika kamu melamar di posisi ini.
Umumnya, tugas yang dikerjakan meliputi membuat dan membagikan konten di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk membangun audiens, brand awareness, dan pada akhirnya transaksi.
2. Digital Marketing Specialist
Jika bergerak secara lateral, prospek jenjang karir social media specialist yang bisa kamu coba adalah digital marketing specialist.
Perannya hampir sama, namun kamu akan lebih fokus pada pemetaan dan strategi pemasaran.
Tugasnya antara lain, menggunakan media digital sebagai upaya dalam kegiatan pemasaran, periklanan, dan promosi untuk mencapai tujuan perusahaan.
3. Brand Manager
Pada tingkat manajerial, prospek jenjang karir social media specialist yang ditawarkan adalah menjadi seorang brand manager.
Brand manager adalah sebuah posisi yang bertanggung jawab terhadap image keseluruhan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
Bagi banyak perusahaan, pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang paling penting. Hal ini dikarenakan posisi ini bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh proses kreatif.
4. Chief Marketing Officer
Posisi in adalah salah satu yang bisa kamu dapatkan di prospek jenjang karir social media specialist pada level manajerial.
Chief Marketing Officer (CMO) adalah eksekutif perusahaan yang bertanggung jawab atas aktivitas dalam organisasi yang berkaitan dengan menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, atau mitra bisnis.
Nah, itu dia informasi tentang prospek jenjang karir social media specialist. Jika kamu tertarik berkarir di bidang ini, teruslah asah kemampuan digital marketingmu, dengan mengerjakan tugas-tugas dengan baik, selalu upgrade ilmu, dan persiapkan portofolio yang baik.
Jadi, siap Belajar Lagi?